Sabtu, 17 April 2021

Yuk Ajarkan Anak Mengenal Bentuk dan Warna



Masa anak -anak adalah masa terindah dalam perjalanan hidup manusia. Pada masa ini berbagai kebahagiaan tercurah, perhatian orangtua pun lebih banyak, Karena ini adalah masa penting dalam awal pertumbuhan anak untuk membentuk dan menanamkan ilmu ilmu dasar yang harus mereka kuasai. 
Pendampingan pada setiap anak tentu tak sama. Teknik, strategi dan model pembelajaran harus kita sesuaikan dengan kondisi anak itu. Contoh Faiz yang merupakan anak penyandang #Tunagrahita , yaitu satu kondisi yang mungkin membutuhkan effort lebih untuk membuatnya ingat dan menguasai apa yang kita ajarkan. Nah untuk mengenalkan berbagai ilmu dasar padanya, saya harus menggali lebih dalam tentang kekuatan anak Downsyndrom, kekurangannya, kesukaannya dan gaya belajarnya agar saya bisa menemukan teknik pembelajaran yang cocok untuknya.
Berdasarkan berbagai informasi yang kami dapat, anak anak Downsyndrom adalah seorang duplikator ulung. Dia akan menguasai suatu ilmu jika dilakukan pengenalan secara berulang -ulang. Jadi kuncinya yang harus digarisbawahi adalah #lakukanberulang .
Nah kali ini kami sedang berproses untuk mengenalkan bentuk dan warna pada Faiz. Tipikal anak Downsyndrom yang sering tidak fokus memaksa kami untuk lebih kreatif agar dia tertarik untuk belajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat bantu ataupun peraga. Pemilihan alat bantu pun harus mempertimbangkan berbagai hal, seperti bentuk yang menarik, warna yang cerah, ataupun kemudahan penggunaannya.
Kebetulan kemarin Faiz mendapatkan kiriman dari seorang teman, dua buah buku cantik yang mengajarkan pengenalan Bentuk dan. warna .




Wah Faiz senang sekali mendapat buku ini. Dia selalu minta belajar dan belajaršŸ˜. Apa yaa yang membuat Faiz suka?

Ternyata Faiz suka karena bukunya full colour, gambarnya menarik dan isinya juga lengkap.
Buku karya Winarti Juliet Venin ini memang sedikit berbeda dengan buku umumnya.  Buku yang diterbitkan oleh penerbit Bhuana Ilmu Populer ini dikemas sedemikian cantik berkat tangan emas sang ilustrator Anom Prasetyo dan mba Winarti sang penulis.
Cocok sekali digunakan sebagai buku panduan untuk PAUD dan alat bantu belajar Ananda di rumah bareng mama papa.


Buku ini dilengkapi dengan alur cerita yang menarik

Penulis mampu menuangkan materi dengan bahasa yang sangat sederhana sehingga mudah dipahami oleh anak usia balita.  Dilengkapi dengan teks narasi dan gambar sederhana yang menarik, anak diajak mengenal bentuk lewat benda benda yang ada di sekitarnya.
 

Di dalam buku ini, ayah bunda bisa menemukan lembar pemilik, isi buku, stiker dan lembar catatan untuk menuliskan hasil belajar. Anak juga bisa mewarnai bagian - bagian gambar yang belum diberi warna. Ini merupakan salah satu teknik untuk mengajarkan bagaimana mewarnai gambar.

Buku yang baik adalah buku yang mampu membawa pembacanya larut dalam cerita dan mampu membacanya dalam waktu yang cukup panjang.   Nah ini dirasakan saat membaca buku ini.



Menggunakan buku ini sebagai alat bantu untuk memperkenalkan bentuk dan warna pada anak bisa menjadi bounding positif antara orangtua dan anak.

Nah buat ayah bunda yang mungkin kesulitan menemukan buku panduan belajar yang cocok, buku ini bisa menjadi pilihan loh.. langsung aja order di toko buku kesayanganmu yaa..
Sampai jumpa pada review buku selanjutnya.

21 komentar:

  1. Menyenangkannya belajar bentuk dan warna dari buku-buku cerita. Anak-anak bisa belajar dengan menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Selama ini kan bukunya tidak ada ceritanya nah di buku ini lengkap banget

      Hapus
  2. Wah, si kecil kelihatan senang dan antusias nih belajar bentuk dan warna. Anak2ku dulu pas masih kecil sukanyaaa bukan main. Sampai sekarang hobi menggambar malah. Melatik perkembangan motorik dan mengasah keterampilan ini ya mbak. Btw barusan aku follow blog mbak. Salam kenal yach.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mba Nurul. Anak anak memang suka sekali dengan warna yang full colour ya mba. Mungkin warna itu menjadi stimulus buat mereka

      Hapus
  3. Pengenalan bentuk dan aneka warna nih emang wajib ya dikenalkan pada anak sejak dini supaya perkembangan motoriknya meningkat apalagi untuk anak berkebutuhan khusus ya..semoga ananda Faiz senantiasa sehat dan semangat ya nak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul jangan sampai terlambat agar anak kita bisa tumbuh secara optimal

      Hapus
  4. beruntung faiz lahir dari keluarga yg paham soal beginian. jgnkan abk, anak biasa pun kesulitan memahami kalau ortu atau org dewasa di sekitarnya kurang ilmu (familier dg buku)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe saya masih belajar kakak..masih miskin ilmu ini. Alhamdulillah banyak yang peduli sama faiz

      Hapus
  5. Wah, keren nih Mba
    Jadi, anak2 bisa belajar dgn baik ya.
    Mengenal bentuk dan warna
    sippp sippp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mba pesen di Gramedia semoga masih ada..

      Hapus
  6. Bener banget.Buku yang banyak gambar, warnanya menarik benar-benar menarik buat balita...anak aku dl juga gitu hehehe

    btw, walau tampak sederhana, dari sini sebenarnya anak-anak memulai menyenangi membaca loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga semakin banyak penulis yang menghasilkan karya karya bagus untuk balita

      Hapus
  7. Betul bunda, selain menulis dan membaca, sedari kecil anak perlu diajari juga tentang pengenalan bentuk dan juga warna untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju..meski belum bisa bicara anak sudah merekam dalam otaknya

      Hapus
  8. Cocok nih untuk yg punya anak kecil prasekolah kayak anak gw. Mantabb inspiratif dan mau coba juga aaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung hunting ke Gramedia kak hahahaha.. atau cari di toko online semoga ada

      Hapus
  9. Alhamdulillah Fazi dapat kiriman buku yang bagus ya Bunda, semoga makin semangat belajar terutama mengenal bentuk dan warna. Bunda semoga sabar mendampingi Faiz yang tambah pintar. Memang cari buku yang pas buat anak-anak, apalagi yang berkebutuhan khusus, enggak mudah. Sangat beruntung ya mendapat kiriman buku yang sesuai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas ..mencari buku yang bagus memang ngga mudah apalagi membuatnya jatuh cinta pada buku

      Hapus
  10. Faiz seneng ya bisa berkenalan dengan cerita di bukunya. Semangat Faiiz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aunty Faiz seneng banget. Bukunya dibaca bolak balik sampai kakaknya lelah

      Hapus
  11. Waaaah, Faiz keren nih, bisa belajar bareng sama bunda. Salam ceriaaaa. Selalu jadi anak sholeh dan sayang bunda dan ayah yaaaa.

    BalasHapus

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Intellifluence

Intellifluence Trusted Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Part of BloggerHub

Total Absen


Pengikut