Sabtu, 30 November 2019

Gramedia Science Day 2019 sukses Atasi Kecanduan Gawai


Memiliki anak yang kreatif merupakan satu asset yang berharga.  Namun kreatifitas tidak bisa tumbuh begitu saja.  Peran lingkungan dan orang tua sangat berperan dalam merangsang ide-ide cerdas  mereka.  Kemajuan teknologi membuat semua sektor menjadi serba  gadget.  Berbagai informasi, transaksi, pemenuhan kebutuhan hidup bahkan silahturahmi kini dapat  dilakukan hanya  menggunakan jempol. Anak-anak menjadi kehilangan kepedulian, males bergerak dan menutup diri dari lingkungannya, sebab semua tantangan mampu dia gapai lewat sebuah gawai.  Begitu banyak kasus yang kemudian muncul akibat kecanduann gawai. Lalu adakah solusinya? Gramedia bekerjasama dengan hellopanda, bank BTN, Meiji, Yan Yan, Lucky Sticky mencoba untuk mengatasi masalah ini lewat sebuah event Gramedia Science Day 2019.  Even yang digelar tanggal 24 November 2019 lalu bertempat di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang ini, menerapkan model pendidikan informal berbasis kompetisi yang dikemas secara menyenangkan dan seru. Harapannya dengan adanya event ini anak menjadi cerdas dan kreatif serta mampu menumbuhkan inovasi anak melalui permainan sains.


Gramedia Science Day kali ini bukanlah kegiatan pertama. Pada Tahun 2016 PT. Gramedia Asri Media ini juga menggelar acara serupa.  Kehadiran event ini menurut Public Relation Gramedia merupakan bentuk kepedulian Gramedia untuk menumbuhkan kecintaan terhadap sains dan ilmu pengetahuan sehingga anak anak menjadi generasi pencipta bukan hanya pengguna dan pengikut. Tak kurang dari 200 siswa SD kelas 4-6 dari beberapa kota di Jawa Timur terlibat  dalam event yang berfokus pada Social Emotional Aspect, Physical Aspect Individu dan Intellectual Aspect Individu ini.

Bertabur Ilmu  Gramedia Sains Day Sukses Atasi Kecanduan Gawai

Hari itu Graha Cakrawala diwarnai hiruk pikuk keceriaan anak anak millenial. Dominasi ungu dan kuning mampu menghaditrkan suasana berbeda di gedung milik Universitas Negeri Malang tersebut.  Agendanya adalah Theory Science, experiment science, presentation Entertainment, dan Parent Talkshow. Acara yang dihadiri oleh Presiden Direktur Hello Panda Mr. Fuji Iwaka ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB - 15.00 WIB.  Syarat untuk bisa menjadi peserta acara ini adalah dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- per team.  Fasilitas yang didapat adalah kaos, tas, snack, makan siang dan 1 buah buku acuan teori Gramedia Science Day 2019.  Hadiahnya tidak main main loh.  Bagi kelompok yang berhasil menjadi pemenang akan mendapatkan uang tunai senilai puluhan  juta rupiah yang terbagi sebagai berikut:
  • Juara 1 mendapatkan uang tunai Rp. 5.000.000
  • Juara 2 mendapat uang tunai Rp. 4.000.000
  • Juara 3 mendapat uang tunai Rp. 3.000.000
  • Harapan 1, 2, dan 3 mendapat uang tunai Rp. 1.000.000
  • Peserta terbaik mendapat uang tunai Rp. 500.000
Hari itu anak milenial yang dikenal setia dengan gawainya larut dalam rangkaian acara. Tahap demi tahap lomba diikuti penuh antusias.  Tak satupun bermain gawai.  Ini adalah sebuah prestasi besar untuk mereka. Nyata benar bahwa Gramedia Science Day sukses atasi kecanduan gawai.
Kebersamaan, dan tantangan dalam mengerjakan setiap tugas yang diberikan mampu mengalihkan perhatian mereka dari keinginan bermain gawai.

Tahap pertama dimulai dimulai dengan menjawab soal-soal yang terkait informasi dari buku Sains Seru.  


Sesi kedua peserta diajak untuk memunculkan kreativitas, kerjasama, dan kekompakan team untuk membuat sebuah kendaraan dari botol bekas.  

Membuat Kendaraan


Sesi ketiga adalah membuat rail untuk mobil balap, 


sesi ke empat adalah membuat pesawat terbang lalu ditutup dengan sesi presentasi

Keren kan karya Kami?

Selama acara berlangsung area disterilkan dari pengunjung umum, orangtua dan guru.  Untuk mengisi waktu selama anak anak berkompetisi para orangtua, guru pendamping dan pengunjung diajak mengikuti talkshow Sains Seru bersama Kartika Oktorina, penulis buku Sains Seru.  Mereka diajak untuk mempraktekkan beberapa eksperiment yang dibahas pada buku tersebut.  Kartika Oktorina juag menyampaikan betapa pentingnya menghargai area berkreasi anak.

Eksperiment Yuk.
Mendampingi mereka dalam memanfaatkan waktu yang mereka punya agar tidak terlalu larut dengan gawainya.  Lewat sains seru anak dirangsang kreatif dan berinovasi.
Bukan hanya anak yang ceria hari itu, para orangtua dan guru pun ikut berbagia dan mendapatkan ilmu bermanfaat.  Sebagai penutup talkshow diadakan lomba membuat sandwich yang dipandu oleh para chef dari Santika Hotel Malang.  Seru banget loh teman .


Sandwich Hasil Karya Para Peserta Talkshow


Sebagai salah satu strategi Bussiness Unit Gramedia membuktikan diri bahwa mereka hanya mengejar profit semata tapi mereka ingin tumbuh bersama dengan para orangtua untuk mencetak generasi unggul. Di usianya yang menginjak 49 tahun Gramedia telah melebarkan sayapnya menjadi  perusahaan yang tidak hanya menjual buku melainkan juga usaha ekspor buku, stationary, penerbitan dan multimedia.

Profesor Melakukan supervisi

Presiden Direktur PT.Meiji

Selamat Gramedia, semoga event Gramedia Science Day terus berlangsung setiap tahun 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Total Absen

Pengikut