Senin, 11 September 2017

Toko A6 Oleh-oleh Gandeng UKM

Kue Kekinian

Perkembangan bisnis kuliner di kota Malang kian melesat.  Berbagai varian oleh-oleh kian banyak ditawarkan.  Hal ini tak lepas dari lahirnya trend "Kue Artis' yang banyak mengundang rasa penasaran publik.  Setelah sukses dengan Anang Karaoke, Suami Ahsanti ini kini mulai merambah bisnis kuliner dengan membangun sebuah usaha oleh-oleh di kota Malang yang diberi nama A6.

A6 (baca Asix) ini sendiri merupakan kumpulan huruf awal dari panggilan kesayangan Anang Family, dimulai dari Anang, Ahsanti, Aurel, Azriel, Arsyi dan Arsya.  Uniknya lagi, varian kue yang ditawarkan juga diberi nama seperti panggilan sayang masing-masing.  Walhasil kue yang mereka tawarkan menjadi salahsatu kue kekinian yang menjadi incaran para penikmat kuliner.

Festival UKM

Kehadiran kue-kue artis ini secara tidak langsung telah menghipnotis para pemburu oleh-oleh kekinian.  Hal ini berdampak pada munculnya kesenjangan bagi pelaku UKM yang memang bermodalkan produk tanpa memiliki nama besar seorang public figure.  Kekhawatiran ini rupanya terbaca oleh keluarga Asix,  oleh karena itu, untuk menghilangkan kesenjangan itu, Asix oleh-oleh menggandeng para UKM untuk sukses bersama dengan menyediakan space untuk mereka di Toko Asix oleh- oleh.  Bahkan menurut penuturan Aurel salah satu putri dari Anang, yang juga berprofesi sebagai artis ini, rencananya festival UKM yang berlangsung sejak hari Sabtu lalu di Toko Asix oleh-oleh, akan diselenggarakan rutin setiap bulannya secara bergilir, sehingga semua UKM yang ada bisa ikut berpartisipasi mengenalkan produknya.


Kebetulan saat saya berkunjung kemarin, di lokasi ini masih berlangsung festival UKM yang dihadiri oleh Anang Family, Duta Pangan , dan Perkumpulan UKM Malang.  Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyematan pin kenangan dari UKM ke pada Asix dan pemberian kenang-kenangan dari Asix ke perwakilan paguyuban UKM.  Acara pun dilanjutkan dengan mengunjungi stand-stand UKM yang terlibat.  Ada kurang lebih 10 UKM dari berbagai sudut kota Malang yang turut meramaikan Festival di Minggu Sore tersebut.

Varian Asix Oleh-oleh

Asix oleh-oleh menawarkan 6 varian rasa yang diberi nama sesuai panggilan sayang keluarga mereka, dimulai dari :
  • Anang Charchoal
  • Ash Kayagreen
  • Acabi Chizmelt
  • Acio Chocolava
  • Jielly Hazelline
  • loly Rainberry Velvet

Dari 6 varian ini yang paling mahal adalah Anang Charchoal dan Loly Rainberry Velvet yaitu Rp. 75.000,-.  Sedangkan Varian lainnya seharga Rp. 57.000,-. Nah kemarin sih saya berkesempatan menikmati Ash Kayagreen.  Teksturnya moist banget dan harum pandan.  Topping kejunya lumer dengan bola-bola crispy di atasnya.  Sementara lapisan selai srikaya nya juga ngga pelit.  Jadi tastenya kaya deh.  Cocok buat lidah saya.  Kebetulan saya memang suka cake pandan.

Saya juga sempat bincang-bincang dengan beberapa pembeli yang sudah bolak balik datang dan mencoba semua varian, salah satunya mba Indah.  Menurutnya variannya enak semua dan dia sering mendapat titipan dari kerabatnya untuk membelikan Asix oleh-oleh.

Lokasi

Toko yang berlokasi di Jl. Guntur No.8 Malang ini memang sebenarnya kurang strategis.  Terlalu sempit untuk sebuah toko oleh-oleh.  Fasilitasnya juga tidak lengkap (toilet dan sarana ibadah).  Jadi lebih cocok untuk take away.  Hanya ke depannya saran saya sih dipertimbangkan untuk disediakan toilet umum dan tempat ibadah.  Siapa tau ada pembeli yang tiba-tiba kebelet buang air.  Nah apalagi kalau ada festival kuliner, pengunjung yang membawa mobil akan sulit untuk mencari lokasi parkir.  Semoga bisa lebih luas lagi tempatnya biar belanja makin Asix, seperti asiknya makan Asix oleh-oleh.. asix..asix..asix.


Tidak ada komentar:

Total Absen

Pengikut