Rabu, 13 Juni 2018

Mie Bakso So Good; Resep Praktis Saat Sahur

Sedih banget karena ramadhan ini saya ngga bisa ikutan puasa.  Berasa ada yang hilang nikmatnya. Tapi demi kesehatan dan asupan gizi #babyFaiz kali ini harus ikhlas ngga puasa dulu.  Konon katanya menyiapkan menu berbuka dan sahur bagi orang puasa pahalanya sama dengan yang berpuasa.  Jadi sedikit terhibur.

Puasa ini memang puasa pertama dalam perjalanan hidup Baby Faiz.  Sebelumnya kami melalui puasa hanya ber-empat dengan Duo F. Sejak kehadiran baby Faiz saat sahur menjadi lebih semarak, karna Faiz selalu ikut bangun nemani kakak-kakak dan ayahnya makan sahur.  Celoteh paginya selalu membuat kami tersenyum.  Ahh..rasanya kami tidak percaya malaikat kecil kami sedang sakit parah.


Moment sahur dan berbuka  puasa ditemani Baby Faiz terasa selalu menyenangkan.  apapun lauknya jadi terasa nikmat karena keberadaannya.  Tidak terbayang sedihnya kalau saya harus melewatkan ramadhan ini bersama Faiz di rumah sakit.  Semua jadi berantakan pastinya.  Terima kasih yaa Allah, kau berikan kemudahan bagi kami menjalankan perintah Mu.

Ramadhan Yang Segera Berlalu

Sebentar lagi ramadhan ini segera berlalu pergi, semoga kami masih memiliki umur untuk bisa berjumpa kembali.  Sebagai manusia kami tidak pernah tahu berapa usia kami, apakah ramadhan nanti kami masih diberi umur? Insya Allah. Hari ini menginjak H-4 lebaran, artinya kami punya waktu 4 hari untuk mengisi waktu kami mengejar ketertinggalan ibadah selama bulan ramadhan ini.  Sebisa mungkin memangkas waktu di aktivitas lainnya seperti memasak, mencuci, menyetrika, jalan-jalan, dan sebagainya asal bisa berlama-lama munajat ke Allah. I'tikaf kalau katanya ustadz..

Kalau biasanya saya betah berjam-jam di dapur sampai lupa waktu, kini saya memilih untuk masak yang praktis.  Kebetulan anak-anak ngga sulit makan jadi saya tidak perlu khawatir mereka tidak suka.  Selama bulan puasa ini saya memang selalu stok makanan yang siap saji dan praktis untuk antisipasi kala bangun telat jadi tidak butuh waktu lama untuk menyiapkannya sehingga keluarga tidak sampai puasa tanpa sahur.  Di antara beberapa bahan makanan yang selalu ada di kulkas adalah bakso so good, nugget, sosis, sayuran, tahu, dan telur.  Selain itu saya juga menyimpan stok mie sebagai pengganti nasi.  Tahu kan bahwa masak mie lebih cepat dan simple dibanding masak nasi pakai "dandang".

Mie juga sumber karbohidrat loh.  Tubuh butuh variasi, tidak melulu makan nasi, dengan begitu gizi kita bisa seimbang. Selain mie, kita juga bisa gunakan roti dan ubi-ubian sebagai pengganti karbohidrat tapi sebaiknya untuk ramadhan ini kalau mau menggunakan ubi-ubian sebagai pengganti carbo pilihlah kentang, jangan ketela rambat.  Tujuannya untuk mengurangi gas dalam perut. Beberapa hari ini sering banget kesiangan sahur, untungnya saya selalu stock so good di kulkas.

Kehabisan Beras

Beberapa waktu lalu saya lupa cek ketersediaan beras di rumah. tingginya aktivitas membuat tubuh mudah sekali lelah, apalagi saya selalu bangun jam 02.00 WIB. Alhasil jam 20.00 WIB kantuk sudah menyerang. Tak disangka kalau kami sekeluarga cape berjamaah dan lelap tertidur hingga jam menunjukkan pukul 03.00 WIB. Mau masak nasi beras habis.  Mau pesen Go Food pasti makan waktu dan belum tentu cocok sama selera anak juga suami.  Di rumah cuma ada So Good dan mie.  Tanpa berpikir lama saya mengambiil So Good Bakso dan mie, kemudian mengolahnya menjadi Mie Bakso So Good Special. Sahur pagi itu pun terselamatkan. Di saat injury time kami masih bisa santap sahur dengan menu yang bergizi, praktis, nikmat dan sehat.

Mau tau resepnya? Karena saya baik, maka saya akan sharre ke teman - teman resep Mie bakso So Good

Mie Bakso So Good (dok.pribadi)

Bahan:

1 bungkus So Good Bakso Kuah
3 buah mie instan (ambil mienya aja)
1 butir telur
1/2 sdt bawaang putih cincang
2 cabai rawit (cincang kasar)
1 cabai besar (iris kasar)
Merica secukupnya
Garam secukupnya
2 sdm minyak goreng
2 sdm kecap manis
1 liter air

Cara Membuat

1. Rebus mie bersama air kurang lebih 2 menit. Angkat dan tiriskan
2. Potong Bakso So Good sesuai selera
3. Panaskan wajan dan tumis bawang putih hingga harum, kemudian tuangkan 1 butir telur  dan irisan bakso ke dalam wajan, sambil di aduk              
4. Masukkan  mie, merica dan garam. Tambahkan 2 sdm kecap manis sambil diaduk hingga merata
5 Mie Bakso siap dihidangkan.

hmm yummy dan praktis. Anak-anak  ngga perlu ngalami lapar hebat karena kesiangan sahur. Semua pun ikut senang                                                                                                                                                           















1 komentar:

Total Absen

Pengikut