Minggu, 11 September 2016

Cara Menghindari Kemungkinan Penipuan Pada Forum Jual Beli Online


Tindakan penipuan mungkin saja terjadi pada forum jual beli online. Namun sebagai penjual atau pun pembeli tentu saja Anda harus memiliki kiat jitu dalam menghindari hal ini. Sehingga hasilnya akan membantu dalam mendapatkan keamanan. Sering kali Kita mendengar bahwa tindakan penipuan dalam kegiatan jual beli membuat penjual dan pembeli merasa ketakutan menjalani kegiatan ini. Untuk itu apabila Anda ingin lebih aman dan mampu dalam menghindari kemungkinan tindakan ini terjadi. Berikut ini beberapa cara untuk menghindari terjadinya penipuan, antara lain:

Melihat harga pasaran
Usahakan untuk mengetahui mengenai harga pasaran yang ada pada forum tersebut. Dengan mengetahui mengenai harga yang ada. Apabila hal ini dilakukan akan mengetahui mengenai harga yang diinginkan. Sehingga apabila ada harga yang terlalu murah tentu saja akan diketahui apabila harga yang terlalu murah jangan mudah percaya. Sehingga hasilnya tentu saja akan sesuai dengan segala yang diinginkan.

Menggunakan rekening bersama
Sebaiknya mulailah menggunakan rekening bersama dalam setiap transaksi. Dengan adanya rekening bersama akan membantu dalam mendapatkan hasil yang sesuai keinginan Anda. Misalnya saja apabila Anda menggunakan rekening tersebut pastilah penjual tidak akan mendapatkan pembayaran yang dilakukan apabila pembeli belum menerimanya. Sehingga hasilnya akan memberikan jaminan keamanan untuk kedua belah pihak.

Pembayaran menggunakan COD
Apabila Anda menggunakan jenis pembayaran pada jual beli online pastikan dapat menggunakan sistem COD, sehingga  antara penjual dan pembeli dapat bertemu. Anda bisa memberikan alamat kepada penjual mengenai produk yang dipesan. Apabila barang sudah datang pastilah sudah bisa untuk dibayar. Cara ini dirasakan akan lebih praktis dan aman bila penjual ada di kota yang sama. Namun jika berbeda kota tentu saja langkah ini akan sangat sulit dilakukan.

Toko online terpercaya
Usahakan untuk mencari jenis toko online yang terpercaya. Misalnya saja dari penjual yang dikenal sebelumnya. Cara yang dapat digunakan selanjutnya tentu saja dapat dipilih berdasarkan kemungkinan memberikan alamat toko, nomor telepon kantor, menggunakan alamat website berbayar dan masih banyak lainnya. Dengan cara demikian Anda akan secara mudah melacak alamat toko bila barang tidak dengan segera dikirimkan. Sebab bila ini tindakan penipuan, maka dia tentu saja tidak akan mencantumkan identitas diri. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tidak mudah dilacak keberadaannya. Sehingga mereka menjadi lebih aman.


Testimoni
Dalam website atau pun toko online akan ada testimoni yang diberikan. Dengan demikian akan mendapatkan kemudahan yang dirasakan. Sehingga hasilnya akan sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan bahwa testimoni yang dimiliki tersebut berdasarkan pengalaman baik. Pilih toko yang banyak memiliki testimoni positif, semakin banyak pendapat baik akan membuat pembeli semakin nyaman. Hal ini juga akan memberikan kemudahan dalam menghindari terjadinya tindakan penipuan yang mungkin saja terjadi.


Manfaatkan pihak ketiga
Dalam transaksi menggunakan cara online usahakan menggunakan pihak ketiga. Dengan menggunakan pihak ketiga akan membantu dalam menghindari kemungkinan terjadinya penipuan dalam tindakan jual beli yang mungkin saja dilakukan. Sehingga hasilnya tentu saja akan menjadi lebih mudah dikenali kredibilitas penjual atau pun pembeli. Hal ini karena tindakan jual beli online tentu saja harus dilakukan dengan cara yang benar.

Tidak ada komentar:

Total Absen

Pengikut