Selasa, 26 Agustus 2014

DAMPAK BURUK BEGADANG

Begadang jangan begadang
Tererereret...
Kalau tiada artinya
Begadang boleh sajaaaa ..aaaa
kalau ada perlunya


Nah ntu sih pesennye Bang Haji.  Temen-temen ada yang masih suka begadang? Melembur sampai pagi?  Hati-hati ya, karena ternyata begadang memberikan efek yang kurang baik untuk tubuh.  Tubuh manusia bukan robot yang bisa dipaksa bekerja sepanjang waktu.  Ibarat mesin, tubuh ini juga butuh istirahat yang cukup, kalau tidak tubuh akan panas sama seperti mesin yang dinyalakan nonstop.

Aye sendiri sebenernya sudah kapok begadang, sebab beberapa bulan lalu akibat sering begadang penyakit jadi jatuh cinte ama nih badan.  Duh.. nauzubillahi min dzalik dah.  Masih mending kali yak kalu yang jatuh cinte ame kite itu aktor tampan pemeran Arjuna dalam Mahabarata. wkwkwk.  Tapi bener kate Bang Haji tuh kalau ngga ada perlunya jangan begadang.

Malam ini Aye terpaksa dan harus begadang karena memang ada perlunya, jadi boleh deh kata Bang Haji.  Apa hayoo perlunya??

Apa lagi kalau bukan demi cah ngganteng yang selalu jadi mutiara hati aye.  Sejak kemaren sore si Dedek Vian panas dan sesak.  Wah nightmare banget kalau si Dedek dah sakit.  Berdasarkan pengalaman yang udah-udah nih panasnya di atas normal dan sewaktu-waktu bisa sesak.  Pernah kejadian saat dia sakit dulu, panas tinggi dan sesak setelah beberapa hari kagak sembuh juge akhirnya meluncur deh emak rempong ini ke UGD.  Sampai UGD langsung spot jantung aye sama perawat dan dokter jaga soalnye si Dedek udah lemas dan tidak bernafas lagi, badannya hampir biru semua.  Sejak ntu aye selalu waspade jangan ampe keulang deh.  Makanye ni malem aye belain begadang tuk jage ntu bocah ganteng.

Tadi ntu aye temp suhunya sampai 39,3 derajat trus badannya mulai menggigil dan menegang, ketar-ketir juga aye.  Emang sih Dedek Vian ngga punya riwayat kejang tapi melihat panasnya yang kadang mencapai 42 derajat itu bikin si emak jadi parno banget.  Semoga malam ini panasnya bisa turun ye..aamiin

Aamiinin dong man teman ..jangan cume baca doang :D

Hmm ..tapi sebenernya ape sih dampaknya begadang? Dan bagaimane tips begadang yang aman?
 Kate pak Dokter dampak dari begadang tubuh akan mengalami kelelahan akibat tubuh dan mental terforsir karena dipakssa beraktivitas melebihi kemampuan biasanya.  Kondisi ini dapat menyebabkan fatigue atau kelelahan dan bila berlanjut terus dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, akibatnya berbagai penyakit akan mudah menyerang, virus dengan  mudahnya menginfeksi.

Begadang juga dapat menjadi pemicu munculnya penyakit jantung, dispepsia, stroke, magh, hipertensi, bahkan diabetes melitus seremkan?  ngga percaya?

Tetapi kalau memang tidak memungkinkan kite untuk  menghindari begadang saye mau kasih tipsnya deh buat kalian.
  1.  Penuhi kecukupan jam tidur.  Kebutuhan istirahat (tidur ) manusia adalah 6 jam .  so, usahakan bila kite begadang kite tetap mengalokasikan waktu untuk tidur selama 6 jam sehari.  agar tubuh tetap fresh, terutama jikan tubuh kite udah nampak tande -tande kelelahan
  2. Jaga asupan makanan dan minuman.  nah ini die yang kite suka salah kaprah.  Umumnya ni  yee kite selalu minum kopi, merokok dan nyamil makanan kemasan atau gorengan saat begadang.  Padahal semue ntu kagak baik buat kesehatan kite. Kandungan gulanye sangat tinggi dan kopi bisa menyebabkan asam lambung meningkat.  yang terbaik ntu kite kudu menuhin asupan nutrisi kite saat begadang.  banyak makan buah dan camilan bergizi tinggi
  3.  Rajin berolahraga.  Begadang membutuhkan stamina yang bagus itulah alasan kenape kita kudu olahraga
Nah itu die dampak dan tips begadang.  Siapa yang mau nemeni aye begadang malem ni?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Absen

Pengikut