Senin, 03 Januari 2022

Orangtua Update Digital Versus Gen Z

 Hai Momy! 

Selamat Tahun Baru 😍.  Semoga tahun ini kita semua menjadi pribadi baru yang lebih bijak, sabar dan update, agar bisa mendampingi generasi Z yang super duper kritis dan gawai minded.

Biarlah tahun kemarin menjadi cerita dan pelajaran bagi kita untuk memacu kita lebih baik.  Memperbaiki hubungan yang mungkin tidak terjalin harmonis dengan anak anak kritis.

Hayoo siapa yang punya PR besar dalam berkomunikasi dengan gen Z?

Sayaa!! 😂

Ada yang senasib tidak?

😭😭 Tahun 2021 adalah tahun penyesuaian yang tidak mudah buat saya dan suami.  Anak-anak yang beranjak remaja, pandemi, daring, semuanya menjadi saling melengkapi permasalahan.  Pendidik dan anak didik sama sama butuh penyesuaian dengan sistem yang baru. Alhasil peran orangtua juga terlibat disini.  Sistem pembelajaran daring memaksa kita para orangtua mau tidak mau, suka tidak suka harus melek digital untuk bisa membersamai proses belajar anak.

Kendala yang kami alami tahun kemarin adalah ke kudetan kami dengan teknologi, sehingga kami tidak bisa menjadi partner belajar yang baik buat anak. 

Melek Digital Syarat Utama Mencetak Generasi Hebat

Merasa bersalah banget saat anak mendapatkan teguran guru akibat nilai yang merosot, dan semua disebabkan karena anak dan orangtua sama sama tidak menguasai ilmunya. Sehingga saat anak membutuhkan teman diskusi, kami hanya bisa mengedikan bahu tidak tahu.




Kini kami sadari betapa Melek Digital Syarat Utama Mencetak Generasi Hebat.  Sebagai orangtua kami wajib belajar dan upgrade pengetahuan dan informasi teknologi. Kenapa begitu? Karena gen Z di masa. Pandemi harus didampingi dalam belajar agar tetap fokus dan bisa memanfaatkan gawai secara bijak.

Sadar ngga sih kalau gawai bukan hanya menjadi sumber informasi baik? Kita tidak boleh lupa bahwa gawai juga mengandung info lain yang mungkin tidak layak diakses oleh generasi Z.  So kita harus bisa mendampingi mereka, agar mereka mampu melakukan filter terhadap apa saja yang boleh diakses dan apa yang tidak.

Awalnya kami berpikir bahwa kehadiran gawai sudah cukup untuk membantu mereka belajar. Sampai akhirnya kami cukup terhenyak melihat buah hati yang kecanduan game hingga tugas sekolah terbengkalai. Saat kami tanya apa sebabnya, mereka menjawab karena mereka tidak paham materinya dan kami tidak membantu mereka, sehingga akhirnya mereka memilih bermain game agar otak tidak stress.

Salah kah mereka?

Mungkin mereka salah, tapi ternyata kami juga tidak serta merta benar. Kami lupa kalau prinsipnya untuk mencetak generasi hebat adalah mendampingi bukan memerintah.  Anak membutuhkan orangtua yang update untuk menjadi teman berselancar di dunia maya, bukan hanya orangtua yang menyalahkan saat anak memegang gawai.  Orangtua harus mengenali gaya komunikasi anak yang lahir di era serba teknologi ini, cara belajar, cara bersosialisasi dsb.

Kesuksesan Anak Ditentukan Oleh Pola Asuh

Sampai akhirnya, kami mengikuti beberapa seminar parenting yang diselenggarakan oleh SMA Pintar Lazuardi Blended Learning dan kami sadar bahwa ada hal yang perlu kami perbaiki.




SMA Pintar Lazuardi Blended Learning

Tahun 2021 kami berkenalan dengan SMA Pintar Lazuardi, salah satu lembaga pendidikan yang dinaungi oleh Lazuardi Group. Ada yang menarik dengan sistem dan metode pembelajaran yang diterapkan di sini.  Sekolah berbasis online ini menawarkan sistem belajar secara Blended Learning yang menggabungkan metode tatap muka dan daring secara proporsional.  Mereka konsisten untuk berkontribusi dalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia.  Agar tujuan pendidikan berjalan sesuai target dan harapan, SMA Pintar Lazuardi menggunakan sebuah rancangan sistem aplikasi yang diberi nama LMS.





Apa itu LMS PINTAR?

LMS atau Learning Managemen System adalah sebuah aplikasi berbasis sistem Pedagogical Intelligence Architecture (PINTAR), yaitu sebuah strategi pembelajaran yang diterapkan melalui learning managemen system online yang memperhatikan keterikatan peserta didik dengan proses pembelajaran melalui feedback process.
LMS PINTAR didukung oleh aplikasi canggih  yang dapat diakses siapa saja dan kapan saja. 
Setelah kami pelajari, ternyata sistem yang diterapkan oleh SMA Pintar Lazuardi ini memiliki banyak keunggulan, antara lain :
  1. MULTIPART.  Artinya materi disampaikan dalam bagian- bagian Kecil. Yang dipilih hanya materi fundamental dari sebuah mata pelajaran, sehingga materi menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa
  2. FEEDBACK SYSTEM.  Manfaatnya untuk memastikan peserta didik terlibat aktif, berinteraksi, saling memberi dan menerima umpan balik (feedback) untuk efektivitas belajar, mengetahui capaian hasil belajar, terbentuknya komunitas belajar, mendokumentasikan portofolio yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
  3. DIFFERENTIATED LEARNING dimulai dengan diagnostic assessment, sehingga dapat memandu learning path yang akan dilalui siswa dari urutan materi dan memungkinkan siswa memiliki tahapan belajar yang berbeda.
  4. LEARNING PATH. peserta didik akan memililki ‘jalur/peta’ untuk mencapai hasil belajar yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan pembelajaran.
  5. MULTI-FRIENDLY CONTENT. Setiap materinya dan media pembelajaran dikemas dalam beragam bentuk sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran. disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh peserta didik.
  6. GAMEFICATION. Pembelajaran online juga mempertimbangkan kesenangan dan keseruan. ini dilakukan dengan menambahkan unsur games dalam pembelajaran.


Sistem LMS PINTAR ini benar benar membantu siswa dalam menguasai pelajaran yang diberikan, lebih cepat dan mudah, sehingga LMS PINTAR layak direkomendasikan buat para mom and gen Z squad untuk membantu proses pendidikan mereka.  Terlebih sistem ini juga ditunjang dengan guru guru berkemampuan baik dan melek digital yang tergabung di SMA PINTAR LAZUARDI BLENDED LEARNING

Untuk para moms yang ingin lebih baik dan ingin putra putrinya mendapatkan pendidikan yang menyenangkan, yuk bisa bergabung di SMA PINTAR LAZUARDI. Disini bukan hanya siswa yang bisa mendapatkan pendidikan, tapi kita orangtua juga bisa belajar menjadi orangtua yang melek digital loh, karena SMA PINTAR LAZUARDI dilengkapi dengan program SOBAT. Pada program ini para orangtua akan berkumpul dan belajar bareng bersama para pakar untuk menjadi orangtua hebat melek digital yang update.
Buat momy yang sedang mencari sekolah untuk putra putrinya atau yang berniat mendaftarkan putra putrinya bisa langsung klik website SMA PINTAR LAZUARDI 

Orangtua Melek Digital Versus Gen Z







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

ASUS OLED WRITING Competition

atau

Intellifluence

Intellifluence Trusted Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Part of BloggerHub

Total Absen


Pengikut