Kamis, 28 Oktober 2021

Anak Cerewet? Jangan Bingung, Yuk Pupuk Potensinya Menjadi Public Speaker Bersama Kreasaid

  " Mas! Kamu kok selalu berantakan!"

" Mas Farhan ini tidur aja kerjanya, bangun sana mandi"

Setiap hari kalimat ini terlontar dari anak tengah. Tentu saja sang kakak menjadi bete dan akhirnya terjadilah adu kekuasaan. Haduuhhh ...mamak pening ini tiap hari.  Eits! Jangan pusing ya Bunda kalau ananda ada yang bersikap cerewet seperti si tengah.  Cerewet pada anak pertanda anak itu kritis cerdas, dan punya modal komunikasi, yah meskipun...terkadang bikin cape dan bete yang mendengarnya wkwkwkwk. Nah sebagai orangtua jangan sampai kita mengabaikan potensi istimewanya ini. Apalagi memarahinya.  Baiknya kita mengarahkan potensinya saja menjadi seorang public speaker. 

Apa itu Public Speaking?

Public Speaking terdiri dari 2 kata penyusun, yaitu Public yang artinya masyarakat dan speaking yang artinya berbicara. Jadi public speaking adalah sebuah ilmu komunikasi untuk berbicara di depan umum, di depan orang banyak. Kita bisa menyebutnya seni retorika .

Pengertian Public speaking
Pengertian Public Speaking


Kenapa Harus Belajar Public Speaking?

Kepiawaian dalam berkomunikasi merupakan modal dasar setiap insan untuk memenangkan hati lawan bicara. Artinya ketrampilan ini sangat penting dan akan membantu kerja anak anak kita di masa datang. 

Coba bayangkan kalau anak tidak bisa memilah kata dalam berbicara, apa yang akan terjadi?  Nah seperti yang dialami si tengah dan si sulung, keduanya akan begitu mudah terpancing emosinya. 

Akhirnya kami pun berpikir keras bagaimana mencari solusi masalah ini tanpa mematikan potensi dasarnya. Kebetulan pas stalking di FB, terlihat sebuah postingan iklan Kreasa.id.  Awalnya kami pikir itu berisi resep-resep dan kelas memasak. Tapi rupanya kami salah๐Ÿ˜….

Kreasa.id adalah sebuah platform pembelajaran yang salah satu produknya adalah Writing Class dan Public Speaking Class yang dilakukan secara online.

Trial Class Kreasaid

Wow, menarik yaa? Belajar nulis dan Public speaking secara daring? Kira-kira bisa ngga ya? Nah Bun, untuk menjawab pertanyaan itu kenapa tidak dicoba aja dulu? Kebetulan saat itu ada tawaran trial Class untuk 2 kelas tersebut. Kami mendapat kesempatan untuk mengikuti kelas public speaking dan kelas menulis secara gratis untuk si tengah Favian Attar Firdaus (13 th).  

Suasana kelas Public Speaking


Mas Favian adalah seorang anak dengan diagnosa ADHD Hiperaktif. Agak was was juga sebenernya ..apa dia bisa mengikuti kelas. 

Kendala utama pada anak ADHD adalah moody. Pertemuan pertama masih malu malu, dan ada sedikit drama. Yah ini mah kesalahan mamak katanya..kenapa tidak tanya dulu apakah dia mau ikut atau tidak. Baiklah.. kita ikuti maunya yaa.

Rekaman Ulang

Satu jadwal terlewati. Hmm. .bakal ketinggalan materi dong yaa. Kira kira mau ngga dia kalau sudah tertinggal? Nanti pas sesi Q&A dia ngga bisa jawab bahaya nih..dia akan rusak moodnya dan tantrum.


Tenang Bunnn.. di kreasaid enaknya adalah kelas berlangsung menggunakan platform zoom meeting dan direcord. So, siswa bisa mengejar ketertinggalan kelas dengan cara menonton siaran ulangnya. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ asik kan?

Buat anak pemalu kaya mas Favian ini sepertinya lebih nyaman nonton siaran ulang kelas public speaking daripada zoom langsung.

Materi Mudah dan Menarik

Sebenernya gimana sih suasana belajar di public speaking kreasaid? 

Kelas public speaking Kreasaid dimentori oleh kakak cantik Elis Ujiantuti dengan moderator kak Mira.

Materi Public Speaking Hari ke 1
Materi pertemuan ke 1


Di kelas ini anak-anak diajarkan tentang teori-teori dasar untuk menjadi seorang dubber, voice over dsb.

Salah satu teknik yang harus dikuasai oleh seorang public speaking adalah olah vokal dan ini berkaitan erat dengan kemampuan mengatur pernafasan. Materi ini ada di sesi pertemuan ke 3 kelas Public Speaking 

Tips Menjadi dubber


Materi pertemuan ke 3


Ternyata ni Bun, untuk menjadi seorang dubber, bukan hanya menguasai berbagai karakter suara. Meski tidak tampil wajah seorang dubber tetap harus menguasai mimik wajah dan memiliki smiling face. Jadi untuk naskah naskah yang ceria dia pun harus totalitas mengekspresikannya.

Di kelas online kreasaid penyelenggara mampu mengemas suasana kelas menjadi begitu hidup dan menarik. Siswa bukan hanya diajarkan teknik public speaking tapi juga diminta untuk praktek . Menurut kak Elis Ujiantuti kunci sukses seorang public speaker adalah latihan latihan dan banyak latihan.

Wahhh๐Ÿ˜๐Ÿ˜ ..menarik banget ya Bun.. jadi anak cerewet itu bisa menjadi seorang public speaker andal... Caranya gampang, daftarkan saja dia di kelas Public speaking ya kreasaid.


Gimana Cara Menjadi Siswa Kreasaid?

Kreasaid memiliki berbagai program unggulan Bun, ada writing Class, ada kelas tahfidz dan kelas kelas lainnya. Langsung cek ke websitenya disini ya Bun. Kalau mau tanya tanya silakan kepoin IG nya @kreasaid

Ngga usah khawatir soal biaya. Karena menurut saya sih biayanya masih terjangkau loh.. 



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Intellifluence

Intellifluence Trusted Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Part of BloggerHub

Total Absen


Pengikut