Jumat, 14 September 2018

WMM Expo 2018, Waida Farm Unggulkan Golden Berry

Kota Malang mendapat kehormatan menjadi tuan rumah sebuah perhelatan besar tahunan yang digagas oleh PT. Mandiri Persero Tbk. Event Wirausaha Muda Mandiri Expo 2018 yang merupakan ajang bergengsi yang telah diselenggarakan sejak tahun 2007 dan melahirkan tak kurang dari 36.000 wirausaha baru, kali ini dihelad di Mall Olympic Garden Malang. Event yang diikuti oleh 90 brand lokal ini berlangsung tanggal 6 - 9 September 2018. Pesertanya tak lain adalah para finalis dari WMM 2018 serta alumni dan peserta program Rumah Kreatif BUMN.
Goldenberry (photo milik www.aurabiru.com)

Salah satu di antara finalis WMM 2018 yang turut hadir adalah Waida Farm yang merupakan nama lain dari CV.Bina Hayati Untuk Nusantara, sebuah UKM yang bergerak di bidang Agribisnis.
Waida Farm berlokasi di Jl. Dsn. Lembang RT 01/02. Ds. Pamulihan, Kab. Sumedang, Jawa Barat. UKM yang berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus di tahun 2017 kali ini mengangkat Golden Berry sebagai produk yang diunggulkan.
Golden berry dengan nama latin Physalis peruviana , atau yang lebih familiar dengan nama " ciplukan" adalah sejenis tanaman yang dahulunya tumbuh liar dan digolongkan tanaman berkhasiat obat. Ciplukan di Indonesia merupakan gulma di lahan petani, namun di beberapa negara dunia ciplukan adalah komoditi yang memiliki nilai jual tinggi. Harga ciplukan di beberapa negara cukup fantastis. Khasiatnya pun luar biasa, itulah sebabnya ciplukan atau golden berry ini disebut-sebut sebagai buah super. Hal inilah yang ditangkap oleh Juwita sebagai sebuah peluang pasar untuk membudidayakan super fruit ini. Harga ciplukan segar berwarna orange bisa mencapai 350.000 rupiah per kilogramnya, namun di WMM Expo 2018 anda bisa membeli golden berry segar dengan harga Rp. 30.000 / 200 gramnya.

Kandungan Apa yang Terdapat di Golden Berry?

Kandungan gizi Golden Berry (Waida Farm, 2013)

Setiap 100 gram golden berry mengandung 1221.07 pottasium yang dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ dalam salahsatunya adalah jantung. Selain itu golden berry juga mengandung vitamin C, vitamin A, calcium, phosphor dan kaya akan serat.

7 Manfaat Utama Golden Berry

Golden berry atau ciplukan memiliki paling sedikit 7 manfaat utama menurut Juwita, di antaranya
  1. meningkatkan sistem imunitas tubuh
  2. Mengurangi stress
  3. Melindungi kesehatan pencernaan
  4. Melawan infeksi
  5. detoksifikasi
  6. Sumber antioksidan
  7. Meningkatkan nafsu makan
itulah 7 manfaat utama dari tanaman liar yang kini menjadi tanaman komoditi yang patut diperhitungkan

1 komentar:

  1. Hebat baru tau nama lainnya ciplukan golden berry
    Ukurannya kok jumbo ya?

    BalasHapus

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Total Absen

Pengikut