Sabtu, 08 September 2018

WMM EXPO 2018 Ajang Yang Muda Mandiri Berkarya




Kamis 6 Agustus 2018, bertempat di Mall Olympic Garden Malang, sebuah ajang bakat bergengsi  Wirausaha Muda Mandiri Expo 2018 digelar meriah.  Puluhan anak muda dari penjuru negeri unjuk kebolehan tuk merebut hati pasar.  Berbagai produk mulai teknologi digital, boga, usaha kreatif, perdagangan dan jasa, wirausaha industri serta wirausaha sosial.  Kurang lBebih 90 brand lokal turut serta dalam event yang prakarsai oleh Bank Mandiri, sebagai salah satu upaya untuk mendorong tumbuh kembangnya UKM binaan agar dapat melakukan penetrasi pasar.  Sejumlah produk kreatif inovatif bernuansa millenial seperti Coklat Klasik. kain tenun Samarinda Aemtobe serta sepatu pria merk Men's Republik yang merupakan alumni WMM 2015 kategori produk kreatif, juga ditawarkan.


Komitmen Bank Mandiri Untuk Negeri

Penyelenggaraan WMM Expo 2018 adalah sebuah rangkaian pemberian award Wirausaha Muda Mandiri 2018 sebagai bentuk apresiasi dari Perseroan Mandiri kepada para Mahasiswa, alumni dan masyarakat seperti dituturkan oleh Ibu Theresia Pratiwi Hastari yang tidak lain merupakan Vice President Bank Mandiri.  Melalui event ini Bank Mandiri ingin membuktikan komitmennya dalam membantu mengurangi pengangguran dengan cara membuka lapangan kerja dan UKM baru.
"Melalui WMM Expo ini, Bank mandiri ingin menunjukkan komitmen dalam upaya penciptaan pelaku usaha muda yang kreatif, mampu bersaing, serta dapat menciptakan lapangan kerja baru melalui program yang komprehensif, mulai dari penjaringan pelaku usaha muda potensial, pelatihan pengelolaan usaha, pengenalan metode pemasaran, pengenalan akses pembiayaan serta identifikasi peluang pengembangan usaha" ungkap Theresia
Program Wirausaha Muda Mandiri ini sudah dilakukan sejak tahun 2007, total sudah tercetak 36.000 wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh nusantara.  Sedangkan untuk tahun ini  sebanyak 70 wirausaha muda terpilih untuk mengikuti seleksi nasional tanggal 12 September 2018. Komposisi jurinya terdiri dari perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi, media dan  Bank Mandiri. Tahun ini pihak penyelenggara berharap event ini akan dikunjungi oleh 10000 pengunjung dengan target penjualan mencapai 1  milliar rupiah.

Apa Yang Didapat oleh Peserta?

Lewat informasi yang saya dapat, acara ini akan berlangsung hingga 9 September 2018 dan puncaknya adalah tanggal 15 September di Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang.  Rencananya acara penyerahan hadiah kepada para pemenang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Nantinya semua pemenang akan mendapatkan uang pembinaan, pendampingan dan berbagai kemudahan dalam mengakses produk Bank Mandiri dengan nilai dan kondisi bervariasi sesuai kebutuhan.  Bukan itu saja, pihak Perseroan juga akan berupaya melindungi Hak Kekayaan Intelektual dari para finalis.

Ada Apa Aja di WMM EXPO 2018?



Saat mengunjungi WMM Expo kemarin saya sempat bincang-bincang dengan beberapa finalis dan alumni WMM.  Sebenarnya konsep yang mereka angkat simple dan aplikatif.  Rata - rata para finalis memanfaatkan sumber daya alam dan kearifan lokal, salah satunya adalah stand Cilota yang digagas Komang mahasiswa Universitas Udayana.  Anak muda ini berusaha memanfaatkan limbah daun lontar yang banyak terdapat di Bali dan CD bekas untuk membuat boneka cilota yang bisa berfungsi sebagai jam dinding.  Ada juga kerajinan dari simping berbentuk tempat koran dan kap lampu yang cantik. Buat yang merencanakan pernikahan, ada salah satu stand yang bisa kamu masukkan dalam list, nama pesertanya Ray dari Bekasi. Nama akun instagram @ravy26house


Beberapa stand yang membuat saya tertarik adalah wirausaha teknologi digital.  Kategori ini bisa dikatakan memiliki point tersendiri karena pas pada masanya. Mengapa saya katakan demikian?  Sebab zaman sekarang masyarakat lebih suka belanja online dan memanfaatkan fasilitas online.  Tidak perlu naik taksi untuk belanja barang, mau tunai atau kredit juga bisa. Mau yang tanpa riba tanpa sita juga ada.  Nah ini yang saya sebutkan terakhir adalah aplikasi yang lagi booming dan dicari orang.  Terutama mereka yang ingin punya barang dengan pembayaran ala cicilan tanpa harus takut dosa karna riba.  Kelebihan ini ditawarkan oleh bothnya mas Salman dari Syarq.
Selain Syarq ada juga aplikasi Zendmoney, kalau butuh asisten keuangan ada Halofina  keren kan? sesuai kebutuhan masyarakat kekinian. jadi bukan cuma google aja yang bisa kasi asisten loh. Semua aplikasi ini cucok untuk para ibu dan ayah, nah kalau buat anak-anak ada aplikasi DigiBook dan OwlMagz yang bisa menjadi solusi buat anak-anak yang malas baca buku.  Hanya dengan membeli 1 buah DigiBook Mom dan Dad bisa bikin buah hati tambah rajin baca buku.  Aplikasi ini menjadikan kegiatan membaca tidak membosankan karna gambar di dalamnya bisa bergerak dengan memindainya menggunakan gawai kita.

Lumut

Bibit Kentang G0

Event ini cocok juga dihadiri para petani karena di salahsatu boothnya seorang peserta menampilkan bibit kentang G0 yang konon katanya jika ditanam akan menghasilkan produksi yang tinggi dan unggul.  Selain kentang ada juga golden berry, buah meja hidangan para Sultan yang menurut hasil penelitian sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.  Tahukah kamu, golden berry di indonesia dikenal dengan nama ciplukan.  Jenisnya bermacam-macam, namun yang banyak tumbuh di indonesia adalah ciplukan hijau dengan ukuran buah kecil.  Sementara yang ditampilkan di event ini adalah ciplukan impor yang dikembangkan di Jawa Barat dan memiliki nilai jual sangat tinggi.  Harganya bisa mencapai  250 - 300 ribu rupiah per kilogramnya. Sedangkan buat kamu yang ingin tampil cantik bisa mencoba aneka produk dari Saesha Group,yaitu produsen produk kecantikan alami. Bahkan karena alaminya maskernya bisa dibuat minuman loh.. Keren kan?

Produk Perawatan Wajah
Selain teknologi, perdagangan dan jasa, usaha kreatif, ada juga wirausaha yang bergerak di bidang industri garmen, salah satunya adalah ammarkids  yang menampilkan tidak sekedar pakaian anak namun juga memasukkan unsur edukasi di dalamnya, bahkan kemasan pembungkusnya dapat difungsikan sebagai tempat pinsil loh.   Banyak sekali hal yang bisa kita lihat di wmm expo ini.  Kalau lelah keliling kita bisa mampir di salahsatu stand boga misalnya Coklat Klasik finalis dari kota Malang, atau ke KebabKebudd yang merupakan alumni WMM 2015, sekalian buat pecinta coklat bisa beli oleh-oleh di denu Coklat.


Di bidang sosial juga ada stand yang menampilkan aneka karya dari siswa SLB.  Semua produknya bagus bagus.  Kita bisa belanja sambil berinfaq.
Selain menampilkan produk UKM, event ini juga dikemas dalam bentuk  talkshow dengan pembicara beberapa alumni WMM tahun tahun sebelumnya, di antaranya Florentia J. Sutanto Pemilik merek fesyen noonaku Signature dan Odi Anindito Pengusaha Kuliner Coffee Toffee ( Alumni WMM 2011)

Pengunjung Yuk Ikut Photo Competition

Pssstt.. 
Ada berita gembira! Sebagai pengunjung kita bisa punya kesempatan dapat uang tunai juga lohh.  Caranya mudah, :
  1. Datang ke lokasi pameran di Mall Olympic Garden Malang tanggal 6 - 9 September 2018 lalu jepret keseruan acara 
  2. Follow @JadiMandiri dan @Wrausahamandiri
  3. Tag dan mention @JadiMandiri dan @WrausahaMandiri pada caption photo
  4. Beri tagar #MudaMandiriBerkarya
Hadiahnya keren lohh.. info lebih lanjut klik bit.ly/wmmexpo



3 komentar:

  1. Boneka lumutnya kok lucu. Standnya di sebelah mana itu, Mbak, kemarin gak lihat😭😭

    Anak-anak jaman sekarang ya masih kuliah sudah pinter nyari duit😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget kreatif..tapi memang sudah masuk kurikulum kok wirausaha itu jadi mau ngga mau mereka harus pelajari

      Hapus
  2. itu di lantai 3 dekat yang jual sosis jumbo mba

    BalasHapus

Total Absen

Pengikut