Kamis, 12 Oktober 2017

Hindari Kedai Kepiting Cak Gundul, Bila Kamu Pecinta Menu Kepiting!

Bagi penyuka olahan seafood, mungkin kepiting menjadi salah satu menu favorit pilihan.  Hewan berkaki sepuluh ini merupakan salah satu hewan yang memiliki cangkang cukup keras dengan satu pasang capit sebagai senjata pertahanan diri dari serangan musuh. Hewan dengan tubuh unik dan 5 pasang kaki yang berbuku-buku ini, adalah salah satu jenis hewan air yang cukup diminati oleh para seafoodlover.  Rasanya yang nikmat dan seni dalam menyantapnya yang butuh perjuangan, membuat para penikmat kuliner menjadi kian tertantang untuk bisa merasakan kelezatannya.

Hewan golongan arthropoda ini,berdasarkan tempat hidupnya dikenal memiliki beberapa jenis:

  • Kepiting Laut (rajungan)
  • Kepiting Air tawar
  • Kepiting karang
  • Kepiting bakau
Sedangkan di Indonesia sendiri, dikenal beberapa jenis kepiting yang dapat dikonsumsi dan memiliki citarasa yang nikmat diantaranya,:
  • Kepiting Soka
  • Kepiting Kenari
  • Rajungan
  • Kepiting Sungai/sawah
  • Kepiting bakau

Menu Berbahan Kepiting

Kepiting selain diolah dengan bumbu kare juga bisa dimasak dalam berbagai jenis saus, di antaranya:
  • Kepiting Saus padang
  • Kepiting asam manis
  • Kepiting lada hitam
  • Kepiting asap
  • Kepiting Telur Asin
  • Kepiting Saus Lemon
  • Nasi goreng kepiting
  • Lumpia Kepiting
  • Kepiting Crispy
  • Sup Kepiting asparagus
  • dll

Review Kuliner Kepiting Cak Gundul

Anda tentu tak asing dengan salah satu kedai kepiting ini.  Kedai yang berdiri sejak tahun 1992 ini telah memiliki 6 cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, antara lain Surabaya, Pandaan, Jogyakarta, Jakarta, Sidoarjo, dan Semarang.  Kedai yang awalnya adalah warung kaki lima dan kini berkembang pesat ini telah menarik perhatian dan membangkitkan rasa penasaran para pecinta menu kepiting termasuk istanabundavian.  Berawal dari berita katanya-katanya yang sering kami dengar tentang Kepiting cak Gundul, akhirnya beberapa hari lalu kami mendatangi salah satu cabang Kepiting Cak Gundul yang berlokasi di Pandaan Jawa Timur.



Kepiting Asam Manis

Sekilas dari luar kami melihat tempat ini kurang nyaman.  Lokasinya yang di pinggir jalan terlihat sangat sempit, terlebih lagi kedai ini tidak memiliki tempat parkir khusus.  Di bagian depan kita akan menjumpai Dapur terbuka yang di milikinya dan berbagai jenis kepiting yang bisa kita pilih untuk dimasak dengan saus yang kita inginkan. Saat mengintip dapur Kepiting cak Gundul, kami mendapati deretan aneka saus yang digunakan sebagai salah satu penyedap masakan.  Secara tangkap mata kesan yang kami tangkap adalah kedai ini memiliki dapur yang bersih, kami pun berjalan menuju salah satu ruangan ber-AC yang di dalamnya terdapat 3 buah meja dengan desain interior yang sederhana, tak ubahnya kedai biasa.


Dapur Terbuka dan Bersih

Anak-anak memilih untuk duduk di salah satu meja yang kebetulan kosong.  Memesan aneka minuman dan seporsi Kepiting telur lokal ukuran kecil dengan harga Rp. 150.000,- dengan request tanpa penyedap rajarasa dan arak .  Isinya kurang lebih 2 ekor.  Setelah menyantap satu porsi kepiting telur saus asam manis tersebut kami berkesimpulan Hindari Kedai Kepiting Cak Gundul, Bila Kamu Pecinta Menu Kepiting!

Mengapa demikian?  Alasannya adalah sebagai berikut:
  1. Bila dibandingkan kedai kepiting lainnya, Kepiting cak Gundul memang memiliki taste yang berbeda, lebih nikmat walau tanpa penyedap
  2. Tidak bohong dalam rasa
  3. Telur kepitingnya tebal
  4. Berani bermain bumbu
  5. Tidak amis
  6. Harga terjangkau
Harga Menu Kepiting Cak Gundul

Alasan tersebut membuat siapapun akan ketagihan lagi dan lagi, terlebih bagi pecinta menu kepiting seperti kami.  Jadi bila kamu takut ketagihan hindari kedai kepiting cak gundul yang rasanya nendang abis. Maknyussss kaki lima kelas bintang lima. Baca juga A6 Oleh-oleh



12 komentar:

  1. hmmmm jadi pengen ke Kedai Kepiting Cak Gundul, tapi takut ketagihan, sebab saya penyuka kepiting he.he.. artikel kerenn mbak sri (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kapan kapan kita kesana om. Makasi sudah berkunjung 🙏

      Hapus
  2. Orang rumah kalo maem kepiting lahap bangeeet, eh sayang pak suami gk doyan wkwkwk. Padahal uenaaak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gitu delivery aja mba hihihi..atau nanti kalau yusuf dah gedean ajak yusuf nemani makan

      Hapus
  3. Astagaaaa........, bikin ngiler aja ini pagi2...
    😅

    BalasHapus
  4. Mau lah di ajak ke sono mba Sri

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayolah Bang Yoso kita makan kepiting.. sekalian nanti kita bahas puisi terbarumu. jangan bahas masa lalu ajaa

      Hapus
  5. Ini ada cabang di kelapa gading jakarta kan ya.. Aku prnh liat tempatnya, tp blm sempet ksitu. Pdhl ga gitu jauh dr rumah.. Kayaknya memang hrs ksana cobain :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba ada cabangnya disana..cobain deh

      Hapus
    2. iya mba Fanny.. ayo dicobain

      Hapus
  6. Ini kayaknya ada cabang di kelapa gading jakarta. Aku pernah liat, tp blm sempet ksana.. Pdhl deket rumah :D. Cm baca review yg udh makan di sana, emang enak mba :).. Jd pgn ihhh :D

    BalasHapus

Total Absen

Pengikut