Kamis, 23 Maret 2017

5 Menu Yang Wajib Dicoba Saat Ke Kendi Bistro

Malang tak ubahnya kota Bandung kini, bahkan sebagian wisatawan seolah tak lagi berada di kota apel.  Di setiap sudutnya berbagai sentra kuliner menawarkan aneka menu yang mampu membuat gelap mata.  Pertumbuhan usaha kuliner memang semakin pesat, kedai, warung, resto bahkan bistro banyak bermunculan salah satunya adalah Kendi Indonesian Bistro.

Istilah bistro sendiri berasal dari Prancis untuk menggambarkan sebuah restoran kecil yang menyajikan aneka menu Prancis dengan dekorasi ruangan yang homy dan casual.  Bistro memiliki banyak perbedaan dengan  kedai kopi baik dari segi, menu, layanan maupun kenyamanan tempat.  Umumnya bistro menyajikan aneka menu yang lebih beragam bila dibandingkan kedai kopi yang hanya menawarkan minuman dan cemilan ringan.

Documen pribadi

Menu-menu di bistro umumnya berbeda di setiap lunch dan dinner, tidak seperti kedai kopi yang menunya tidak berubah setiap waktunya.  Kenyamanan dan pelayanan  yang ditawarkan bistro tak ubahnya dengan sebuah restoran besar.  Nah itulah yang saya rasakan saat menikmati santap siang di Kendi Bistro.  Penampilan yang menarik dari setiap sajian yang ditawarkan membuat saya tidak sedang berasa di sebuah resto kecil tapi berada di sebuah restoran berbintang.


Siang itu saya bersama suami berkesempatan menikmati aneka hidangan special dari dapur Kendi Indonesian Bistro.  Restauran yang terletak di Jl. Ciliwung Malang ini menawarkan konsep utama menu nusantara dengan beberapa tambahan menu western seperti pizza dan spagethi.  Tempatnya luas dengan didominasi unsur kayu membuat tempat ini terlihat elegan dan lux.

Seorang pelayan menyodorkan buku menu kepada kami.  Tertera berbagai menu pembuka, menu utama dan dessert. Semuanya terlihat menarik,  namun ada 5 menu yang wajib dicoba bila anda berkunjung ke bistro ini.  Kelima menu tersebut adalah

1. Sego Ndeso
 Menu ini adalah salah satu menu utama yang lagi di perkenalkan di sini.  Sego yang artinya "nasi" dan ndeso yang artinya desa ini disajikan untuk para penikmat kuliner yang mendambakan makanan khas desa.  Menu yang dibandrol dengan harga Rp. 57.000 disajikan lengkap dengan lauk pauknya seperti sayur podomoro, empal gepit, oseng daun pepaya, aneka sambal, ayam bumbu rujak, peyek dan udang gremut ini sangat menggoda.  Peyeknya begitu renyah, dan oseng daun pepayanya pun tidak terasa pahit.  Porsi nasinya memang tidak terlalu banyak tetapi aneka pelengkapya membuat perut menjadi kenyang.
Sayur podomoro sendiri mirip seperti orem-orem.  Hanya karena saya kurang begitu suka sayur bersantan, saya tidak sampai menikmatinya.


Picts belongs to Ammamamo


2. Sego Mulhuk
Menu yang satu ini merupakan salah satu menu yang lagi trend di Malang.  Konsepnya adalah bancakan yaitu menu rame-rame.  Dengan konsep ini, ada sebuah harapan bisa tercipta kekeluargaan dan kebersamaan.  Meniadakan kesenjangan di antara penikmatnya.  Menu ini ditawarkan per paket seharga Rp. 60.000,-.  Minimal pemesanan 4 paket.   Per paketnya terdiri dari Nasi uduk, ayam bakar, telur dadar, tempe bacem, kulit ayam goreng, ikan asin jambrong, dadar jagung, mie goreng, oseng daun pepaya, sambal pencit, sambal teri, sambal terasi, lalapan komplit, kerupuk dan teh tawar.



3. Sego Bakar Kendi
Nah kalau yang satu ini juara banget.  Istimewa.  Nasi yang dibalut daun pisang dan dibakar ini disajikan bersama ayam panggang, tempe bacem, kerupuk, sambal pencit, dan lalapan.  Kenapa saya bilang istimewa?  karena di dalam nasinya terdapat ikan pedanya dan rasanya menjadi sempurna, asin alami tanpa tambahan garam.  Satu paketnya dibandrol Rp. 53.000,00.

Paduan sambel pencitnya melengkapi citarasa ayam panggangnya..sayangnya kurang banyak sambelnya hehehe..

Sego Bakar Kendi picts belongs to Ammamamo


4. Nasi Goreng Kendi
Menu ke empat yang tidak boleh dilewatkan adalah nasi goreng kendi.  Menu ini takkan anda jumpai di tempat manapun, sebab menu istimewa ini diracik khusus oleh seorang chef piawai jebolan Timur Tengah.  Namanya chef Pandi.  Beliau meramu menu nasi goreng yang tidak biasa ini menjadi luar biasa.  Kok tidak biasa? mau tau kenapa?

Pertama adalah penyajiannya yang unik, dibungkus daun pisang dan daun jati.  Nah loh.. aroma daun pisang aja udah nambah lezat aroma makanan apalagi di dobel ama daun jati?  kaya gimana rasanya? Hanya ada satu kata jawabannya "UNIK"

Kedua, anda akan menemukan taste kemangi di dalam nasi ini.  ya pastilah soalnya memang di dalamnya diberi daun kemangi, sehingga aroma 3 dedaunan ini mengeluarkan sebuah aroma khas yang sulit saya deskripsikan

Ketiga, full seafood.  Keberadaan seafood di nasi goreng ini tidak hanya sebagai pelengkap gizi, melainkan juga penyempurna rasa.. yaa,,,paling tidak rasanya tidak hanya rasa kemangi tapi ada gurihnya udang, cumi dan jamur. Duh jadi pengen lagi nih bayanginnya.

By Ammamamo

5. Lumpia
Nah ini salah satu menu kesukaan suami saya, lumpia.  Cemilan berisi rebung dan parutan wortel ini sedikit berbeda dengan yang kita beli di pinggir jalan.  Kulitnya tidak keras dan isinya juga padat, so berasa banget nikmatnya guys.

Pict belongs to Ammamamo

Kelima menu ini menurut kami adalah menu andalan di Bistro ini tapi banyak menu lain yang juga nikmat, misalnya es manohara. es teler, es dawet, wedang pokak, pinacolada dan aneka jejamuan.  Untuk ulasannya baca juga Menikmati Minuman Tradisional di Kendi .

Selain menu yang lezat, bistro  berlantai 3 dengan konsep yang unik di setiap lantainya ini sangat nyaman untuk acara keluarga, di lantai 2 ada sebuah meeting room yang mampu menampung 16 pengunjung dan free of charge.  Jadi recomended banget buat bawa keluarga, teman dan relasi sekalipun.


Documen pribadi

Photo milik MalangCitizen


Nah buat yang pengen menikmati aneka menu tersebut ..saya mau info nih, bistro ini buka mulai pukul 11 siang - 11 malam dan lokasinya bisa dilihat di maps ini ya


2 komentar:

  1. wah asli jadi kepengen makan sego ndeso hahaha sego-segoan lah :) someday lo kesana mesti mampir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap..ditunggu kedatangannya mba Herva.. perlu ditemani?

      Hapus

Total Absen

Pengikut