Recent Post

Kamis, 22 Juni 2017

Tahukah kamu bahwa 5 dari 10 orang wanita pernah mengalami anyang-anyangan ?  

Sebenarnya apa sih anyang-anyangan?

Mengenal Anyang-anyangan

Anyang-anyangan atau istilah kedokterannya polakisuria  adalah sebuah kondisi dimana kandung kemih hanya mampu menampung kurang dari 500ml urin.  Pada kondisi ini terjadi peradangan pada lapisan mukosa kandung kemih sehingga penderita mengalami sering buang air kecil.
Anyang-anyangan merupakan sebuah gejala awal terjadinya gangguan pada saluran kemih atau infeksi saluran kemih .  Kondisi ini digambarkan dengan rasa ingin buang air kecil yang terus menerus, tetapi yang keluar hanya sedikit dan sakit buang air kecil.  Nah, umumnya wanita mudah sekali terkena gangguan ini, hal ini dikarenakan saluran kemih wanita lebih rentan terkena paparan bakteri jahat E-coli. Dan ini merupakan penyebab sakit saat buang air kecil yang sungguh sangat menyiksa

Gambar milik  uricran

Kenapa bisa begitu ?

Salah satu penyebab anyang-anyangan adalah dikarenakan jarak antara saluran pembuangan air besar dengan uretra pada wanita lebih dekat, so mudah sekali terinfeksi bakteri dari saluran pembuangan.  Itu sebabnya wanita memiliki resiko terkena gangguan ini 50% dibanding pria.  Sedihnya lagi, kondisi ini bisa berlanjut bertahun-tahun dan jika tidak diatasi dengan baik akan muncul gangguan infeksi yang lebih serius.

Namun bukan berarti pria tidak dapat terjangkit loh.  Pria pun bisa terjangkit hanya saja peluangnya lebih kecil. Penyebab anyang-anyangan pada pria  dikarenakan seringnya menahan air pipis, atau pipis yang tidak tuntas, bisa juga karena kurang bersih saat bersuci, pembesaran prostat, penggunaan kateter, alergi, adanya satu penyakit tertentu, sering mengkonsumsi minuman diuretik, cemas, dan sebagainya.  Pada wanita selain dikarenakan jarak saluran kencing dan saluran pembuangan, bisa juga disebabkan karena kondisi kehamilan, cemas, intertistial cystitis, diverticultis, infeksi bakteri chlamydia, menopouse, kurangnya hormon estrogen maupun hipertonisitas dasar panggul

dr.I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U menjelaskan bahwa gejala anyang-anyangan merupakan sebuah sinyal bahwa telah terjadi sesuatu pada uretra bagian bawah, terutama masalah penyimpanan air seni pada kandung kencing.

 

Gejala Anyang-anyangan

Sebenarnya tidak ada gejala yang spesifik terkait anyang-anyangan, namun secara umum bila anda mengalami gejala -gejala berikut, maka bisa jadi anda menderita anyang-anyangan dan sebaiknya segera memeriksakan diri.  Tanda-tanda tersebut di antaranya adalah:

  1.  Keinginan buang air kecil yang terus menerus
  2. Bolak-balik buang air kecil dengan volume yang sangat sedikit
  3. Pada wanita biasanya dibarengi dengan rasa sakit pada bagian panggul, sedangkan pada pria umumnya merasakan nyeri pada bagian anus
  4. Sakit buang air kecil. Penyebab sakit saat buang air kecil ini diakibatkan oleh penyebaran bakteri gastrointestinal dari anus ke saluran kemih
  5. Pada beberapa kasus, penderita mengalami demam 
  6. Tubuh kurang sehat dan mudah lelah
  7. Urine mengeluarkan bau yang menyengat dengan warna lebih pekat dan terkadang disertai darah.
 Nah dari paparan tersebut, siapa yang pernah mengalaminya?  Pada kondisi hamil tua, saya acap mengalaminya, begitu juga beberapa wanita lainnya.  Rasanya tentu tidak nyaman sekali.  Apalagi di bulan ramadhan seperti ini.  Sangat mengganggu kekhusukan ibadah tarawih dan tadarus.  Dikit-dikit lari ke kamar mandi.  Alhasil celana dalam menjadi basah. Harus sering diganti.  cucian jadi banyak, tadarus dan sholat terganggu.. coba bayangkan betapa banyak kerugian yang kita alami.  Terkadang saya menjadi begitu emosi dibuatnya. Bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan ini? sementara saya phobia dengan rumahsakit?

Terkadang hopeless gimana sih cara mengatasi anyang-anyangan? Biasanya orang yang pertama kali saya tanya adalah ibu, sosok tangguh yang telah mengalami pahit manis dan asam garam kehidupan.  Wanita yang selalu punya jawaban atas pertanyaan anak-anaknya.  Beliau banyak menyarankan minum jamu tradisional yang diolah dari aneka herba segar. Tapiii...hiks aku sangat tidak suka jamu apalagi yang pahit.  Galau kan jadinya?  Gimana dong?

Akhirnya beberapa bulan lalu aku membaca dari sebuah blog milik Irawati Hamid tentang manfaat buah cranberry, di ulasannya dia mengatakan bahwa ekstrak cranberry sangat efektif dalam menyembuhkan anyang-anyangan. Di dalam buah yang memiliki nama latin Vaccinium oxcyoccos ini terdapat satu zat bernama proantocyanidin yang berkhasiat untuk memberantas anyang-anyangan.  

Tapi dimana bisa dapatkan ekstrak cranberry?  Apa saja komposisinya? Kita akan bahas lebih lanjut nanti.


Mengenal Buah Cranberry dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pemilik nama latin Vaccinium Oxycoccos ini adalah golongan tanaman semak (perdu) yang umumnya tumbuh secara liar.  Buah yang memiliki warna merah tua ini memiliki banyak kemiripan dengan blueberry baik dari tanaman maupun bentuk buah. Tanaman ini banyak ditemukan di negara bagian utara Amerika dan Kanada.
Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, kaya akan mineral dan serat, memiliki senyawa fitokimia,  sianidin, quercetin, peonidin, dan flavonoid antosianidin.  Inilah sebabnya mengapa cranberry banyak direkomendasikan untuk mencegah berbagai penyakit seperti jantung, kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati sariawan, anyang-anyangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Ekstrak cranberry juga dipercaya mampu mengatasi infeksi pada saluran kemih secara efektif.  Proantocyanidins yang terkandung di dalamnya mampu mencegah pertumbuhan bakteri E-coli dan chlamydia penyebab infeksi kandung kemih.  Bukan itu saja, sifat anti-adhesi yang dimiliki oleh proantocyanidins menyebabkan bakteri tidak bisa menempel lagi.

Mengkonsumsi ekstrak buah cranberry membuat para penderita anyang-anyangan tidak lagi merasakan sakit saat buang air kecil. Bahkan beberapa tahun terakhir buah ini direkomendasikan sebagai vitamin demi meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai antioksidan dan mencegah sariawan.  Berita baik lainnya, di tahun 2004 sebuah  lembaga pengawas obat dan makanan Perancis telah memberikan ijin untuk pemanfaatan buah cranberry sebagai obat dari infeksi saluran kencing.

Bagaimana cara memperoleh ekstrak buah cranberry?

Buah cranberry merupakan buah dari tanaman perdu yang banyak ditemukan di negara bagian utara Amerika.  Sebuah lokasi yang sangat jauh dari Indonesia.  Haruskah kita memesan khusus untuk mengobati anyang-anyangan yang kita alami?  Wow! Kebayang tidak biaya impornya?  Tidak usah khawatir.
Untuk mendapatkan ekstrak cranberry kita tidak perlu susah-susah mengimpornya, karena sekarang di Indonesia sudah ada satu produk olahan dari buah ini yang bisa kita konsumsi langsung dengan melarutkannya pada air.  Produk itu bernama Prive Uricran.
Serbuk berwarna merah dengan rasa yang segar ini diproduksi oleh PT. Combiphar, sebuah produsen obat dan makanan kesehatan yang sangat terpercaya.


Waktu saya membaca testimoni dari beberapa orang teman yang sudah merasakan manfaatnya, saya langsung tertarik untuk mencoba. Ternyata benar, setelah rutin mengkonsumsi uricran, tubuh menjadi lebih enteng.  Nyeri saat buang air kecil tidak lagi terasa dan anyang-anyangan pun berangsur berkurang. jadi say Goodbye anyang-anyangan

Rasanya pun sangat segar.  Dalam 1 box prive uricran terdapat 30 butir kapsul, sedangkan pada prive uricran plus berbentuk serbuk yang dikemas dalam sachet terdapat 15 sachet.  Jadi buat anda yang kurang suka serbuk bisa mengkonsumsi yang kapsul dengan dosis 1-2 kapsul sehari.  Saya pribadi lebih suka yang serbuk, apalagi dicampur air dingin..hmm seger.



Kalau kata Duo F putra saya," Bunda minum anggur merah" karena warnanya merah.  Suami saya juga suka dan untuk mendapatkan produk ini saya lebih suka pesan disini.
A

Jadi dari tulisan di atas bisa disimpulkan bahwa bila kita mengalamai anyang-anyangan, langsung saja atasi dengan Prive Uri-cran yang sudah terbukti bisa mengatasi susah buang air kecil dengan mudah dan praktis.

 
12

Minggu, 18 Juni 2017

           
 Sepoi angin yang berhembus di senja yang mulai temaram terasa begitu dingin.  Sedingin hatiku yang kini kelabu.  Sementara lembayung senja masih menampakkan sinarnya yang keemasan. 
Begitu cantik, menyiratkan kemewahan...sungguh elegan.
            Senja itu... aku duduk di tepi pantai yang terlihat mulai sepi.  Bertemankan dingin  dan suara binatang malam.  Tampak perahu nelayan yang berjejer di tepi pantai yang sepi pengunjung.  Yah ini adalah kali kedua aku mengunjungi pantai ini.  Entah kenapa, senja di pantai ini meninggalkan kesan mendalam bagiku.  Begitu tenang... menyiratkan kedamaian.
            Masih jelas kusaksikan matahari senja yang melangkah pergi.  Tenggelam di batas cakrawala.  Tak ada lagi pengunjung yang berlalu lalang.  Apalagi wisatawan asing yang merebahkan diri di pantai yang penuh hamparan pasir dan pecahan karang.  Hmm...Pantai ini memang sepi di waktu senja.  Justru karena itulah aku sangat menyukainya.  Damai.
            Usai mengantar mentari ke peraduannya, kulangkahkan kakiku menuju sebuah warung kopi di tepi pantai.  Dimana para nelayan duduk menghangatkan badan dengan segelas kopi hitam.  Mengusir kantuk yang mulai menghampiri.  Seorang nelayan menyapaku ramah,”kok sendirian, Mba?”.
“Iya, Cak.  Kebetulan lagi ingin sendiri” jawabku pendek sambil melemparkan sebuah senyuman.  “Teh hangat satu, Bu!” pintaku pada pemilik warung.  Udara pantai yang dingin seperti ini memang paling enak ditemani semangkuk mie rebus pedas dan segelas teh manis hangat.  Cukup untuk membuat tubuh berkeringat dan melepas sedikit penat yang bergelayut manja.
            Para nelayan di pantai ini sangat baik dan ramah.  Biasanya mereka mulai bersiap untuk pergi melaut pada saat senja menjelang.  Seperti senja ini, meski air pasang mulai memenuhi tepian mereka tak punya pilihan selain melaut.  Masyarakat nelayan di pantai ini memang belum semaju masyarakat kota, namun justru kesederhanaan mereka yang membuat mereka spesial.  Masyarakat yang masih memiliki kesadaran sosial yang tinggi.   Bahu membahu mengatasi masalah yang ada di desanya.

 Ah, kalian membuatku malu hati.  Keterbatasan yang kalian miliki tak membuat kalian malas ataupun patah arang, sedangkan aku?  Sedikit duri yang menancap dalam hidupku mampu membuatku hancur seperti ini.  Oh, betapa rapuhnya aku.  Mengaku tegar dan tahan banting, tapi ternyata...tepekur di ujung senja.  Senja di pantai ini tidak hanya meninggalkan kerinduan,...kali ini disinilah sekolah kehidupan terbaik yang kutemui dalam perjalanan kehidupanku.  Bentang ilmu yang tiada habis.
0

Malam ini, ingin kutorehkan cerita tuk temani malam-mu. Kugoreskan penaku di atas kertas putih bertuliskan namamu. Cerita tentang kita, tentang indahnya persahabatan yang kita jalani.
"Bhai! aku merindukan dirimu malam ini, seperti malam-malam yang lalu, hingga musim yang akan berganti. Tahukah kamu? Rasa ini begitu jelas tercipta" 
Kuletakkan penaku sejenak, pelan kuhirup udara malam yang terasa kian panas, membuat sekujur tubuhku bermandi peluh.
Kucoba memeras ingatanku tentangmu, tentang sosokmu di awal perkenalan itu. Mengingat kembali caramu melempar pandang padaku, serta rayuan manis di antara gelak canda yang kau lontarkan.

"Bhai, adakah kau masih terjaga malam ini? Temani aku merajut cerita indah tentang kita. Kisah manisnya cinta semanis madu yang tak sengaja tercipta. Tentang hati, tentang, jiwa dan tentang kesetian pada sebuah komitmen
Top of Form
Bottom of Form

Ada geliat rindu yang kurasa, saat kau ucapkan kata selamat jalan. Saat tatapan matamu yang teduh memandangku hangat dan jemarimu enggan melepas tanganku. Getar-getar aneh yang dahulu pernah hinggap seketika menjalar dalam aliran darahku, panas, dengan debar jantung yang tak beraturan. Aku sungguh terbakar, terbakar oleh rasa itu. Rasa yang pernah singgah di hatiku. Rasa yang tercipta saat jalinan itu ada.

Top of Form
Bottom of Form

Aku menunggumu di tepi batas harapan
Memanggilmu dengan denting dawai sang bayu
Menarikmu ke alam sadarmu
mengubah gelap menjadi terang

Bagaimana aku bisa memancing bintang
Bila awan hitam menyelimuti langit malam dan langitpun menangis pilu
Sementara rembulan pun enggan menyapa
Diam membisu
0

Senin, 05 Juni 2017

Libur Tlah Tiba

Libur tlah tiba..
Libur tlah tiba
Horeee...
Hatiku gembira

Mau liburan kemana?

Liburan mau kemana? Sudah di ujung mata loh.  Kalau tidak direncanakan dengan baik, siap-siap aja kehabisan tiket, sebab semua orang juga merencanakan liburan di waktu yang sama.  Bisa dipastikan tiket pesawat, kereta, maupun hotel penuh terbooking. Kemana-mana macet.



Kemacetan yang mengular acap menurunkan semangat untuk mudik ataupun travelling.  Oleh karena itu rencanakan liburan anda dengan persiapan yang matang.  Rencanakan itinary , tiket, hotel dan berapa lama akan berlibur.  Pada libur hari raya, biasanya kota Malang dan Batu akan dipenuhi oleh para wisatawan yang ingin berlibur ke Batu.  Hampir semua hotel penuh terbooking.  Tempat wisata tak ubahnya kolam cendol.  Kalau sudah begini kami prefer untuk staycation aja.  Menyepi dari hiruk pikuk kota.

Nah ceritanya beberapa waktu yang lalu saya sempat melihat postingan komunitas fotografi yang mengadakan event photo hunt di sebuah resort tak jauh dari pusat kota.  Namanya Padi Heritage.  Dari foto-foto jepretan komunitas sego empok tersebut terlihat betapa asrinya dan nyamannya buat liburan.  Tertarik dong ingin membuktikan sendiri, and then, kami pun merencanakan untuk melewatkan puasa pertama kami di sana.  Hening sejenak.



Suasana Menjelang Berbuka Puasa


 Twin Cottage



Memancing ikan gratis

Lokasinya berada di dalam Perumahan Tata Surya, Malang. Memang sih tanpa marka jalan kita akan sedikit kesulitan mencari lokasinya karena sedikit tertutup perumahan dosen UNIBRAW.  Tapi anda tidak usah khawatir, memasuki perumahan sudah ada marka penunjuk arah yang akan memandu kita menuju lokasi hotel.  Sejenak saya terpaku di muka gerbang, karena dari luar terkesan sempit, tapi setelah memasuki area resort, mata kita seperti dimanjakan dengan hijaunya hamparan padi  serta saung-saung yang berdiri kokoh di sekitar areal resort.

Kami segera menuju ke resepsionis untuk check in dan dilanjutkann dengan meletakkan barang bawaan ke kamar deluxe yang sudah dibooking.  Letaknya di lantai 2 dengan pemandangan hamparan sawah yang sejuk. Kamarnya cukup luas dengan dominasi warna coklat dan fasilitas standar sebuah hotel bintang 2.  


Hotel ini menyajikan nuansa pedesaan dengan udaranya yang segar, hamparan sawah dan  bentuk bangunannya yang khas Indonesia.  Bahkan hotel yang terletak di samping aliran sungai brantas ini memiliki beberapa kamar yang berdiri di atas kolam ikan dengan bangunan terbuat dari kayu berukir. Cocok banget buat kamu yang hoby selfie or wefie.  Makanya tak mengherankan jika banyak pasangan pengantin yang mengambil setting pre wed di lokasi ini.  Fotoable dan instragamable banget.


Yang paling disukai oleh Duo F (Favian dan Farhan) di lokasi ini adalah kolam pancing.  Pengunjung anak -anak diperkenankan untuk memancing ikan yang ada di kolam bagian atas dekat restoran.  Selain itu disini juga menyediakan paket outbound, dimana peserta akan diajarkan cara bercocok tanam padi, memainkan gamelan dan banyak kegiatan lainnya.

Fasilitas

Ada apa saja sih di Padi Heritage? So far cukup lengkap fasilitasnya.  Ada surau kecil, ada kolam renang, ada ruang pertemuan, tempat bermain anak bahkan coffeshop dan mini restoran.  Menu di restorannya cukup enak, meskipun harga nya standar hotel.  Coffeshopnya  memiliki pemandangan alam yang cantik dengan view pegunungan.  Benar-benar mata kita dimanjakan dengan keindahan.

Hotel ini memiliki 7 jenis kamar, di antaranya
  • Standard Basic
Foto milik Padi Heritage

Ini adalah kelas kamar paling ekonomis, dengan tempat tidur double bed. Lokasinya di lantai 1 dan 2 menghadap ke halaman depan Padi Heritage.  Pada weekday kamar ini memiliki rate Rp. 245.000,-
  • Standard
Foto milik Padi Heritage

Kamar ini juga merupakan kamar yang ekonomis dan sama-sama terletak di lantai 1 dan 2 menghadap ke halaman depan.  Bedanya dengan standard basic adalah pada fasilitasnya, dimana di kamar ini dilengkapi dengan solar cell, TV LCD, dan kipas angin.  Ratenya Rp. 320.000,- (weekday)
  • Excotic gold
                    Foto milik Padi Heritage

Kamar ini sesuai namanya memiliki desain interior yang eksotis. Pengunjung benar-benar akan merasakan tidur di sebuah rumah mewah ala pedesaan.  Ratenya di weekday Rp. 425.000,-
  • Deluxe
Ini adalah kamar yang memiliki pemandangan gunung Arjuno.  Kamarnya cukup luas dan desainnya unik.  Pada week day kamar ini memiliki rate Rp.470.000
  • Rice Field View
                   Foto milik Padi Heritage

Ini adalah kamar dengan fasilitas terbaik yang ditawarkan oleh resort ini. baik dari segi fasilitas maupun pemandangan yang dimiliki.  Lokasinya di samping kolam renang menghadap areal persawahan dan pemandangan gunung arjuna.  Ratenya Rp. 550.000,- (weekday)
  • Cottage Lumbung
                     Foto milik Padi Heritage

 Kamar ini menggunakan bahan kayu jati baik bangunan maupun ornamen yang ada di dalamnya semuanya antik.  Dominansi warna kayu dan nuansa khas Jepara.  Bahkan bangunannya merupakan rumah khas Jepara yang di dalamnya dilengkapi dengan lampu antik, tempat tidur antik, bahkan cerminnya juga antik. Kamar tipe ini dilengkapi dengan teras dengan pemandangan yang indah
  • Twin Cottage
                     Dokumen Pribadi
dari sekian kamar tersebut saya menyukai twin cottage.  Bangunannya terbuat dari kayu berukir dan dibangun di atas kolam ikan. Kamarnya sejuk meski tak ada AC.  Interiornya sangat romantis dengan interior kamar mandi yang juga bagus dan bersih.  Kamar ini cocok buat kamu yang ingin bulan madu sama pasangan.  Kamar ini dilengkapi dengan teras dengan bangku terbuat dari kayu dan pemandangan hamparan sawah.  Posisinya yang di samping aliran sungai brantas membuat penghuninya dapat menikmati gemericik arus air sungai.  Asyik banget.

Oh iya guys.. Padi Heritage ini juga melayani paket wisata ke Bromo, paket wisuda, paket pre wed, Wedding Party , outbound dan garden party.  Untuk informasi paket-paket tersebut langsung aja menghubungi bagian reservasinya ya.. (bukan saya hehehe).

Program Ramadhan

Selain semua yang saya ceritakan di atas, ternyata selama bulan ramadhan padi heritage juga menawarkan paket buka puasa dengan harga yang sangat terjangkau salah satunya adalah Paket Kembul Punokawan.  Paket yang dibandrol Rp.45.000,- berdua ini cukup mengenyangkan dan nikmat karena makannya di tengah areal sawah.


Photo Milik Padi Heritage

Liburan Yang Seru

Seru kan?  Emang seru, kami sudah membuktikan sendiri.  Selama disana anak-anak bisa sejenak lepas dari gadgetnya.  Mereka begitu menikmati liburannya dengan memancing, bertualang dan berenang.  Abis itu foto-foto bareng, eh tapi emaknya yang paling banyak foto wkwkwk abis kece sih tempatnya.  


Di resort ini ada juga ada satu rumah besar yang berisi 3 kamar dengan ruang kelaurga yang sangat luas.  Cocok banget buat acara family gathering, jadi berasa kaya bener-bener di kampung halaman. Semua serba kayu dan serba coklat, hawanya juga khas banget.  Halamannya luas bisa buat main aneka permainan saat kita kecil. nah untuk yang ini ratenya Rp. 1.200.000,- / malam di weekday. Rumah ini bisa ditempati untuk 8 orang.  Asik dan cukup terjangkau, apalagi kalau ada kitchennya. Rasanya ngga usah ke tempat wisata udah cukup puas.


Nah puasa pertama kami berkesan banget kan.  Tempat ini juga dekat dengan masjid jadi kita ngga perlu khawatir tidak bisa taraweh.  Gimana?  Mau nyoba?  Langsung aja cuss ke alamat di bawah ini

Padi Heritage 
Jl.Regulus No.9 Perumahan Tata Surya, Tlogomas -Malang- Jawa Timur
Telp. 0341 - 557791
WA. 085853010675

atau bisa cek ke all akun media sosialnya ya

www.padiheritage.com
IG. @padiheritage
FB. @padiheritage




20

Minggu, 28 Mei 2017


Enam tahun lalu tepatnya Mei 2011 aku memulai karir menulisku dengan menggunakan HP android yang zaman itu dikenal sangat ramah di kantong. Kuawali hoby nulisku dengan menulis pesan singkat yang kadang alay di wall FB ku.  Hari berganti minggu, dan minggu pun berganti bulan.  Pak Suami melihat semangat menulisku yang besar, tak sampai hati kekasihnya sakit mata karena mandangin layar hape yang imut.



"Kamu serius mau nulis ,Say?" tanyanya
Aku hanya menatapnya sambil nyengir.  Kupegang pipi tirusnya yang mulus tanpa kumis dan jambang.  Tatapannya beradu mesra dengan mataku.  Perlahan kukedipkan mata sambil melukis senyum di dua sudut bibirku.

"Insya Allah Ay, ...siapa tau aku bisa jadi penulis beneran" jawabku singkat.  Simple banget ambisiku waktu itu.  Kalau di telaah dari suku katanya, maka Penulis berawal dari kata tulis yang diberi awalan pe-.  Pemberian awalan ini sendiri menunjukkan arti pelaku. Jadi Penulis adalah orang yang melakukan aktivitas menulis.  Bisa wartawan, blogger, guru, bahkan sekretaris dan bendahara (nulis catatan keuangan).  Termasuk nulis status juga nulis ya?

Suatu ketika sulungku ditanya oleh gurunya, " Bunda kerja jadi apa?"

"Bundaku penulis." jawabnya spontan.  Sang guru tentu takjub dan bertanya kembali, " Bunda penulis apa Han?"
"Penulis status!" spontan Farhanku menjawab tanpa rasa bersalah.  Ya, iyalah. Tidak seratus persen salah sih, karena memang setiap hari dai hanya lihat FB nya bundanya online terus dan FB adalah media pertamaku dalam menulis.  Sebagai penulis status aku membutuhkan quota ekstra cepat  agar status-status dan foto-foto yang kuupload bisa kuunggah dengan sukses.  Tapi sepertinya signal  kurang bersahabat dengan lokasi rumahku yang terpencil.  Keluarga menyarankan aku untuk beralih ke si Biru yang menawarkan paket internet super cepat, murah dan terjangkau.  Dibantu sebuah modem pemberian si "Ay" aktivitas menggores kata menuang rasa pun sukses.


Tidak lama, status-statusku mulai mengundang rasa penasaran.  Tak sedikit teman yang menantikan kisah-kisah horor yang sebenarnya tercipta karena ke "parnoanku" sendiri akan gelap.  Pada hening yang mewarnai setiap hariku tanpa-nya (Ay).  Tapi sampai kapan aku akan larut dalam sepi? Dalam buai imagiku yang kadang terlalu menghegomoni diri ini?

Ah...tidak!  Sudah saatnya kutunjukkan pada dunia bahwa aku bisa berkarya.  Jangan sampai fasilitas hot road 3G dari XL terbuang sia-sia.  Itu ambisiku saat itu.  Mulai hari itu, halaman demi halaman wordku mulai kupenuhi dengan kerangka pemikiran.  Berbagai bahan bacaan kukumpulkan untuk menghasilkan tulisan bergizi.  Setelah 3 tahun berjalan, tak kurang dari 20 buku kutulis, ratusan artikel kuterbitkan baik sebagai content web, maupun media lainnya.

Tak terasa 6 tahun sudah aku bersahabat dengan XL dan kini profesiku bukan lagi seorang penulis status, aku sudah menjadi seorang mompreneur yang mengelola usaha makanan kering secara online.  Produkku tidak hanya dinikmati di dalam negeri. namun dipercaya sebagai buah tangan untuk warga Indonesia yang tinggal di Perancis, Hongkong, Australia, Dubai bahkan  Amerika.  Semua pencapaian ini tak lepas dari baiknya jaringan internet yang kugunakan, apalagi dengan adanya  Extra Combo Akhirnya Kulampaui Batas Ambisiku.  Bukan hanya menjadi seorang penulis status, tapi juga penulis buku, content writer, dan mompreneur.


18

Selasa, 23 Mei 2017

Para Nara Sumber 
(dok. Hermini)

Selasa, 16 Mei 2017 menjadi hari yang penting bagi Prudential Syariah.  Bertempat di PT. Prudential Life Insurance Surabaya, dengan dihadiri oleh beberapa blogger, media dan para narasumber dari PT. Prudential Indonesia, Prudential Syariah meluncurkan satu buah produk baru yang diberi nama PRUprime Healtcare Syariah.  Ini adalah salah satu produk asuransi tambahan yang istimewa karena diciptakan dengan menggunakan prinsip-prinsip saling membantu dan saling berbagi resiko, sesuai prinsip-prinsip syariah.

Apakah prinsip-prinsip syariah yang dimaksud?

Asuransi syariah menurut Fatwa MUI adalah usaha untuk melindungi dan saling tolong menolong di antara sejumlah pihak/orang melalui sebuah investasi dalam bentuk aset maupun akad tabarru' yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah.
Sementara Akad tabarru sendiri merupakan sebuah transaksi yang tidak diperuntukkan untuk mencari keuntungan atau laba. Tujuannya semata untuk tolong menolong dan berbuat baik.

Sebagai sebuah market leader di bidang asuransi syariah, Prudential terus  mendengarkan dan berusaha memahami kebutuhan dari masyarakat Indonesia akan pentingnya perlindungan, termasuk melalui PRUprime Healthcare Syariah, yang merupakan salah satu produk pelayanan rumahsakit yang sangat komplit dengan basis syariah yang memiliki cakupan global dengan benefit yang kian berkembang.

Nini Sumohandoyo, Coorporate Marketing, Communication and Sharia Director Prudential Indonesia mengatakan," PRUprime Healthcare Syariah merupakan sebuah produk asuransi rawat inap berbasis syariah yang membayar biaya rumahsakit sesuai tagihan dengan global coverage dan manfaat yang berkembang.  Bahkan sejak 2007 Prudential Indonesia menempati posisi sebagai Market leader  dengan kontribusi bruto dana tabarru  per akhir tahun 2016 mencapai Rp. 2,2 triliun .  Bahkan Prudential Indonesia telah memiliki lebih dari 510.000 polis yang aktif serta aset sebesar Rp. 3,4 Trilliun.
Pak Ahmad Dari Dewan Syariah Prudential
(Dokumentasi  Budiono)

Diluncurkannya produk asuransi kesehatan syariah ini bertepatan dengan Prudential Syariah 10th Anniversary.  Produk ini merupakan asuransi rawat inap yang komprehensif dan berbasis syariah. Produk ini menawarkan beberapa keunggulan yang tentunya akan menguntungkan nasabahnya. Sebagai sebuah perusahaan asuransi syariah yang cukup punya nama dan berumur, Prudential Indonesia terdepan di kelasnya.  Hal ini tidak terlepas dari upaya-upaya dan pelayanan pada nasabah untuk mendapatkan kepuasan dan layanan optimal.  Salah satu upaya tersebut adalah dengan terus dikembangkannya berbagai keunggulan produk yang inovatif seperti :


  1. Pembayaran Biaya Kamar Rumah Sakit dan Akomodasi hingga maksimum Rp. 8.000.000,-/hari (sesuai plan yang dipilih)
  2. Manfaat Pembayaran biaya visite dokter spesialis ( dihitung berdasarkan per tipe spesialis)
  3. Pembayaran manfaat disesuaikan dengan tagihan rumahsakit
  4. Fasilitas PRUprime saver yang memberikan perlindungan kesehatan dengan biaya yang lebih murah
  5. PRUprime Limit Booster yang dapat meningkatkan batas manfaat tahunan mengikuti polis yang berlaku
  6. Apabila peserta menjalani rawat inap di kamar yang lebih murah, maka peserta akan diberikan tambahan untuk PRUprime limit booster
  7. Fasilitas manfaat berkembang sebesar 10 % dari batas manfaat tahunan awal bila tidak ada klaim selama satu tahun polis berjalan.  Batas penambahan bisa mencapai maksimal 50 % dari batas manfaat awal, dengan fitur ini. Perlindungan terus terjaga walau biaya pengobatan terus meningkat.  Istimewanya fitur ini adalah yang pertama dalam industri asuransi berbasis syariah.
  8. Hanya dengan menunjukkan kartu PRUprime Healthcare Syariah, nasabah sudah dapat menerima fasilitas perawatan secara cashless di seluruh jaringan rumahsakit yang luas di Indonesia, Malaysia dan Singapura.  Nasabah juga dapat menjalani rawat inap dalam kondisi darurat di Amerika Serikat
  9. Manfaat Santunan Dana Marhamah atau disebut  juga santunan kasih sayang yang akan di diberikan jika peserta asuransi meninggal


PRUprime healthcare syariah ini dirancang khusus dengan berbagai manfaat pembayaran rawat jalan, biaya rawat inap, tindakan bedah dan lain sebagainya.  Produk ini juga menyediakan 6 pilihan santunan yang dapat diambil dengan menyesuaikan kebutuhan besarnya polis peserta.  Untuk bisa memiliki asuransi  tambahan ini peserta harus berusia 1 bulan - 65 tahun (ulangtahun berikutnya). Santunan ini akan diberikan hingga peserta mencapai usia 55 tahun, 65 tahun, 75 tahun atau 85 tahun ( pada ulang tahun berikutnya) sesuai dengan pilihan pemegang polis.
2

Rabu, 10 Mei 2017

Cara Membeli Tiket Kereta Api
Foto milik Bisnis Liputan 6

Sekarang ini membeli tiket kereta bukan menjadi perkara yang sulit. Mungkin dulu kita harus mengantri di stasiun kereta untuk mendapatkan tiket. Namun sekarang, Anda bisa membeli tiket dengan duduk manis di rumah, apalagi jika tidak menggunakan Bukalapak. Membeli tiket kereta di Bukalapak bisa menggunakan ponsel Android Anda. sebenarnya, pembelian tiket kereta api di Bukalapak ini bukan hanya untuk kita sebagai individu saja, namun kita yang bertindak sebagai agen Bukalapak bisa melakukan pembelian.

Bagaimana Cara Membeli Tiket Kereta di Bukalapak ?

Untuk agen Bukalapak, bagaimana cara melakukan pembelian tiket kereta ini? berikut tahapan melakukan pembelian tiket kereta saat Anda menjadi agen Bukalapak, antara lain:
  • Anda bisa mendaftar terlebih dahulu sebagai agen Bukalapak. Jika Anda sudah terdaftar sebagai agen Bukalapak, Anda bisa langsung melakukan pembelian,
  • Anda bisa mengakses web Bukalapak untuk melakukan pembelian kereta api menggunakan desktop atau pun android,
  • Cari tiket kereta dan lengkapi pesanan Anda. sesuaikan pencarian sesuai dengan tanggal keberangkatan, jam hingga tujuan Anda, segera klik cari,
  • Nantinya Anda akan dialihkan di halaman daftar tiket kereta, pilih kereta yang sesuai dengan keinginan Anda,
  • Isi data penumpang. Berbeda saat melakukan pembelian untuk individu, untuk pembelian sebagai agen, data kontak sudah terisi diri Anda sebagai agen Bukalapak,
  • Selesaikan transaksi, dan pilih kursi. Setelah memilih kursi yang sesuai, lanjutkan ke menu pembayaran,
  • Setelah Anda melakukan seluruh proses pembayaran, tiket bisa diterima dan dikirimkan ke email Anda dalam waktu 15 menit saja sejak pembayaran sudah berhasil dilakukan.

 Mudah bukan untuk melakukan pemesanan tiket kereta di Bukalapak sebagai agen Bukalapak? Jika Anda berhasil melakukan transaksi tiket lebih dari Rp 350 ribuan, nantinya Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 5% melalui Buka Dompet di hari Jumat. Hal ini terjadi jika Anda sudah melakukan pendaftaran sebagai seorang agen.

Di musim liburan dan bahkan menjelang lebaran seperti sekarang ini, menjual tiket kereta api pasti akan laris. Selain penjualan sebagai agen, pasti Anda ingin melakukan pembelian untuk diri Anda sendiri bukan? Lantas, bagaimana agar kita sendiri bisa mendapatkan tiket dengan harga yang murah ditengah persaingan yang ketat dengan pencari tiket lainnya?

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan tiket kereta dengan harga yang murah di Bukalapak, antara lain:

  • Pesan H-90. Saat akan mudik, lebih baik Anda memesan tiket H-90. Cara ini dilakukan agar Anda tidak kehabisan tiket kereta serta agar Anda bisa mendapatkan harga yang lebih miring dibandingkan dengan yang lainnya,
  • Siapkan data. Agar semua pemesanan bisa lancar, sebelum beraksi melakukan pemesanan, lebih baik Anda menyiapkan data penumpang dengan lengkap terlebih dahulu. Data penumpang yang bisa Anda siapkan ini seperti nomor identitas, nomor telepon hingga nama yang sesuai dengan identitas,
  • Pastikan kuota internet Anda masih penuh. Ketika akan memesan tiket, lebih baik melihat seperti apa koneksi internet yang Anda miliki, karena Anda akan bersaing dengan banyak orang lainnya.

Saat membeli tiket kereta di Bukalapak, pastikan Anda memiliki saldo di BukaDompet Anda. memang, Bukalapak memiliki berbagai macam menu atau pilihan pembayaran yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda, namun sepertinya pembayaran akan lebih mudah dan menyenangkan jika Anda menggunakan saldo BukaDompet yang Anda miliki.

Jadi, tunggu apalagi? Masih ingin membuang waktu untuk mendapatkan harga paling murah yang ditawarkan oleh Bukalapak?
4

Rabu, 03 Mei 2017

Kesibukan yang padat beberapa bulan terakhir ini kadang membuat saya tak sempat "uprek" di dapur. Rutinitas memasak yang biasanya bisa saya lakukan berjam-jam beralih ke senam jari tuk mengejar target.  Alhasil nyanyian merdu dari para penghuni perut yang menagih santapan lezat pun acap berkumandang ke seantero tubuh.  Biasanya sih ini terjadi saat sore hari, sebab biasanya masakan untuk sarapan dan makan siang sudah tersedia di meja.

Untuk menjawab nyanyian pasukan usus tersebut, saya memilih untuk berwisata kuliner.  Selain memang hoby, dari sini saya bisa mencicipi aneka menu buatan para koki.  Aktivitas ini sangat dibutuhkan oleh pelaku kuliner seperti saya untuk memperkaya dan mengasah rasa.

Foto milik Endrita.id

Nah suatu hari saya ngidaaaammm banget ceker pedas. Seorang teman menginformasikan sebuah kedai baru di jl. Bunga Coklat no. 1.  Konon kata testimoninya sih tempat ini recomended banget.
Penasaran dong? ya iyalah, soalnya nih lidahku agak berbeda dengan teman-teman.  Enak menurut mereka belum tentu enak menurutku (rewel).  Untuk menjawab rasa penasaran itu akhirnya aku ajak beberapa teman nongkrong di sana dan mencoba aneka menunya.

Kedai ini sebenarnya bukan kedai baru, hanya saja dulu chicken finger ini menggunakan truck untuk berjualan.  Mereka biasanya berjualan saat ada event musik pun event lainnya. nah suatu ketika para fans chicken fingers ini usul untuk berjualan di sebuah kedai dengan pertimbangan:

1. Tidak kehujanan
2. Lebih santai menikmatinya
3. dengan adanya kedai pembeli tidak perlu menebak nebak dimana lokasi truck berjualan

Nah dari pertimbangan tersebut akhirnya owner dari Chicken finger malang memutuskan untuk menyewa sebidang tempat untuk berjualan.  Lokasinya cukup strategis, meski terletak di sudut belakang area foodcourt.  Tempat parkirnya cukup luas jadi kamu ngga usah bingung mau parkir dimana.  Meskipun kedainya tidak begitu luas , paling tidak cukuplah kalau hanya 15 orang..  Cocok kan untuk kumpul dengan genk.

Foto milik endrita.id

Kedai yang baru saja buka ini menawarkan berbagai pilihan menu istimewa mulai dari makanan dan minuman yang menggoyang lidah.  Sebenernya dari namanya kita sudah bisa menebak menu apa yang jadi favorit di kedai ini,  yups..apalagi kalau bukan Hot Wolferin dan ayam geprek keju.  Hot Wolferin ini adalah nama sebuah menu olahan ceker (chicken finger) yang dimasak dengan cabai, bawang putih, kemangi, dan aneka rempah lainnya.

                                 Dok. Pribadi

Aseek pas banget kan buat aku yang lagi ngidam makan ceker. Apalagi cekernya lumer di mulut sehingga enak banget nikmatinnya.  Pedes manis, dan seger dari jeruknya ditambah aroma daun kemangi membuat citarasanya khas banget.  Berbeda dengan ceker pedas lainnya. andai ada 2 piring ceker pedas dari dapur yang berbeda, aku pasti bisa langsung ngenali mana yang berasal dari Chicken Finger Malang.  Nah ceker pedas ala Chicken finger ini empuk sampai ke tulang.

Selain Hot Wolferin kedai yang memiliki tagline "Up With Delicious  Traditional  Sambals " ini juga memiliki sajian menu sambal yang mantap dan berbagai menu lain yang tak kalah lezat di antaranya baso krezz, crispy wings, Crispy Drumstick, Hot Wings, Paru Krezz, Cah kangkung dan aneka minuman yang menyegarkan seperti Blue  Sky, Hot Chocolate, Black Coffee, Coffe Milk, Cereal Chocolate dan tak ketinggalan teh manis hehehe.


Tapi yang paling istimewa adalah ayam geprek kejunya.  Disajikan dengan siraman si mozza yang leleh dan toping sambal yang nikmat menu ini sukses bikin ketagihan dan membuat kami memutuskan untuk bungkus buat  oleh-oleh. Istimewanya lagi..semua menu lezat ini dibandrol hanya  Rp. 3000 - Rp. 15.000 murce kan??

ini yang bikin kantong ngga jebol. Makan nikmat dompet tetep sehat. Tak heran kalau kedai yang buka mulai jam 15.00 - 01.00 WIB ini langsung dibanjiri pembeli terutama anak-anak muda.  Kalau ingin buktiin silakan datang ke

Chicken Fingers Malang
JL. Bunga Coklat No.1 Tulusrejo- Lowokwaru - Malang
Jawa Timur 65141
Delivery Order  081249388945
Pin BB D6485764
Instagram @chickenfingers_malang



0

Sabtu, 29 April 2017

Jumat, 28 April 2017 adalah menjadi hari yang paling menentukan bagi seorang bayi bernama "Satupena".  Bukan saja menjadi tonggak bersejarah atas terbentuknya sebuah keluarga baru di kalangan para penulis lintas generasi dan genre, tetapi hari itu menjadi hari yang penting bagi sosok Nasir Tamara, seorang penulis sekaligus dosen dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta  Pria yang akrab disapa Nasir ini adalah Direktur Utama dari Sritex (perusahaan textil di kota Solo).  Pribadinya yang humble, dan berwibawa serta prestasinya di bidang literasi telah mengantarnya menjadi Ketua Umum Satu Pena terpilih.

Lewat kegiatan kongres menulis yang bertema "Menulis Untuk Kebhinekaan" Nasir Tamara dan Imelda Akmal, dua orang kandidat ketua umum Satupena memaparkan visi misi mereka untuk masa depan organisasi penulis ini.  Organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan penulis, peningkatan kapasitas, penguatan profesi dan melindungi hak atas karya penulis ini dinamakan "Satupena".

                            Logo By Evelyn

Satupena adalah organisasi yang diharapkan dapat menjadi wadah  yang mampu menyatukan para penulis lintas genre  di seluruh Indonesia.  Satupena sepakat bahwa kemajemukan, keragaman, kebhinekaan nusantara harus tetap lestari dan perlu dipublikasikan melalui aktivitas menulis.

Demi tujuan itulah para pejuang literasi 40 orang penulis dari berbagai genre datang ke Magelang untuk musyawarah pembentukan assosiasi penulis Indonesia yang kemudian mendorong terselenggaranya Kongres Menulis Solo.

Lewat kongres menulis Solo, dengan melalui metode pemungutan suara, akhirnya terpilih beberapa penulis yang mewakili daerahnya untuk menjalankan amanat dari Satupena ini. Para penulis terpilih tersebut di antaranya adalah:

Ketua Umum                        : Nasir Tamara

Dewan Etik Satupena  
Wilayah Indonesia Barat      : Khusnu Abadi
Wilayah Indonesia Tengah   : Isnaini Muhidin
Wilayah Indonesia Timur     : Frank HS

Penulis Senior                       : Eka Budianta
Penulis Muda                        : Moethia Fadhila K


Mereka inilah yang menjadi harapan akan membawa organisasi Satupena untuk mencapai tujuannya
Selamat bertugas hai para pejuang literasi. 





1

Selasa, 18 April 2017

Best Western OJ bekerjasama dengan Best Western Papilio baru saja menyelenggarakan sebuah Culinary Tour.  Acara yang di helad tanggal 11 April hingga 13 April 2017, mengambil start di kota Malang Jawa Timur.  Pada kesempatan ini, Best Western Indo yang berpusat Jakarta mengajak beberapa blogger dari Jakarta, Malang dan Surabaya untuk berkeliling Malang dan menikmati aneka kuliner andalan di kota Bunga ini.

Diawali sebuah perkenalan singkat yang penuh kehangatan, kami disambut dengan segelas minuman dingin yang disajikan dengan cantik.  Inilah dia minuman istimewa ala Best Western OJ, "Seger Sumiah".


Sumiah ini sendiri memiliki arti "senang".  Jadi seger sumiah bisa diartikan minuman segar yang membuat hati kita senang.

Usai berkenalan dengan team management Best Western, para peserta diajak untuk menikmati aneka suguhan istimewa  made in BW OJ.  Bersama mba Bella dari Best Western Indonesia, Bapak Anzar Maulana selaku General Manager BW OJ dan beberapa team marketing dari masing masing hotel acara lunch pun berlangsung penuh kekeluargaan.

Para Peserta Hotel Tour



Aneka menu yang terhidang menjadi sebuah sajian istimewa di siang itu.  Udara siang hari yang panas terobati dengan semangkuk es buah yang segar. puding dan aneka jus yang menggoda.  Siang itu kami tak melewatkan satu hidangan pun meski hanya icip seujung sendok, yang penting bisa mendeskripsikan rasanya.  Sekalian isi bahan bakar sebelum menjelajah Museum Angkut Batu.  Rencananya dari museum angkut kami akan melanjutkan perjalanan ke Pos Ketan Legenda.

Apes, hari itu aku terlalu banyak tertawa dengan guyonan Bang Burhanudin Abe, seorang blogger hitz dari Jakarta.  Blogger yang memiliki wajah komersil ala ala artis hollywood itu sukses membuatku terpingkal, sampai aku lupa membawa tas yang berisi dompet saktiku.

Alhasil aku berangkat ke Museum Angkut tanpa memegang uang satu rupiahpun, oh nasib!
Tapi keramahan team marketing Best Western terutama si mas Ganteng Rio, sukses membuatku lupa pada dompet kesayanganku dan dahaga yang menyerang.  Perjalanan menjelajah salah satu destinasi wisata beken di kota Batu ini pun berjalan lancar.


Seluruh peserta tampak menikmati setiap sudut museum sambil berselfie dan wefie ria.  Aneka transportasi kuno mulai kereta kuda, sepeda kuno hingga mobil mewah dan pesawat terbang  berdiri dengan gagahnya.

 Gadis Penjual Bunga

 Jangan sedih ya..




Bukan itu saja, museum ini sangat lengkap. berbagai miniatur kota di luar negeri ada disini.  Hollywood, las vegas bahkan miniatur kota Paris pun bisa anda jumpai.  Tak bisa dibayangkan, berapa aset tempat ini.  Tak heran bila tiket masuknya pun menggila. Satu kepala dikenakan tiket Rp. 70.000,- di weekday dan Rp.100.000,- di weekend.  Namun harga itu memang cukup pantas untuk sebuah perjalanan yang mengesankan.

Pasar Terapung

Salah satu yang menarik dari museum angkut ini adalah Pasar Terapung.  Di area ini pengunjung dapat menjumpai aneka oleh -oleh dan berbagai  kuliner dari seluruh nusantara.  Mulai gudeg hingga pempek dan sate madura semua lengkap.  Bukan itu saja, tak jauh dari pasar terapung ada sebuah museum topeng yang memajang berbagai macam topeng dan pernak pernik budaya.  Perjalanan kali ini memang benar - benar berbeda meski ini bukan kunjungan pertama ku ke Museum Angkut.  Lokasinya yang sangat luas dan obyeknya yang banyak membuat waktu terasa begitu cepat berlalu, sementara belum seluruh areal lokasi terjelajah.  Namun karena kami masih punya beberapa agenda jelajah kuliner, petualangan seru di tempat ini harus segera kami akhiri.  Perjalanan kami lanjutkan ke Pos Ketan Legenda.


Pesona Wisata Kuliner Malam

Spot kuliner ini cukup hitz di kalangan penikmat kuliner.  Di sini berbagai jenis sajian ketan bisa anda request. Mulai ketan bubuk original hingga aneka ketan rasa rasa dan ceker pedas yang maknyus siap menggoyang lidah para penikmatnya.

Ceker Pedassss

Kami memesan aneka menu yang berbeda, tentunya ceker pedas menjadi salah satu menu favorit kami malam itu.  Kalau menurutku rasanya lumayan sih.   So..so lah seperti rasa ceker.  Tapi terus terang cekernya mumut  alias lumer lembut. Menu ketannya juga nothing special.  Saus duriannya kurang kuat.  Nah yang ngga bisa dikomentari adalah ketan legendanya...hohoho..

Ketan Pancake durian Susu Vla

Saya  justru tertarik dengan namanya Pos Ketan Legenda.  Ternyata pemilihan nama ini sangat simple yaitu dari kata warung yang menjual ketan di mana salah satunya ada ketan yang melegenda (jadul) yaitu ketan bubuk.  Jangan salah ucap..bubuk bukan bobok.
Ketan Bubuk

Nah bagi penikmat makanan jadul tentu tempat ini seperti golden memories, mengingatkan kita pada masa kita muda.. (ceilaaa..sekarang juga masih muda neng).  Di sini kita bisa menikmati aneka wedang rempah, salah satunya adalah wedang uwuh (uwuh dalam bahasa jawa artinya sampah. ).  Dinamakan wedang uwuh karena disajikan lengkap dengan aneka rempah yang membuat penampilannya seperti "resek" atau kotor penuh ampas.  Tapi meski tampilannya rusuh, rasanya joss.

Tentu santapan malam ini membuat tubuh sedikit hangat dan kami bisa melanjutkan petualangan kuliner selanjutnya bersama Bapak Anzar Maulana di sky room.

Santap Special Di Keremangan Sky Room

 Bersama Managemen Best Western

Ihiiir.. akhirnya bisa juga menatap bulan bintang.  Tau ngga sky room? Pasti belum tau kan? Jangan kuno ah!  Makanya sesekali mainlah sama kekasih ke sky room BW OJ.  Tempatnya romantis banget.  Ala ala anak muda yang lagi dimabuk cinta. Kamu bisa menyantap aneka kuliner lezat di restoran kece ini.

Sky room adalah nama salah satu restoran milik Best Western OJ.  Letaknya di lantai 12.  Pemandangannya asiik banget, terutama di saat petang dan malam hari.   Kebetulan kemarin kami menikmati dinner dari atas sky room.  




Pemandangan malam di sky room saat itu, membawa saya pada kenangan puluhan tahun silam di ketinggian Bukit Panderman.  Rasanya begitu syahdu. Ah,.. kerinduanku pada malam dan kerlip bintang rasanya terbayar.  Kerlip lampu perkotaan, pendar bintang di langit, benar -benar  membuat ku berkelana jauh.  Lamunan itu akhirnya pecah saat sebuah lagu dinyanyikan oleh pengisi acara.



Malam itu, ditemani iringan musik, saya menikmati semangkuk tomyam.  Hmmm suegerr rek kalau kata orang Malang.  Gimana ngga seger setelah setengah hari ngukur museum angkot dan kena AC di jalan, trus disuguhin soup tomyam yang nikmat ala BW OJ.  Asli nikmat.  Setelah itu lanjut ikutan atraksi membuat mie Lamien bersama mas Chef yang manis.

                     Belajar Membuat Lamien
                     (Foto milik Yuniari Nukti)

Unik juga loh cara membuatnya.  Tepung terigu, telur dan air dicampur jadi satu lalu diuleni.  setelah itu siap dibentuk dengan teknik banting, gulung, dan putar tarik sampai menjadi lembaran mie.  Nah yang paling sulit itu proses menarik dan putar. adonannya rentan putus. jadi kita membutuhkan bantuan tepung untuk memisahkan lembar adonan sehingga bisa menjadi lembaran mie.  Kita juga butuh minyak, fungsinya agar adonan tidak lengket di tangan.  

Hmm jika semua wanita bisa bikin lamien, itu penjual gilingan mie ngga laku kayanya deh hehehe.  Nah, abis bikin lamien kita cobain deh .. sayangnya hari sudah larut malam dan saya harus segera pulang untuk persiapan perjalanan esok hari.  
4

Total Absen

Pengikut