Senin, 15 Oktober 2018

Interlac Atasi Sembelit Dengan Aman

"Dokter, Faiz sudah 5 hari belum BAB" tuturku pas kontrol 26 September lalu.  Sebuah ungkapan rasa khawatir seorang ibu pada bayi mungilnya yang mengidap penyakit jantung bawaan dengan kelainan CAVSD PDA dan Down Syndrom.  Padahal  tanggal 28 saya harus ke Surabaya untuk menghadiri sebuah event Mom&Baby Fair di Pakuwon Mall bersama Interlac sebuah produk dari PT.Interbat.


Sembelit yang dialami bayi tentu sama tidak nyamannya dengan yang dialami orang dewasa, terlebih lagi untuk pasien dengan kelainan jantung sangat berbahaya jika sering mengejan.  Saya pribadi juga heran kenapa bayi usia 9 bulan yang makannya buah dan sayur bisa terkena sembelit.  Padahal semua obat sudah diberikan secara rutin. 

" Bagaimana obat tiroidnya, udah kamu kasih belum?" . dokter cantik yang selalu menebar senyum bertanya santai pada saya layaknya seorang teman. Beliau paham benar kalau saya sering kali lupa memberi obat kepada baby Faiz.  Tapi kali ini beneran saya tidak lupa. Semua obat sudah saya berikan. Melihat kondisinya yang tidak fit saya berencana untuk membatalkan acara ke Surabaya, terlebih suhu tubuhnya juga agak hangat.  Namun sang ayah rupanya berharap jagoannya bisa ke Surabaya untuk bertemu dengannya.  Akhirnya dengan Bismillah kami berangkat bertiga. 
Kami sengaja mencari hotel dekat Pakuwon agar tidak terlambat sampai ke lokasi acara. Pemesanan kami lakukan secara online menggunakan salahsatu jasa travel online terpercaya.  Alasan kami adalah untuk lebih mudah dan hemat waktu. Bukan itu saja, pemesanan via online umumnya lebih murah dibanding kita beli walk in. Tak jauh dari Pakuwon terdapat Whiz Prime Hotel, tepatnya di Jl. Darmo Harapan I Tanjungsari Sukomanunggal.  Hotel bintang 3 ini ratenya cukup terjangkau dan fasilitas kamarnya lumayan. Ada bathtub, wifi, coffe maker, wifi, TV LED,AC , fasilitas air panas dan air dingin. 

Setelah meletakkan barang-barang di hotel, perjalanan kami lanjutkan ke Pakuwon Mall.  Mall ini merupakan mall yang sangat luas dan fasilitasnya cukup lux.  Rata-rata pengunjungnya adalah golongan menengah ke atas dan generasi millenial.  Karena sudah masuk waktu maghrib, kami sempatkan diri untuk sholat maghrib dulu sebelum lanjut ke atrium epicentrum lokasi dimana acara dihelad.  Lokasi mushola terletak di PA8, cukup bersih dan nyaman.

Mom & Baby Fair

Sesampainya di epicentrum atrium suasana terlihat tampak meriah dan ramai oleh pengunjung.  Rupanya event ini sudah berlangsung sejak siang tadi.  Banyak mamah papah muda yang berkunjung untuk belanja kebutuhan bayi mereka di sini.   Ada berbagai stand produk mom and baby disini mulai baju, tas, perlengkapan menyusui, susu, diapers, makanan bayi, suplemen, kosmetik bahkan mainan edukasi.

Suasana di Mom & Baby Fair

dr. Intan menjelaskan tentang pentingnya  Probiotic

Persis di tengah- tengah stand ada sebuah lokasi tempat diselenggarakannya talkshow Mengenal fakta dan Cara Penanganan Sembelit Pada Anak.  Narasumbernya dr.Intan Diana Sari. Pas banget sama kebutuhan Faiz saat itu yang sedang sembelit.  Tanpa ragu aku dan suami pun ambil kursi untuk mengikuti materi tersebut.  Malam itu dokter Intan didampingi oleh Pak Nurhadi dari PT.Interbat.



Apa sih Sembelit Itu?

Sembelit atau konstipasi adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan buang air besar yang disebabkan tertahannya feses dalam usus besar dengan frekuensi dan konsistensi tertentu.  Kondisi ini bisa dialami bayi dan anak- anak.



Tanda-tandanya Apa?

Sembelit ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:
  • Teksturnya keras
  • Frekuensinya berkurang kalau biasanya tiap hari jadi tidak tiap hari
  • Anak mengeluh perutnya tidak enak
  • Anak menjadi rewel
  • kalau pada bayi biasaya bayi enggan minum dan makan
Ternyata tanda-tandanya
sama dengan sembelit pada orang dewasa..bedanya kalau orang dewasa tidak nangis seperti bayi yaa. Sembelit pada orang dewasa biasanya disebabkan kurangnya asupan serat dan cairan.  Tapi kalau pada bayi yang masih minum ASI saja apa ya sebabnya?


Penyebab Sembelit Pada Bayi

Menurut dokter Intan, sembelit pada bayi disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah :
  • Efek trauma
  • Terjadinya perubahan pola makan
  • Penggantian susu formula
  • Kurangnya cairan
  • Kurangnya aktivitas gerak
  • Adanya kondisi medis lain
Saya pun berbincang sedikit dengan dr. Intan pada sesi tanya jawab berkaitan kondisi Baby Faiz yang sudah 5 hari belum BAB. Menurut beliau sebelum melakukan tindakan pengobatan sebaiknya kita mencari tahu dulu penyebabnya.  Pada baby faiz, kemungkinan sembelitnya disebabkan kurangnya gerak dan adanya  kondisi medis lain seperti gangguan kesehatan yang dialaminya.
Sedih ngga sih kalau lihat buah hati kita meringis sakit saaat buang air besar?  Kita bisa langsung minum jus dan makan sayur sebanyak-banyaknya terutama daun singkong dan pepaya.  Tapi kalau Faiz?  Apa yang harus kita lakukan sebagai seorang ibu?

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Bayi adalah sosok yang masih rentan dan rapuh sehingga pengobatan apapun harus dipertimbangkan baik buruknya lebih dulu.  Umumnya pada bayi normal sembelit bisa diatasi dengan cara sebagai berikut:
  • Memberikan rangsangan menggunakan obat Suppositoria (obat yang dimasukkan ke dalam anus)
  • Menjaga asupan cairannya
  • Lakukan pijat pada perut bayi dengan gerakan tertentu (tanya mbah google aja gerakannya)
  • Beri makanan yang mengandung komposisi serat dan buah lebih banyak
  • Ajari toilet training
  • Berikan probiotik
Nah bicara soal probiotik dokter Intan sempat berbincang pada audience tentang tips memilih probiotik, namun sebelumnya apa sih probiotik itu? Teman-teman udah tau belum?
Probiotik sebenarnya adalah mikroorganisme hidup yang mampu menjaga kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup tidak berlebihan.  Melalui hasil penelitian didapatkan bahwa  bakteri yang memenuhi syarat untuk digunakan sebagai probiotik adalah  Lactobacillus dan Bifidobacterium (WHO,2002).  Lactobacillus pun macam-macam jenisnya salah satunya adalah Lactobacillus reuteri yang diproduksi oleh BioGaia sebuah perusahaan asal Swedia yang berdiri tahun 1990.

Perbedaan Probiotik dengan Prebiotik

Ada probiotik, ada prebiotik, dimanakah perbedaannya?
Probiotik adalah bakteri baik yang dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh jika diberikan dengan jumlah yang adequat, sedangkan prebiotik adalah berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh bakteri baik di dalam tubuh kita untuk bisa hidup.  Hubungan keduanya disebut dengan Sinbiotik.

Apakah Setiap bakteri dapat berfungsi sebagai probiotik?

Tidak semua bakteri dapat berfungsi sebagai probitik. Ada 7 syarat utama untuk bisa digunakan sebagai probiotik
  1. Bakteri yang digunakan harus berasal dari manusia
  2. Tidak bersifat patogen
  3. Tahan terdapat asam lambung dan cairan empedu
  4. Bakteri tersebut mampu menempel pada dinding usus
  5. menghasilkan zat anti mikroba dan meningkatkan sistem imunitas tubuh
  6. tahan terhadap proses produksi dalam pembuatan sediaan
  7. Secara Genetik Stabil

Interlac Atasi Sembelit Dengan Aman dan Cocok Untuk Segala Usia

Pada talkshow tersebut Pak Mohammad Nurhadi mengenalkan Interlac, salah satu produk probiotik yang dipasarkan oleh PT. Interbat.  Produk ini merupakan produk impor buatan BioGaia sebuah perusahaan yang dikenal sebagai World Leader in Probiotic.  Produk Interlac merupakan satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus reuteri Protecsis, yaitu probiotik yang telah diteliti oleh banyak peneliti di dunia dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis aman untuk segala usia.

Menurut dokter Intan, Interlac adalah produk yang paling aman dibanding produk lainnya sebab formulasi Interlac tidak mengandung lactose jadi aman buat bayi yang baru lahir pun bayi yang alergi lactose.  Produk ini juga cocok banget untuk mengatasi sembelit pada bayi.  Oleh karena itu produk ini menjadi referensi para dokter di lebih dari 90 negara di dunia.  Bahkan nih produk ini digunakan langsung di unit NICU  rumah sakit untuk terapi bayi prematur.

Produk Interlac@ juga aman untuk mengatasi sembelit.  Cara kerjanya alami karna dia merangsang gerak peristaltik usus sehingga BAB bisa lancar tanpa melilit.  Produk ini aman untuk segala usia dan tersedia dalam bentuk drops, bubuk, maupun tablet kunyah rasa buah.

Wah..saya penasaran banget pengen nyoba membuktikan apakah benar Interlac seampuh itu? Sesampainya di hotel saya langsung berikan 5 tetes interlac drops buat Baby Faiz.  Kelihatannya faiz suka banget tanpa melakukan perlawanan.  Sepertinya rasanya enak.  Sedangkan sang Kakak Vian dan Farhan juga suka dengan Interlac tablet kunyah.  
Saya sebenarnya paling males muji produk kaya tukang obat yang selalu bilang obatnya paling ampuh, tapi jujur tidak lama setelah pemberian interlac drops Baby Faiz bisa BAB tanpa menjerit kesakitan.  Kian hari pun staminanya semakin baik.

Setelah Konsumsi interlac drops

Berapa Kali Pemberiannya?

Seperti layaknya suplemen lainnya, interlac pun baiknya diberikan malam hari dan cukup satu kali sehari 5 tetes untuk bayi, sedangkan untuk tablet kunyah juga bisa dikonsumsi di saat menjelang tidur 1 x sehari.

Dimana Bisa Mendapatkan Produk Interlac?

Produk ini bisa didapatkan  lewat pemesanan online di www.interlac-probiotic.com atau bisa juga ke toko-toko sebagai berikut: Guardian, Viva health, baby shop.  Beli online via JD.ID, Orami, atau Mothercare.co.id.
Atau bisa juga langsung intip Facebooknya ya.
FB Interlacprobiotic
IG @Interlacprobiotics
Bisa tanya tanya via inbok officialnya langsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Total Absen

Pengikut