Selasa, 22 Mei 2018

RSIA Hermina Dalam Wajah Barunya

 Gedung RSU Hermina Tangkuban Perahu
                                                 Gedung Hermina Yang Baru Direnovasi

Transformasi RB Hermina

Ada yang belum pernah dengar RSIA Hermina Tangkuban Perahu?  Bagi warga Malang RSIA Tangkuban Perahu cukup populer sebagai salah satu Rumah Sakit bersalin yang memberikan layanan prima.  Namun konon tarifnya sangat tinggi, sehingga hanya kalangan menengah atas saja yang mampu menjangkaunya.  Biasa sih menurut saya soal harga untuk sebuah layanan dan kepuasan prima.  Istilahnya ada harga ada rupa.

Dulu namanya bukan RSIA tapi Rumah Bersalin, jadi ngga salah dong kalau yang datang kesini hanyalah ibu hamil diantar keluarganya. Tapi dengan berkembangnya layanan RS ini, kini Hermina tampil dengan wajah barunya, dari RB, menjadi RSB, lalu berubah jadi RSIA , dan kini menjadi RSU Hermina.  Gedung yang dulunya sempit kini diperluas dengan adanya tambahan bangunan di sisi kanannya.  Bukan itu saja fasilitasnya pun semakin lengkap. Selain ruang IGD yang semakin luas, alat penunjang medis nya juga cukup lengkap, mushola yang bersih dan terpisah antara lelaki dan perempuan, arena bermain anak, kantin, ruang khusus menyusui,  ruang rehab medik, ICU, laborat, Radiologi, serta ruang tunggu yang nyaman.

Transformasi ini sendiri dilatar belakangi oleh meningkatnya kebutuhan pasien terhadap perawatan umum.  Bahkan pasien yang datang ke Hermina kini didominasi oleh mereka yang membutuhkan layanan umum. Pasiennya juga bukan hanya ibu dan anak, melainkan juga pria .

                                              Layanan Penunjang Medis Rekam Jantung

Melayani BPJS

Sejak tinggal di Kota Malang, saya dan keluarga cukup sering berobat ke sini.  Alasan awalnya adalah asuransi dari Perusahaan tempat suami saya bekerja bisa  saya gunakan.  Memang sih waktu pertama kali berobat kesini saya cukup was was juga lihat tarifnya, takut tidak mampu bayar (waktu itu belum ada layanan BPJS di RS ini), karena walaupun asuransi kadang ada beberapa hal yang tidak dicover, salah satunya adalah penyakit bawaan seperti yang dialami oleh Faiz.
Selama ini orang beranggapan bahwa Hermina adalah rumah sakit untuk kelas atas saja, padahal kami yang menengah ke bawah juga sangat mendambakan layanan prima saat menjadi pasien.  Nah dengan berlakunya peraturan pemerintah tentang BPJS, maka siapapun kini bisa menikmati layanan kesehatan di Rumah Sakit Hermina Tangkuban Perahu dengan menggunakan layanan BPJS
Selama berobat di sini, saya beberapa kali berjumpa dengan keluarga pasien yang mengunakan  layanan BPJS.  Mereka datang bukan hanya dari dalam kota Malang, tapi ada juga yang dari Blitar, Kediri, Pasuruan dan kota-kota lain sekitar Malang.

Apakah pasien BPJS mendapat layanan yang berbeda?

Menurut beberapa pasien yang saya tanyai dan berdasarkan pengalaman saya pribadi, semua pasien diperlakukan sama baik pakai BPJS, umum, maupun asuransi swasta.  Namun memang di beberapa kasus jumlah pasien BPJS yang berobat dibatasi jumlahnya dalam sehari. Ini berlaku untuk pasien jantung anak.  Jadi pasien jantung anak yang menggunakan layanan BPJS baiknya mendaftar dahulu untuk mendapat jadwal konsultasi (bukan kebijakan RS melainkan permintaan dokternya).  
Bagi pasien BPJS, anda tidak akan dikenakan charge apapun. Semua sudah dijamin oleh BPJS

Produk Unggulan

Setiap rumah sakit umumnya memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan Hermina Tangkuban Perahu.  RS ini memiliki Poli Klinik Minggu yang menjadi layanan unggulannya.  Saat ini hanya RS. Hermina saja di Malang yang melayani pasien poli di hari Minggu.  Layanan ini tentu saja sangat diapresiasi oleh customer.  Namanya juga sakit, mana bisa kita jadwal kan?  Musibah datangnya sewaktu-waktu, sementara UGD hanya untuk kondisi yang benar-benar gawat darurat seperti namanya., nah dengan adanya poli minggu kita bisa memeriksakan kesehatan yang lagi menurun.  Keberadaan poli minggu ini sangat membantu pengguna asuransi untuk terhindar dari pembayaran untuk kasus non gawat darurat.

Ceritanya dulu saya pernah membawa anak saya ke sebuah RS di Surabaya.  Kebetulan saat itu kami sedang berlibur (hari minggu).  Anak kedua kami tiba-tiba sesak nafas dan tak sadar.  Kamipun segera membawa ke UGD karna hari minggu tidak ada poli buka.  Kami menggunakan asuransi swasta. Sesampai di UGD anak kami siuman dari pingsannya.  Rupanya menurut dokter yang menangani kondisi anak kami tidak masuk kategori gawat darurat sehingga kami harus membayar semua biaya RS hari itu karena kami datang tanpa rujukan dokter anak maupun faskes pertama.  Andai di sana ada poli minggu, saya pasti tidak akan kena charge untuk semua layanan pengobatan itu karena sudah ditanggung asuransi.

Nah kan, keberadaan poli minggu di Hermina dapat menimalisir kesulitan yang saya alami saat itu.  Ini memang sebuah terobosan yang menurut saya cukup cantik dalam menghadapi persaingan dengan RS Swasta lainnya. Poli Minggu ini merupakan salah satu produk unggulan RSU Hermina Tangkuban Perahu kini.

Selain Poli Minggu, saya juga appreciate dengan Klinik Tumbuh Kembang yang dimiliki Rumah Sakit ini.  Bukan saja dokternya berpengalaman tapi fasilitas penunjang medisnya juga lengkap.  Pasien dengan cacat bawaan pun bisa ditangani di sini menggunakan layanan BPJS.  Terapisnya terlatih, sabar dan ramah.

Bagi anda yang punya masalah dengan gigi, anda juga bisa melakukan perawatan dan pemeriksaan gigi disini.  Gigi Spesialistic merupakan salah satu produk yang juga diunggulkan. Namun memang, namanya juga RS yang masih terus tumbuh dan berkembang, tentu ada saja kekurangan disana - sini.

Hal yang perlu menjadi masukan dan perhatian adalah soal antrian farmasi yang panjang dan lama (dimana -mana layanan Pharmasi selalu penuh dan antri lama).  Selain itu adalah pembatasan jumlah pasien jantung yang menggunakan layanan BPJS.  Tentu bagi pasien jantung seperti Faiz, hal ini akan sangat menyulitkan sekali jika harus antri berhari-hari hanya untuk mendapatkan penanganan medis.  Tau sendiri kan?  Serangan jantung bisa terjadi tiba-tiba.  Gangguan jantung ini merupakan bahaya laten yang acap mengancam nyawa pasiennya.  Harapan saya Hermina menyediakan lebih dari satu dokter spesialis jantung anak yang ramah pasien.  Dokter yang tetap menghormati hak-hak pasien dan tidak menjatuhkan martabat pasien



3 komentar:

  1. belum pernah berobat ke hermina

    BalasHapus
  2. Aku pernah sekali doang masuk ke Hermina, Mbak. itu juga cuma nanya2 tarif kamar waktu mau lairan. tapi ndak jadi karena obgyn yang nangani aku prefer dan punya RS sendiri. hehehehehe....

    BalasHapus

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Total Absen

Pengikut