Rabu, 16 Januari 2019

Dekofie, Cara Baru Menikmati Nikmatnya Kopi

Manfaat Baik Kopi

Siapa yang suka kopi?
Sayaaaa.............dan kamu kan?
Kopi itu pahit, tapi memberikan kenikmatan seperti hidup ini, yang kadangkala pahit namun terasa manis karena kamu selalu ada di sisi.  
Dahulu kopi menjadi salah satu komoditi yang dilarang keberadaaanya di kota London dan ditentang oleh gerakan perempuan, namun hal itu tidak berlangsung lama. Terlebih lagi setelah diketemukan sebuah hasil penelitian manfaat baik kopi bagi tubuh.  Tapi kamu tahu tidak darimana asal tanaman kopi dan manfaatnya bagi tubuh?
Kopi merupakan komoditi perkebunan yang ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang penggembala kambing bernama Khalid.  Waktu itu Khalid merasa aneh melihat kambing-kambingnya mampu terjaga dalam waktu lama setelah memakan sejenis biji-bijian yang akhirnya dikenal dengan nama kopi.  Kemudian dia mengolahnya menjadi minuman yang nikmat dan menyegarkan.  Kenikmatan kopi membuat namanya mudah sekali viral dan akhirnya menjadi buruan para saudagar.

Awalnya orang menikmati kopi tidak dengan bentuk bubuk seperti saat ini, melainkan dengan merebus daun dan biji kopinya.  Seiring perkembangannya banyak masyarakat yang akhirnya mengolahnya menjadi bubuk kopi.  Berita tentang nikmatnya kopi tersebar begitu cepat hingga ke negara-negara lain, bahkan mendorong seorang ilmuwan kedokteran Islam Ibnu Sina untuk melakukan sebuah penelitian tentang manfaat kopi bagi kesehatan (tahun 930 - 1037).  Ibnu Sina menemukan bahwa biji yang dikenal dengan nama bun (kopi) mampu menyembuhkan penyakit perut.
Berita tentang manfaat kopi bagi kesehatan dan kenikmatannya terus saja menyebar.  Pada zaman kekhalifahan Turki Ustmani, minuman kopi selalu menjadi sajian istimewa di setiap perayaan.


Menurut hasil penelitian American Association for Cancer Research Frontiers 2009, minuman kopi dapat menekan resiko terkena kanker prostat hingga 60 %.  Kopi juga diketahui sebagai minuman penambah energi yang mampu meningkatkan kesuburan, mencegah penuaan dini dan kebotakan, serta menekan resiko terkena serangan stroke.
Wow, baru tau kan kamu?  Ternyata banyak sekali manfaat kopi untuk kesehatan.  Nah itulah sebabnya saya suka sekali ngopi saat dikejar deadline, saat traveling dan saat santai sore bersama teman-teman.

Budaya Ngopi Masyarakat Indonesia

Kopi masuk ke Indonesia di zaman penjajahan Belanda, Saat itu  Gubernur Belanda di Batavia mendapat kiriman kopi dari seorang Gubernur Belanda di Malabar di tahun 1696. Namun kiriman tersebut hilang tersapu banjir.  Akhirnya dilakukan pengiriman kedua tahun 1699. Sejak tahun 1725 - 1780 VOC berhasil memonopoli perdagangan kopi.  Harga jual kopi sangat tinggi.  Hanya kalangan tertentu saja yang bisa "ngopi".  Memasuki abad ke 18 harga kopi mengalami penurunan jauh sehingga kopi bisa dinikmati dan dikenal oleh masyarakat bawah.
Budaya ngopi di indonesia ini sebenarnya sudah berlangsung cukup lama.  Masyarakat kelas bawah yang tidak mampu membeli kopi menikmati kopi dengan cara yang berbeda.  Ada yang dengan membuat kopi dari jagung, ada yang merebus daun kopi dsb.  Pada awalnya budaya ngopi ini sendiri berasal dari kebiasaan masyarakat yang sering kumpul dan bersosial.  Saat itu mereka ditemani dengan segelas kopi yang memberi kehangatan.
Di pulau Jawa kopi bukan hanya sekedar minuman, namun juga media untuk mendekatkan diri kepada sang leluhur.  Makanya jangan heran kalau menemukan kopi di tengah sesajen.  Seiring berkembangnya zaman, budaya ngopipun berkembang. Kedai dan warung kopi mulai bermunculan.  Kopi bukan lagi milik bapak dan mbah.  Anak muda pun mulai mengenal kopi dan memenuhi cafe-cafe yang ada.
Saya sendiri mengenal kopi sejak kecil karena tradisi orang Jawa yang memberikan sesendok kopi pada anak bayi nya agar tidak kejang (katanya). Kopi menjadi minuman wajib di pagi hari walau hanya satu sruput.  Hoby traveling saya juga membuat saya selalu sedia kopi di tas, terutama buat doping sopir kesayangan saya yang mudah ngantuk.  Tapi terkadang repot juga kalau seduh seduh kopi di jalan dan sepertinya kerepotan ini ditangkap oleh para pengusaha makanan dengan melahirkan produk olahan kopi yang praktis salah satunya permen kopi, selai kopi dan coklat kopi.

Dekofie, Hadir di Kota Malang Untuk Kamu Yang Aktif

Nah bicara soal olahan kopi, saya beberapa waktu lalu ketemu dengan seorang teman yang mengenalkan saya dengan salah satu produk olahan kopi berbentuk selai dan coklat.  Produk ini dibuat di kota Malang Jawa Timur.  
"Cobain deh mba!" kata teman saya.  Awalnya agak gimana-gimana gitu.  Soalnya belum pernah menikmati kopi dengan cara dicocol. Tau sendirikan rasa kopi yang dilarutkan itu pahit, apalagi pekat begitu.  Tapi ternyata saat saya coba rasanya unik.  Masih ada rasa kopi yang kuat namun cukup ramah di lidah saya yang suka kopi. 
Konon produk ini menggunakan kopi jenis robusta asal Malang dan semua bahan bakunya telah mengantongi sertifikasi halal.  So kamu ngga usah khawatir yaa.


Kemasan Yang Cantik 

Produk berlabel deKofie ini dikemas dengan apik.  Botol kaca yang kuat dengan tutup berwarna emas membuat selai di dalamnya aman. Uniknya produk ini juga disajikan dalam bentuk kemasan gelas bergagang yang mungil dengan hiasan pita sehingga cocok banget buat souvenir.
Sedangkan  coklat kopinya memiliki tekstur lebih padat dan pekat. Kemasannya juga tak kalah menarik. Bagi pecinta kopi kaya saya, rasanya cukup otentik dan unik. Pahit tapi tidak banget.  Satu botol berisi 220 gram.

Dekofie ini hadir sepertinya untuk memenuhi kebutuhan kamu yang aktif tapi ngga suka ribet.  Tidak perlu bawa termos di perjalanan, cukup bawa coklat kopi deKofie untuk halau virus ngantuk.  Terutama buat pak sopir saya tersayang, saya ngga harus kena omel karna kopi panas numpahin pahanya..cukup suap sepotong coklat kopi, ngantuk pun pergi jauh.  Hehehe..cara baru menikmati nikmatnya kopi


Multi Manfaat

Selai kopi selain buat oles-oles roti bisa juga kamu jadikan pengisi cemilan favoritmu seperti mantau, bakpau, colenak, atau bisa juga buat brownis loh.  Rasa cemilan favoritmu dijamin rich.  Selain itu secara tidak langsung kamu telah melakukan upaya untuk meminimalkan resiko terkena kanker, diabetes, stroke dan mencegah penuaan dini loh.


Harga dan Pemesanan

Jadi tertarik pengen nyoba ya? Tapi karna saya juga hanya konsumen, saya hanya bisa referensikan tokonya ke kamu, selanjutnya silakan tanya langsung ya.. Harga satu botolnya 50 K saja untuk selainya, sedangkan coklat kopinya 25 K satu kotak.  Untuk pemesanan bisa kontak ke nomer di bawah ini yaa..

WA Selai dekofie 0811 1719 090 (dyah) , Yuda 0816 1543 7020, Itus 081 359 151 159, Cica 085 755 551 302, atau langsung ke Handrian 085 649 692 740
website www.dekofie.com
www.deepika.id
Facebook : Selai Kopi Dekofie
IG @dekofie.id , @dekofie-deepika, @depika.indonesia @selaidekofie

Produk deKofie ini menurut saya unik dan jarang dijumpai di sentra kopi lainnya, jadi bisa menjadi referensi oleh-oleh kalau kamu berkunjung ke kota Malang. Psstt.. produk ini sudah melanglang ke negeri Jiran loh dan sukses mencuri perhatian para target marketnya. Buat parcel juga cakep..terutama kamu punya kerabat yang hoby banget ngopi.  Kasih aja kado ulangtahun dalam bentuk selai kopi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Total Absen

Pengikut