Sabtu, 26 Oktober 2019

Klasik dan Jadoel, Dua Daya tarik Utama Hotel Pelangi Malang

"Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi"
Itulah pepatah yang menggambarkan Hotel Pelangi Malang. Hotel yang berlokasi di Jl. Merdeka Selatan Malang ini merupakan salah satu hotel tertua di kota bunga ini. Letaknya yang sangat strategis membuat hotel ini menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Malang. Gaya klasik dan jadoel menjadi magnet utama bagi wisatawan yang bermalam di hotel  berlogo biru  dengan lambang gunung. Nilai sejarah amat kental terasa, terutama jika kita mengamati desain bangunan yang merupakan kombinasi antara Jawa dan kolonial.

Bangunan Hotel Palace Cikal Bakal Hotel Pelangi

Jika umumnya usia membuat pesona memudar, tidak demikian dengan Hotel Pelangi.  Pada usianya yang lebih satu abad, hotel ini tetap tampak terawat dan dipenuhi pengunjung.  Pada dinding-dindingnya kamu bisa mendapati foto-foto yang melukiskan pemandangan di Belanda.  Sementara di beberapa sudut hotel tampak barang-barang bersejarah tertata Rapi.


Dokumentasi Hotel Pelangi

Sejarah Hotel Pelangi

Menurut informasi yang penulis dapat, Bangunan hotel ini awalnya didirikan pada tahun 1860 dengan nama Hotel Lapidoth oleh Abraham Lapidot seorang warga Belanda.  Namun pada tahun 1870 hotel berganti nama menjadi Hotel malang.  Hotel Pelangi sendiri dibangun di atas sebuah lahan pada tahun 1915 beralamat di jl. Aloen-aloen Kidul No.3 ( sekarang Jl. Merdeka Selatan).  Saat itu namanya bukan hotel pelangi, melainkan Hotel Palace.
Pada zaman pendudukan Jepang hotel yang memiliki bentuk bangunan Joglo ini sempat berganti nama menjadi Hotel Assoma, kemudian pada tahun 1945 namanya diganti menjadi Hotel palace kembali.  Baru pada tahun 1953, hotel ini dibeli oleh seorang kontraktor dari kota Banjarmasin bernama H. Sjachran Hoesin dan berganti nama menjadi Hotel Pelangi. Dahulu sebelum berganti nama menjadi Hotel Pelangi, di hotel ini ada buah menara yang hancur pada peristiwa bumi hangus Malang pada tahun 1947.
Hotel yang memiliki desain seperti rumah tinggal ini dilengkapi dengan fasilitas meetingroom, restoran, kolam renang, bussines center, laundry, wifi, AC, layanan kamar dan LED TV.   Pada beberapa jenis kamar dilengkapi dengan bath tube, coffee maker dan kulkas.  All furniture  memiliki kesan klasik dan jadoel.




Ruang Meeting Dengan Fasilitas Lengkap



Tanggal 20 Oktober lalu, kami mengadakan sebuah event seminar di Hall hotel pelangi.  Acara yang diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari masyarakat, tenaga medis dan komunitas pejuang jantung ini berlangsung meriah, lancar dan nyaman karena ditunjang fasilitas yang lengkap.  Sound, mimbar, tata panggung, wireless dan standing mic tersedia di sini. Konsep teater mampu menampung kurang lebih 200 peserta dengan nyaman.  Bertajuk Sayangi Jantung Anak, Hidup Sehat Setiap Hari, kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak.
Tampak Ruangan Sebelum Acara Dimulai 

Ketua IDAI Jatim Hadir Untuk Membuka Acara

Loby Yang Nyaman

Awal memasuki hotel saya membayangkan sebuah loby sederhana yang sempit, ternyata sebaliknya, meski tidak terlalu besar loby hotel pelangi cukup nyaman dengan dilengkapi meja kursi berbagai jenis.  Ada sofa ada juga kursi set berbahan kayu yang klasik.  Para crew hotel menyambut kami dengan ramah dan menyajikan secangkir teh hangat sebagai minuman selamat datang pada setiap tamu yang berkunjung untuk check in.


Pada salah satu sudut loby terdapat sebuat rak yang menampilkan berbagai karya UKM Malang mulai dari makanan ringan hingga produk craft. 

Restoran Bergaya Kolonial Jawa


Salah satu spot yang saya suka dari hotel ini adalah restoran.  Tempatnya adem meski redup cahayanya.  Menu-menu yang disajikan juga cukup terjangkau.  Biasanya jika malam hari ada hiburan musik jadoel yang mengiringi saat bersantai anda.  Nah untuk menu breakfast, menurut saya hotel ini punya taste yang cukup enak untuk lidah lokal yang sensitif seperti saya. Ragamnya cukup banyak mulai  appertizer hingga dessert disediakan saat breakfast.
Salah satu menu kesukaan saya adalah sayur asem dan tempe bacemnya yang endess


Kamar Bergaya Klasik Modern

Bermalam bagai raja dan ratu awalnya rencana yang kami inginkan.  Namun melihat kamar yang cukup luas dan trio F yang tidak mau ditinggal akhirnya kami menikmati kebersamaan di malam minggu dengan bercengkrama di kamar hotel. Kamarnya sangat nyaman dengan luas 30 meter persegi. Di dalam kamar tersebut terdapat kulkas, lemari kayu, kursi, meja, tempat tidur kingbed, coffee maker, serta kamarmandi yang luas dengan tampilan bergaya klasik modern seperti interior kamarnya.

Kamar Yang Bersih Dan Nyaman

Kamar Mandi Yang Luas

Psst.. menurut kami kamar ini cukup nyaman buat bulan madu tapi buat staycation sama keluarga juga asik tinggal tambah extra bed. Buat kamu yang suka selfi jangan lupa untuk bergaya bak raja dan ratu semalam yaa.

Klasik dan Jadoel

Klasik dan jadoel bikin hotel pelangi bagai tua-tua keladi.  Ya, hotel ini memang hotel klasik dan jadoel tapi justru karna klasik dan jadoelnya hotel ini menjadi incaran para wisatawan mancanegara yang ingin bernostalgia.  Bahkan para atlet nasional pun beberapa kali memilih hotel ini sebagai tempat bermalam selama bertanding di kota Malang.  Bagi para alumni HMI hotel ini memiliki kisah sejarah tersendiri.  itulah sebabnya dua tahun lalu hotel ini kami pilih untuk event Uklam-uklam Tahes HMI.  KAHMI dari berbagai daerah di seluruh Indonesia bersama Bapak Akbar Tanjung dan Pak Mahfud MD juga turut hadir dan memeriahkan acara.




Sedangkan bagi kami klasik dan jadoelnya nuansa di hotel ini membuat kami betah dan nyaman. Tentu meskipun demikian kami sebagai customer tetap berharap bahwa Hotel ini selalu menjaga kualitas layanannya terutama untuk melakukan pemeriksaan saluran air, AC dan  fasilitas pendukung lainnya agar tamu selalu puas dan kembali datang.  Terkadang karena usianya sudah cukup tua ada beberapa fasilitas yang perlu dikontrol terus menerus agar tidak mengganggu kenyamanan tinggal.

Lokasi Strategis Di Jantung Kota Malang

Pelangi Hotel Malang, sebuah hotel yang memiliki akses terbaik di pusat kota Malang. Berdiri di gerbang masuk saat malam hari kita bisa menyaksikan kehidupan malam di alun-alun kota yang penuh warna.  Anak-anak kecil, muda-mudi bahkan orangtua menyebar di area alun-alun yang terletak di depan Masjid Jami' Kota Malang ini.  Rangkaian kendaraan hias yang biasa disebut odong-odong memancarkan kerlip lampu yang membuat kendaraan ini terlihat anggun .  Jika kita berjalan lebih jauh lagi dari gerbang kita bisa menikmati wisata belanja di beberapa mall yang ada.  Jika anda termasuk pecinta sinema, tak jauh dari hotel ini terdapat Sarinah 21 dan Mandala 21 yang siap menemani waktu anda.  Mau wisata heritage juga nenak, sebab hotel ini dikelilingi oleh berbagai bangunan dan perkampungan yang disiapkan menjadi salah satu destinasi wisata heritage contohnya adalah Kajoetangan.

Nah setelah kamu membaca ulasan ini kamu pasti penasaran deh.. Kalau gitu langsung aja kontak marketingnya untuk mendapatkan penawaran menarik. Caranya bisa dengan mengunjungi IG hotel pelangi https://www.instagram.com/pelangimalang
☎0341 - 365156


Hotel Pelangi Malang Jl. Merdeka Selatan No.3, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119 (0341) 365156 https://maps.app.goo.gl/TzVixz5t83pEY1X1A

2 komentar:

  1. Hotel pelangi recommended..

    BalasHapus
  2. Mantaaab....betul sayur asem dan bacemnya enak banget, teknisinya siap sedia, minta ini itu langsung disiapkan....keluar hotel langsung alun-alun

    BalasHapus

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Total Absen

Pengikut