Senin, 17 September 2018

28 Wirausaha Muda Mandiri Lahir, WMM 2018 Guncang Universitas Brawijaya



Ajang Wirausaha Muda Mandiri usai sudah di selenggarakan Sabtu, 15 September 2018 lalu.  28 Wirausaha Muda Mandiri pun lahir dengan lancar lewat sebuah proses dan tahapan yang panjang. Mereka berasal dari beberapa kelompok usaha, yaitu  wirausaha Industri, wirausaha Perdagangan dan Jasa, wirausaha Boga, wirausaha Kreatif, wirausaha Sosial, serta wirausaha di bidang Teknologi Digital dan Non Digital. Gelar Wirausaha Muda terbaik pun disematkan pada jawara WMM 2018.  Tak kurang dari 3 miliar rupiah diberikan kepada para pemenang sebagai hadiah atas ide-ide kreatif yang sukses membuat para juri dan masyarakat berdecak kagum.
Bertempat di Gedung Samanta Krida Universitas Brawijaya dengan dihadiri oleh Menteri BUMN Republik Indonesia Ibu Rini Soemarno, Rektor Universitas Brawijaya Prof. DR. Ir. Nuhfil Hanani, AR.MS, beberapa anggota Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, perwakilan beberapa perguruan tinggi di Indonesia serta ribuan mahasiswa, anugrah Wirausaha Muda Mandiri 2018 pun diberikan.


Acara ini diapresiasi positif oleh berbagai kalangan dan pemangku kebijakan salah satunya Ibu Rini Soemarno Mentri BUMN.  Pada kesempatan kali itu, Rini menilai kegiatan ini sebagai sebuah kegiatan berkelanjutan untuk pengembangan ekonomi nasional yang nantinya selaras dengan pengembangan industri kreatif dan UKM binaan dalam melakukan penetrasi pasar.  Hal ini sejalan dengan program program kementrian BUMN, yakni Rumah Kreatif BUMN.
"Oleh Karena itu , WMM dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) perlu terus disinergikan dan ditingkatkan antara lain melalui keterlibatan alumni program WMM sebagai mentor pendamping binaan di RKB" ungkap Rini
Direktur Utama PT. Bank Mandiri Persero dalam kesempatan yang sama pun menyampaikan kiranya program WMM ini mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda, agar menjadi generasi pencipta lapagan kerja yang peduli dan mau berkontribusi dalam pembangunan ekonomi negara. Itulah sebabnya mengapa peserta WMM bukan hanya dari mahasiswa namun juga dari para pengusaha muda berlatar belakang non akademis yang potensial


27 Wirausaha Muda Mandiri, Menang WMM 2018

Sejak digelar pertama kali (tahun 2007), program wirausaha muda mandiri telah diikuti 36.000 pengusaha dari seluruh Indonesia dan telah memberikan manfaat kepada 45.000 orang.  Pada tahun ini sekitar 70 peserta lolos mengikuti seleksi nasional, dan 27 wirausaha muda mandiri meraih kemenangan di WMM 2018.  Adapun para pengusaha yang terpilih sebagai juara WMM 2018 adalah sebagai berikut:


Kategori Mahasiswa

Pemenang I Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa Arnandiza Amirul Khadifa (Balon Kado)
Pemenang II adalah Agus Wibowo (Koperasi Agro Lestari)

Pemenang I Bidang Usaha Boga diberikan kepada I Putu Agi Pratama – Umah Lokal
Pemenang II adalah Sentanah Limmase – Fermenation Indonesia

Kategori Bidang Usaha Kreatif
Pemenang I diberikan kepada Malinda Amalia – Linean
Pemenang II adalah Nabila – Batik Kanawa

Kategori Bidang Usaha Sosial,
Pemenang I Reno Pati – Rumah UPPO (Unit Pengelolaan Pupuk Organik)  
pemenang II M Zulfikri Al Qowy – Paccoo.com

Kategori Bidang Usaha Teknologi Digital
Pemenang I Aditya Pratama Ghifary – Media BIMBINGAN BELAJAR GRATIS Berbasis Website & Aplikasi
Pemenang II Rafliansyah Ruslan – SCOLA (Learning Management System)

Kategori Bidang Usaha Teknologi Non Digital
Pemenang I adalah Alwy Herfian Satriatama – Majapahitech
Pemenang II adalah Aprial Syahputra – HerbalFoam

Kategori Non Mahasiswa,

Bidang Usaha Industri Perdagangan dan jasa
Pemenang I Juwita – Golden Berry
Pemenang II Reza Rizky Hermawan - Hermawan Propertindo Utama

Bidang Usaha Boga 
Pemenang I diberikan kepada Endro Firdaus – GreenSmoothie factory
Pemenang II adalah Bintang Priyambodo – Papa Buncit

Bidang Usaha Kreatif
Pemenang I diberikan kepada Bella Kartika Aprilia – Sepiak Belitong
Pemenang II adalah Ray Abdul Fatah – Ravy 26 House


Bidang Usaha Sosial,
Pemenang I jatuh kepada Andhika Mahardika – CV Agradaya Indonesia
Pemenang II diberikan kepada Mohammad Andriza Syarifudin – Nusa Berdaya

Bidang Usaha Teknologi Digital
Pemenang I adalah Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin
Pemenang II adalah Yudhis Thiro Kabul Yunior – Detron Engineering

Bidang Usaha Teknologi Non Digital
Pemenang I adalah Achmad Arbi – Lightning Advanced Solution Technology
Pemenang II adalah Nugroho Hari Wibowo – ENCOMOTION


Bidang Digital Financial Technology
Pemenang I adalah Adjie Wicaksana – Halofina – LPIK ITB
Pemenang II adalah Bong Defendy – Zend Money

Kategori Best of The Best WMM 2018 diraih oleh Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin
Kategori Finalis Terfavorit WMM 2018, direbut oleh Ardana Noor Octaviandi - Bolunesia dipilih berdasarkan pilihan masyarakat melalui media sosial Facebook dengan Jumlah Like dan Share terbanyak yang telah diverifikasi keabsahannya oleh panitia dan yang telah dimulai sejak tanggal 06 September hingga 13 September 2018.

Selain mendapatkan trophy para pemenang juga mendapatkan uang tunai dan akses perbankan serta pembinaan. Untuk Pemenang pertama kategori non mahasiswa mendapatkan uang tunai senilai 200 juta rupiah , sedangkan untuk kategori mahasiswa mendapatkan uang tunai 100 juta rupiah.

WMM 2018 Guncang Universitas Brawijaya


Penganugrahan WMM Award kemarin berlangsung sangat meriah dipandu pembawa acara yang cantik Zivanna Letisha dan MC heboh Altaf Vicko hadirin pun larut dalam rangkaian acara demi acara. Seperti terhipnotis. Acara di awali dengan penampilan Paduan Suara Universitas Brawijaya yang telah mencetak banyak prestasi . Pengunjung terpaku pada kursinya, terlebih saat seorang stand up Comedi Dicky Diffie sukses mengocok perut para tamu undangan dengan lawakan-lawakan segarnya. Gedung Samanta Krida diguncang tawa "kekel" hadirin.


Tak berapa lama tampillah pertunjukkan yang tak kalah indahnya. Penampilan dari team Reog Brawijaya dengan tarian kuda lumping dan reognya membuat semua mata tak berkedip. Decak kagum berulang-ulang keluar dari semua hadirin. Hentakan irama musik dan gerak tari para penari membuat panggung dan lantai gedung terasa berguncang.

Via Vallen Guncang WMM Award 2018 dok  Bima


Standing applaus bergema ke seluruh sudut ruangan sebagai bentuk apresiasi terhadap pertunjukkan yang demikian sempurna.  Event ini benar-benar menuai sukses.  Terlebih lagi saat seorang Via Vallen tiba-tiba diundang ke atas panggung untuk menghibur para pengunjung dan finalis.  Wow.. WMM 2018 guncang Universitas Brawijaya.  Semua ikut bernyanyi dan menari bersama artis idola mereka, tak terkecuali ibu Menteri Rini Soemarno pun ikut naik ke atas panggung dan berjoget bersama.  Hingga tak terasa 7 lagu sudah dinyanyikan Via Vallen.

Jerremia Allan(owner Gedhang nugget)

Usai dihibur dengan lawakan kocak nan segar, para pengunjung dan peserta pun mendapat siraman semangat dan motivasi dari para pakar bisnis dan alumni WMM tahun sebelumnya.  Ada Mas Adrian, ada Bapak Hari Santosa Sungkari (Badan Ekonomi Kreatif), Andreas Eddy Susetyo Ketua Pansus Kewirausahaan Nasional, Jodhi Palgunadi (owner akun.biz), Jeremia Allan (owner Gedhang Nugget), Martalinda Basuki (owner Coklat Klasik), Florentia Jeanne Sutanto (Founder sekaligus owner Noonaku Signature) dan Sugeng Handoko (pengembang Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba.

Tidak berhenti di situ, acara dilanjutkan dengan bagi-bagi doorprize. Ada Samsung HP J5 Pro, USB 32 GB, 2 unit jam Xiaomie, powerbank Xiaomi,  7 Hape Evercross , serta 4 unit notebook acer. Bertabur inspirasi bertabur hadiah.

Pesan Inspiratif Alumni WMM


Pada kesempatan talkshow kemarin mba Martalinda atau akrab dipanggil mba Lala menceritakan tentang perjuangannya hingga jatuh bangun dalam membangun brand Coklat Klasik, mulai dari menggadaikan motor teman dengan jaminan orangtuanya  (untuk modal usaha), hingga bankrut dan akhirnya kembali bangun setelah melalui test pasar terhadap produk yang ditawarkannya.  Satu hal penting yang diajarkan mba Lala bahwa seorang entrepreneur bukan hanya berani mengambil resiko tetapi juga harus mempercayai kemampuannya sendiri sebelum meminta orang lain mempercayainya.  Seorang wirausaha harus mempunyai semangat pantang menyerah dan tidak boleh cengeng.

Florentia Noonaku Berbagi Tips Bisnis

Lain mba Lala lain pula mba Florentia.  Wanita cantik berkulit putih ini mengajarkan kita untuk tanggap menangkap peluang pasar dan tidak boleh berhenti berusaha dan berdoa.  Menurut dia kunci sukses seorang pengusaha adalah pada doa dan usaha.  Dia mengajak para hadirin untuk lebih kreatif dan mengembangkan ide -ide yang inovatif.  Keberhasilannya memproduksi Produk murah yang tidak murahan adalah berkat usaha dan doa yang tak putus.

Apa Kata Sang Juara?

Juwita Pemenang WMM 2018 Kategori Non Mahasiswa Bidang perdagangan, Industri dan Jasa mengungkapkan rasa bahagianya atas penghargaan yang di dapat.  Beliau berharap produknya tidak hanya bisa memberi keuntungan bagi usahanya melainkan bisa memberi manfaat bagi masyarakat.  Bahkan dia tak segan memberikan secara cuma cuma untuk para pelanggannya yang butuh untuk pengobatan.  Mungkin inilah kunci suksesnya.  Sedekah yang membawa Rahmat.

SELAMAT ..

Event ini adalah kesuksesan Universitas Brawijaya sebagai tuan rumah, dan PT. Bank Mandiri Persero sebagai pemrakarsa dan para pendukung acara. Betul-betul sebuah kolaborasi yang sempurna seolah tak ada cacat sedikitpun dalam penyelenggaraan event ini. Cateringnya pun benar-benar memanjakan lidah pengunjung dan tamu VIP.

Kesuksesan event ini tentu menjadi catatan istimewa bagi Bank Mandiri.  Mereka benar-benar sukses menampilkan sebuah rangkaian acara yang megah dan bergengsi.  Kepedulian Bank Mandiri terhadap para pengusaha muda ini diharapkan dapat diikuti oleh BUMN yang lain sebagai bentuk kepedulian terhadap tumbuh kembangnya perekonomian bangsa Indonesia

Selamat kepada para Jawara WMM 2018
Selamat kepada para Finalis
Selamat kepada Universitas Brawijaya
Standing Applaus buat PT. Bank Mandiri Persero


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Total Absen

Pengikut