Rabu, 17 Oktober 2018

Cegah Penyakit Kuning Dengan Temulawak


Apa kah Penyakit Kuning?

Penyakit kuning adalah sebuah gangguan kesehatan yang banyak terjadi pada bayi baru lahir.  Penyebabnya bermacam-macam.  Pada bayi umumnya kuning disebabkan belum sempurnanya fungsi hati,dan kurangnya asupan cairan, atau bisa juga diakibatkan adanya gangguan fungsi organ liver.  Pada bayi penyakit ini ditandai dengan perubahan warna kulit bayi, mata dan angka bilirubin yang cukup tinggi. Sedangkan penyakit kuning yang menyerang orang dewasa biasanya disebabkan karena serangan virus Hepatitis.  Hal ini pernah menimpa suami saya saat beliau masih bekerja sebagai sales motor. Beban kerja yang berat ditambah asupan gizi yang kurang serta kebersihan makanan yang kurang membuat virus mudah masuk ke dalam tubuh. 

Penyakit kuning ditandai dengan menguningnya beberapa bagian tubuh yaitu kulit, mata serta membran mukosa hidung dan mulut yang disebabkan terjadinya penumpukan bilirubin dalam darah serta jaringan tubuh yang lain.  Jika di amati biasanya warna urine berubah menjadi keruh dan coklat seperti teh.  Penderita umumnya akan merasakan lemas dan acap mengantuk.  Jika dibiarkan kondisi ini akan memperburuk fungsi liver dan organ lainnya. 


Gambar pinjam disini

Apa sih bilirubin?

Menurut ilmu faal tubuh yang disebut bilirubin adalah senyawa pigmen  berwarna kuning yang dihasilkan lewat proses pemecahan hemoglobin dalam hati. Bilirubin ini dulunya dikenal dengan sebutan hematoidin.  Pigmen ini tersusun atas senyawa tetrapirol yang larut dalam lemak dari pemecahan gugus enzimatik.  Bilirubin ini sendiri dikenal ada 3, yaitu bilirubin total, direct dan indirec.  Nah karena  saya bukan dokter maka bahasan tidak akan saya perpanjang soal bilirubin ini.  Lebih jelasnya bisa kita baca di berbagai jurnal kesehatan.  Kali ini saya akan bercerita tentang bagaimana pola hidup kami dalam menjaga kesehatan keluarga agar tidak terjangkit penyakit kuning.  Sebelum saya bercerita pengalaman saya merawat suami yang terjangkit penyakit kuning,  saya kan mengajak kamu untuk sedikit lebih jelas mengenal penyakit kuning.
http://www.medbiochemistry.com/bilirubin/

Jenis Penyakit Kuning

Menurut proses terjadinya penyakit kuning dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  1.     Pre-hepatic

Dikatakan pre hepatic jika sel darah merah terlalu cepat terurai dan menyebabkan kadar bilirubin meningkat pesat. Penyebabnya bisa malaria, anemia sel tsabit maupun anemia hemolitik. Jenis penyakit kuning ini dapat menyerang berbagai usia

      2.   Intra – hepatic

Penyakit ini timbul karena hati mengalami kerusakan sehingga terjadi gangguan dalam proses produksi bilirubin.  Peristiwa ini umumnya terjadi karena virus hepatitis dan sirosis.  Biasanya menyerang orang-orang paruh baya.

·     3.      Post – hepatic

Kondisi ini disebabkan karena adanya gangguan di dalam saluran empedu yang menyebabkan pembuangan bilirubin tidak tuntas. Penyebabnya bisa karena  adanya batu empedu, pankreatitis ataupun keberadaan tumor.

Penyakit kuning yang menimpa suami saya disebabkan infeksi virus heptitis A yang umumnya terdapat pada makanan dan lingkungan yang kurang bersih atau bisa juga alat makan yang terpapar virus ( bekas digunakan penderita hepatitis namun kurang bersih mencucinya).  Nah sebagai orang lapang suami sering berhenti di warung pinggir jalan sekedar minum es atau makan gorengan. 

Hari itu wajahnya terlihat lelah dan tubuhnya panas.  Istirahat dan minum obat panas tak mampu redakan sakitnya.  Kian hari tubuhnya kian kuning, kuku dan matanya pun menguning.  Timbul rasa curiga jangan- jangan suami kena penyakit kuning.

Melihat tubuhnya yang kian melemah kami segera berangkat ke rumah sakit.  Anak-anak yang saat itu masih sangat kecil terpaksa saya titipkan tetangga, agar saya bisa bergerak lincah mengurus suami.  Telat sedikit saja suami saya takkan tertolong kata dokter saat itu. Sediih banget dong emak ini.  Saya harus merelakan suami dirawat dokter, sendirian selama kurang lebih 20 hari.  Berbotol-botol cairan infus, obat, dan makanan diberikan tapi kondisi suami tetap saja lemas.  Seorang perawat menghampiri saya dan berbisik,” Bu, kalau hanya mengandalkan obat kimia penyembuhannya akan sulit dan lama.  Ada baiknya ibu bantu dengan temulawak  dan madu.”

Manfaat dan Kandungan Temulawak

Temulawak? Jenis tanaman rimpang ini memang sering diberikan ibu saya saat saya kecil untuk merangsang nafsu makan, tapi buat hepatitis? Sebenarnya apa sih manfaat temulawak?
Profesor Bambang Pujiasmanto seorang dosen Fakultas Pertanian UNS Surakarta menyampaikan kepada KOMPAS bahwa temulawak merupakan tanaman asli Indonesia yang memiliki kandungan minyak atsiri, kurkumin, kamfer, turmerol, glukosida, phellandrene, mycrene, xanthorizol, pati, tolyletycarbinol serta isofuranogermacrenee. Zat-zat ini teruji baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari sakit yang menyerang liver.

Kandungan kurkumin dalam temulawak sangat baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi hati.  Oleh karena itu temulawak bisa digunakan untuk minuman pencegah gangguan hati.  Pendapat ini didukung oleh Dr. Ihsan Hasan ahli hepatologi dari RSCM yang mengatakan bahwa bahwa senyawa kurkumin dalam temulawak bisa melindungi organ hati.

Akhirnya ibu mertua membawakan temulawak dan madu untuk kurebus dan kuberikan pada suamiku.  Tentunya tanpa sepengetahuan dokter.  Dalam 2 hari kondisi suami berangsur membaik dan di hari ke tiga pasca pemberian temulawak, dokter memberikan ijin pulang untuk rawat jalan. alhamdulillah.

Sepulang dari rumah sakit, pemberian ramuan temulawak terus saya berikan. hingga kondisinya benar-benar pulih.  Sejak itu kami selalu menggunakan temulawak untuk menjaga kesehatan tubuh terutama untuk mencegah penyakit kuning.

Herbadrink Sari Temulawak Langkah Praktis Untuk Wanita Aktif


Aktivitas saya sebagai ibu dengan anak ABK sekaligus blogger tentu banyak menyita  waktu dan energi.  Terkadang saking sibuknya saya tidak sempat berangkat ke pasar untuk mencari temulawak segar sebagai bahan membuat sari temulawak.  Padahal kami sekeluarga membutuhkan minuman temulawak setiap hari agar tubuh tidak gampang sakit.  Untunglah ada Herbadrink Sari Temulawak, sesibuk apapun saya, tidak akan menghalangi kami mengkonsumsi temulawak sebagai salah satu gaya hidup sehat.
Kenapa saya memilih herbadrink? Alasan pertama adalah karna praktis dan mudah didapat.  Alasan kedua tidak bikin tenggorokan serik. sedangkan alasan yang ketiga adalah harganya terjangkau.  Rasanya pun nikmat tidak terlalu pahit. Kami sekeluarga cukup terbantu dengan kehadiran herbadrink .  Tidak perlu ribet kupas temulawak dan merebusnya, cukup ambil herbadrink lalu sobek bungkusnya, tuang ke dalam gelas dan beri air hangat ataupun air dingin.  Herbadrink sari temulawak nikmat diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. 
Oh iya, terkadang saya juga mengkreasikannya dengan selasih atau membuat es lilin.  #kebaikanalami #Blogcompetition #herbadrink #KompetisiBlog

6 komentar:

  1. Wah, banyak banget ya manfaat temulawak, ilmu baru nih..... Makasih ya mbak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas. terutama untuk orang-orang aktif perlu banget agar stamina terjaga

      Hapus
  2. kalo ibunya yg lagi hamil minum ini bisa mencegah penyakit kuning jg ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ibu hamil tidak dianjurkan mba

      Hapus
  3. PEnyakit kuning ini mengingatkanku sama kakakku mbak, pengalaman tsb membuatnya bener2 hati2mengkonsumsi apapun, trmasuk tetap mengkonsumsi temulawak, hheee
    Praktis sekali ya mbak Herbadrink temulawaknya, tinggal seduh doang, nggk perlu diiris2 yak hehehe

    BalasHapus

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Total Absen

Pengikut