Selasa, 08 Januari 2019

Menguak Manfaat Baik Choipan Asal Pontianak

Siapa yang suka makan chinesfood?
Loh banyak amat yang ngacung?

Tidak heran sih kalau banyak orang gandrung sama chinesfood termasuk saya.  Tapi apa kamu yakin makanan tersebut halal dan thoyib?  Sebagai umat muslim kita diajarkan untuk teliti sebelum membeli, termasuk saat membeli aneka menu khas China, terutama yang namanya diawali dengan "bak".  Bak dalam bahasa china mengandung arti 'babi'. 
Seiring pertumbuhan kuliner, banyak pengusaha yang menerapkan prinsip "ATM" (amati, tiru dan modifikasi).  Hal ini juga berlaku untuk menu-menu chinesfood. Tidak sedikit menu yang berawalan kata 'bak' namun halal.  Salah satu contohnya adalah Bakwan, dan bakpia.  Dahulu sebagian besar kulit bakpia menggunakan Lard (lemak babi).  Tapi kini kita bisa menjumpai banyak produk bakpia yang sudah mendapat sertifikasi halal (harusnya namanya berganti "pia").

Nah sobat blogger tersayang pecinta chinesfood, saya mau tanya nih..
Apa sih chinesfood halal favoritmu?
Kamu pernah dengar Chai Kwe/ Choipan?  

Choipan Malang, Halal dan Menyehatkan


Choipan adalah menu buatan masyarakat Pontianak peranakan china.  Ceritanya nih kami suatu hari jalan-jalan ke sebuah pameran wisata halal di kota Malang.  Kami tertarik di salah satu stand yang cukup ramai pengunjung.  Sepertinya mereka jual dimsum.  Saat kami dekati ternyata memang sejenis dimsum meski kami belum pernah nyoba sebelumnya.
Tulisan di bannernya sih choipan.  Saat itu kebetulan kami kehabisan sehingga tidak bisa mencicipinya.  Baiklahh.. mungkin kami tidak berjodoh.

Sesampainya di rumah, kami penasaran untuk mencari tau apa itu choipan? Kenapa kami tidak menjumpainya di restoran cina langganan kami.  Wah jadi tambah terbayang-bayang.  Pesen yuk? 
Karena penjualnya berniqob saya semakin mantap untuk mencoba, karena pasti halal!  Akhirnya kami pesan jugaaa ke dapur ponty


Choipan Bengkoang dan Choipan Kucai

Yeeee.. choipan pesanan kami datang juga akhirnya.  Kulitnya lembut seperti kulit hakau hanya saja tidak transparan.  Bentuknya seperti bulan separuh, di atasnya terdapat bawangputih goreng.  Sausnya encer seperti saus cakwe. Nyam-nyam-nyam...


Saat sendok saya menyibak kulitnya ternyata isinya adalah udang rebon dan bengkoang.  Sedangkan  bungkusan satunya berisi kucai yeeeeeey.  Saya suka banget kucai.  Tanaman sejenis lily ini punya aroma yang cukup kuat seperti bawang.  Daunnya pipih dan panjang.  Wah, sehat banget menu ini.

Kucai dan bengkoang merupakan hasil alam yang tinggi manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia, di antaranya:

Manfaat Kucai Untuk Tubuh

Daun kucai memiliki kandungan zat Allicin yang cukup tinggi.  Bahkan hasil penelitian The Journal of Alternatif and Complimentary Medicine tahun 2001, mengkonsumsi 12,5 mg sehari mampu menurunkan resiko terkena kanker paru hingga 40%.  Selain itu, kucai juga diyakini memiliki manfaat sebagai berikut:
  1. Kucai bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata
  2. Memelihara agar jantung selalu sehat
  3. Membunuh bakteri dan kuman
  4. Meningkatkan imunitas
  5. Mengobati gangguan pencernaan
  6. Menjaga kesehatan tulang
Ternyata banyak ya manfaat kucai?  Nah kalau kucainya disajikan sebagai isian choipan wo o ow... bukan cuma sehat bergizi tapi juga nom..nom..nom.

Choipan Bisa Bikin Cantik

Wanita mana sih ngga pengen cantik? Semua tentu ingin cantik alami.  Tapi gimana ya caranya?  Bener ngga sih makan choipan bisa bikin cantik?  Yuuk ah kita analisa.
  • Apa isian choipan? 
          Jawabnya adalah Bengkoang!
  • Apa Manfaat Bengkoang?
Bengkoang adalah tanaman jenis umbi-umbian yang banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk kecantikan dan pemutih kulit.  Konon menurut hasil penelitian berbagai perusahaan kosmetik, bengkoang mampu mencerahkan kulit wajah, menyegarkan, menyehatkan, mencegah penuaan dini, menghilangkan flek dan bintik hitam, serta mengurangi produksi minyak berlebih.

Nahkan,banyak banget manfaat bengkoang untuk kecantikan. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam bengkoang juga baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan dari dalam. Jadiii...kalau kita rutin makan choipan yang isi bengkoang akan membuat kesehatan kulit tetap terjaga.

5 komentar:

  1. Waahh baru dengar nih kudapan Choipan isi Bengkoang dan Kucai. Lihat penampakan dan ulasan mb kayak enak nih. Berapa harga 1 porsinya mba?

    Keren pisan ya manfaat Bengkoang dan Daun Kucai. Makasih infonya mba... Bermanfaat banget...

    BalasHapus
  2. Ternyata bengkoang banyak manfaatnya ya

    BalasHapus

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Total Absen

Pengikut