Minggu, 14 April 2013

CERDASKAN OTAK ANAK DENGAN BUAH NAGA

  Buah naga atau dikenal secara luas dengan sebutan Dragon fruit adalah buah yang dipercaya oleh masyarakat China sebagai buah Dewa.  Buah yang memiliki bentuk unik dengan sulur yang mirip sisik naga ini kini telah dikenal luas dan dikembangkan secara komersil di Indonesia.  Buah ini masuk pertama kali di Indonesia pada tahun 2000 dan sejak itu buah naga telah merebut perhatian pecinta buah di negara tropis ini.
           Buah yang memiliki bentuk eksotis ini mulai digemari dan dicari oleh para pecinta buah karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.  kandungan vitamin dan mineralnya sangat baik untuk tubuh terutama untuk menjaga metabolisme tubuh.  Buah yang memiliki beberapa jenis yang menjadi unggulan ini memiliki citarasa yang manis dan segar.
Bua naga menjadi komoditi unggulan

         CERDASKAN OTAK ANAK DENGAN BUAH NAGA - Di Indonesia sendiri terdapat 4 macam buah naga yang mulai dikembangkan, yaitu Buah naga putih (Hylocereus undatus), Buah naga merah (Hylocereus polyrhizus), buah naga super merah ( Hylocereus costaricencis) dan buah naga kuning (celenicereus megalanthus).  Masing-masing jenis memiliki bentuk dan warna yang berbeda serta keunggulan sendiri-sendiri.

Di antara keempat jenis buah naga, maka buah naga kuning adalah yang paling tinggi kandungan gulanya dengan tingkat kemanisan mencapai 18 briks. Harga jualnya pun sangat tinggi, untuk satu kilogram buah naga kuning kita harus membayar senilai Rp.200.000,-.  Harga yang sangat mahal untuk konsumsi buah.  Namun itulah..harga tidak menjadi sebuah halangan pecinta buah untuk membelinya bila mengingat khasiat yang ditimbulkannya dan sensasi rasanya.
         Buah naga tidak hanya dikenal sebagai buah para Dewa, melainkan menjadi komoditi unggulan yang patut diperhitungkan. harga jualnya yang tinggi dan manfaatnya yang sangat baik bagi tubuh menjadikan buah ini memiliki peluang pasar yang terbuka lebar.
         Buah naga memang buah yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi menurut hasil penelitian dari Johncola Pitaya Food R&D, dalam setiap 100 gr daging buahnya mengandung:
82,5 -89,4 air
0,1-0,5 gram protein
0,1-0,6 gr lemak
0,3-0,9 serat
0,2-0,5 abu
6 - 10 mg Kalsium
16 - 36,1 mg Fosfor
0,3-0,65 mg besi
0,005 -0,012 mg karoten
0,28 - 0,043 mg Tiamine
0,043-0,045  mg Riboflavin
0,2-1,3  mg Niasin
4 - 25 mg Ascobic Acid
(data diolah dari berbagai sumber)

           Tingginya kandungan vitamin dan mineralnya membuat buah ini semakin naik pamornya dan dianjurkan untuk berbagai kalangan usia termasuk anak-anak.  Membiasakan anak untuk mengkonsumsi buah naga sejak dini akan menguatkan sistem imun anak dan membantu meningkatkan daya kerja otak anak.  Anak menjadi lebih cerdas dan terlindung dari berbagai penyakit.

        Untuk anak yang sulit makan buah anda bisa mensiasatinya dengan mengolah buah naga menjadi berbagai hidangan pencuci mulut seperti jus buah atau puding.  Buah naga sangat besar manfaatnya untuk cerdaskan otak anak.


buah naga merah baik untuk meningkatkan kerja otak
 Sari buah naga

1 komentar:

  1. Waaah aku suka buah naga Mbk, dibuat agar-agar belum pernah, mau nyoba ah

    BalasHapus

Total Absen

Pengikut