Kamis, 01 Agustus 2013

DAUN SIRSAK DAN KANKER YANG MENYERANGKU


"Ibu harus menjalankan kemoterapi, karena pengobatan yang sudah dijalani tak mampu memberi banyak perkembangan.  Maaf Bu, saya harus mengatakan kalau mola ibu tergolong kanker ganas", ucap dr. Gregorios .  Perkataan dr.Gregorios saat itu membuatku terhenyak.  Aku memahami kanker sebagai suatu penyakit yang mematikan, momok yang menakutkan terutama bagi kaum wanita.  tak pernah kubayangkan kehamilanku akan berubah menjadi kanker ganas.
           Mendengar kata kanker ganas dan kemoterapi membuat duniaku serasa runtuh saat itu.  Aku membayangkan rambutku akan rontok, tubuhku kurus, dan ajal mengintipku di depan mataku.  Sementara suamiku tak bisa berada di sampingku untuk menguatkanku karena harus bekerja di luar kota.  Artinya aku harus bolak-balik sidoarjo-surabaya untuk menjalani kemoterapi, sambil membawa kedua anakku.  Apa memungkinkan bagiku berjalan membawa dua anak kecil dengan angkutan umum, sementara efek kemoterapi membuat perutku mual dan tubuhku lemah?  Berapa juta harus kuhabiskan untuk biaya kemoterapi?  Darimana aku mendapatkan biaya itu?  Dengan tertunduk lesu aku pun pulang ke kotaku.  Seperti biasa, bila sedang banyak pikiran tanganku suka memetiki rumput dan tanaman yang ada di dekatku.  Tanaman yang malang dan menjadi korbanku saat itu adalah sirsak.  Kupetik sehelai daunnya dan kugulung, tiba-tiba aku ingat khasiat daun sirsak yang memiliki zat anti kanker.  Seolah mendapat suntikan semangat baru, aku memutuskan untuk mencoba terapi dengan daun sirsak.  Dosis yang kugunakan adalah 10 lembar daun yang direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas.
               Satu bulan kemudian aku melakukan pemeriksaan lab dan USG kembali dan hasilnya semua menunjukkan hasil yang baik dan normal.  Terima kasih Ya Allah Kau beri aku penyembuhan lewat daun sirsak yang ajaib.

SIRSAK 
 Tanaman sirsak yang masih kecil
         Tanaman sirsak (Annona muricata L) adalah tanaman yang berasal dari Meksiko.  Tanaman ini masuk ke Indonesia sejak masa penjajahan Belanda dan merupakan tanaman tahunan yang bisa bertahan sampai umur 20 tahun. Ketinggian pohon mencapai  6 meter. Pada setiap tanaman buahnya hanya mencapai 10 buah saja.   
 Buah sirsak yang kaya manfaat
          Buah berwarna hijau dengan permukaan berduri  dan berbintik hitam.  Daging buahnya berwarna putih dengan biji yang berwarna hitam.  Daunnya merupakan daun majemuk dengan permukaan daun yang licin.
         Buah yang kaya manfaat ini memiliki kandungan Saponin, flavonoid, alkaloid, tanin, glikosida, glikosida antrakuinon, dan steroid atau triterpenoid. Selain air dan karbohidrat, sirsak juga kaya vitamin C yang akan bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagai buah yang kaya serat, sirsak juga akan memberikan manfaat menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu sirsak juga kaya akan mineral, diantaranya fosfor, kalium, natrium, dan kalium.

            Manfaat sirsak bagi kesehatan tubuh antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi asam urat, hipertensi, osteoporosis, melancarkan pencernaan makanan, penuaan dini, dan menyembuhkan wasir. Bagian lain selain buah juga memberi manfaat, misalnya daun sirsak yang digunakan sebagai obat sakit pinggang dan bisul. Temuan yang paling populer adalah manfaat daun sirsak sebagai obat kanker.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Absen

Pengikut