Kamis, 22 Juni 2017

Goodbye Anyang-anyangan

Tahukah kamu bahwa 5 dari 10 orang wanita pernah mengalami anyang-anyangan ?  

Sebenarnya apa sih anyang-anyangan?

Mengenal Anyang-anyangan

Anyang-anyangan atau istilah kedokterannya polakisuria  adalah sebuah kondisi dimana kandung kemih hanya mampu menampung kurang dari 500ml urin.  Pada kondisi ini terjadi peradangan pada lapisan mukosa kandung kemih sehingga penderita mengalami sering buang air kecil.
Anyang-anyangan merupakan sebuah gejala awal terjadinya gangguan pada saluran kemih atau infeksi saluran kemih .  Kondisi ini digambarkan dengan rasa ingin buang air kecil yang terus menerus, tetapi yang keluar hanya sedikit dan sakit buang air kecil.  Nah, umumnya wanita mudah sekali terkena gangguan ini, hal ini dikarenakan saluran kemih wanita lebih rentan terkena paparan bakteri jahat E-coli. Dan ini merupakan penyebab sakit saat buang air kecil yang sungguh sangat menyiksa

Gambar milik  uricran

Kenapa bisa begitu ?

Salah satu penyebab anyang-anyangan adalah dikarenakan jarak antara saluran pembuangan air besar dengan uretra pada wanita lebih dekat, so mudah sekali terinfeksi bakteri dari saluran pembuangan.  Itu sebabnya wanita memiliki resiko terkena gangguan ini 50% dibanding pria.  Sedihnya lagi, kondisi ini bisa berlanjut bertahun-tahun dan jika tidak diatasi dengan baik akan muncul gangguan infeksi yang lebih serius.

Namun bukan berarti pria tidak dapat terjangkit loh.  Pria pun bisa terjangkit hanya saja peluangnya lebih kecil. Penyebab anyang-anyangan pada pria  dikarenakan seringnya menahan air pipis, atau pipis yang tidak tuntas, bisa juga karena kurang bersih saat bersuci, pembesaran prostat, penggunaan kateter, alergi, adanya satu penyakit tertentu, sering mengkonsumsi minuman diuretik, cemas, dan sebagainya.  Pada wanita selain dikarenakan jarak saluran kencing dan saluran pembuangan, bisa juga disebabkan karena kondisi kehamilan, cemas, intertistial cystitis, diverticultis, infeksi bakteri chlamydia, menopouse, kurangnya hormon estrogen maupun hipertonisitas dasar panggul

dr.I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U menjelaskan bahwa gejala anyang-anyangan merupakan sebuah sinyal bahwa telah terjadi sesuatu pada uretra bagian bawah, terutama masalah penyimpanan air seni pada kandung kencing.

 

Gejala Anyang-anyangan

Sebenarnya tidak ada gejala yang spesifik terkait anyang-anyangan, namun secara umum bila anda mengalami gejala -gejala berikut, maka bisa jadi anda menderita anyang-anyangan dan sebaiknya segera memeriksakan diri.  Tanda-tanda tersebut di antaranya adalah:

  1.  Keinginan buang air kecil yang terus menerus
  2. Bolak-balik buang air kecil dengan volume yang sangat sedikit
  3. Pada wanita biasanya dibarengi dengan rasa sakit pada bagian panggul, sedangkan pada pria umumnya merasakan nyeri pada bagian anus
  4. Sakit buang air kecil. Penyebab sakit saat buang air kecil ini diakibatkan oleh penyebaran bakteri gastrointestinal dari anus ke saluran kemih
  5. Pada beberapa kasus, penderita mengalami demam 
  6. Tubuh kurang sehat dan mudah lelah
  7. Urine mengeluarkan bau yang menyengat dengan warna lebih pekat dan terkadang disertai darah.
 Nah dari paparan tersebut, siapa yang pernah mengalaminya?  Pada kondisi hamil tua, saya acap mengalaminya, begitu juga beberapa wanita lainnya.  Rasanya tentu tidak nyaman sekali.  Apalagi di bulan ramadhan seperti ini.  Sangat mengganggu kekhusukan ibadah tarawih dan tadarus.  Dikit-dikit lari ke kamar mandi.  Alhasil celana dalam menjadi basah. Harus sering diganti.  cucian jadi banyak, tadarus dan sholat terganggu.. coba bayangkan betapa banyak kerugian yang kita alami.  Terkadang saya menjadi begitu emosi dibuatnya. Bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan ini? sementara saya phobia dengan rumahsakit?

Terkadang hopeless gimana sih cara mengatasi anyang-anyangan? Biasanya orang yang pertama kali saya tanya adalah ibu, sosok tangguh yang telah mengalami pahit manis dan asam garam kehidupan.  Wanita yang selalu punya jawaban atas pertanyaan anak-anaknya.  Beliau banyak menyarankan minum jamu tradisional yang diolah dari aneka herba segar. Tapiii...hiks aku sangat tidak suka jamu apalagi yang pahit.  Galau kan jadinya?  Gimana dong?

Akhirnya beberapa bulan lalu aku membaca dari sebuah blog milik Irawati Hamid tentang manfaat buah cranberry, di ulasannya dia mengatakan bahwa ekstrak cranberry sangat efektif dalam menyembuhkan anyang-anyangan. Di dalam buah yang memiliki nama latin Vaccinium oxcyoccos ini terdapat satu zat bernama proantocyanidin yang berkhasiat untuk memberantas anyang-anyangan.  

Tapi dimana bisa dapatkan ekstrak cranberry?  Apa saja komposisinya? Kita akan bahas lebih lanjut nanti.


Mengenal Buah Cranberry dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pemilik nama latin Vaccinium Oxycoccos ini adalah golongan tanaman semak (perdu) yang umumnya tumbuh secara liar.  Buah yang memiliki warna merah tua ini memiliki banyak kemiripan dengan blueberry baik dari tanaman maupun bentuk buah. Tanaman ini banyak ditemukan di negara bagian utara Amerika dan Kanada.
Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, kaya akan mineral dan serat, memiliki senyawa fitokimia,  sianidin, quercetin, peonidin, dan flavonoid antosianidin.  Inilah sebabnya mengapa cranberry banyak direkomendasikan untuk mencegah berbagai penyakit seperti jantung, kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati sariawan, anyang-anyangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Ekstrak cranberry juga dipercaya mampu mengatasi infeksi pada saluran kemih secara efektif.  Proantocyanidins yang terkandung di dalamnya mampu mencegah pertumbuhan bakteri E-coli dan chlamydia penyebab infeksi kandung kemih.  Bukan itu saja, sifat anti-adhesi yang dimiliki oleh proantocyanidins menyebabkan bakteri tidak bisa menempel lagi.

Mengkonsumsi ekstrak buah cranberry membuat para penderita anyang-anyangan tidak lagi merasakan sakit saat buang air kecil. Bahkan beberapa tahun terakhir buah ini direkomendasikan sebagai vitamin demi meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai antioksidan dan mencegah sariawan.  Berita baik lainnya, di tahun 2004 sebuah  lembaga pengawas obat dan makanan Perancis telah memberikan ijin untuk pemanfaatan buah cranberry sebagai obat dari infeksi saluran kencing.

Bagaimana cara memperoleh ekstrak buah cranberry?

Buah cranberry merupakan buah dari tanaman perdu yang banyak ditemukan di negara bagian utara Amerika.  Sebuah lokasi yang sangat jauh dari Indonesia.  Haruskah kita memesan khusus untuk mengobati anyang-anyangan yang kita alami?  Wow! Kebayang tidak biaya impornya?  Tidak usah khawatir.
Untuk mendapatkan ekstrak cranberry kita tidak perlu susah-susah mengimpornya, karena sekarang di Indonesia sudah ada satu produk olahan dari buah ini yang bisa kita konsumsi langsung dengan melarutkannya pada air.  Produk itu bernama Prive Uricran.
Serbuk berwarna merah dengan rasa yang segar ini diproduksi oleh PT. Combiphar, sebuah produsen obat dan makanan kesehatan yang sangat terpercaya.


Waktu saya membaca testimoni dari beberapa orang teman yang sudah merasakan manfaatnya, saya langsung tertarik untuk mencoba. Ternyata benar, setelah rutin mengkonsumsi uricran, tubuh menjadi lebih enteng.  Nyeri saat buang air kecil tidak lagi terasa dan anyang-anyangan pun berangsur berkurang. jadi say Goodbye anyang-anyangan

Rasanya pun sangat segar.  Dalam 1 box prive uricran terdapat 30 butir kapsul, sedangkan pada prive uricran plus berbentuk serbuk yang dikemas dalam sachet terdapat 15 sachet.  Jadi buat anda yang kurang suka serbuk bisa mengkonsumsi yang kapsul dengan dosis 1-2 kapsul sehari.  Saya pribadi lebih suka yang serbuk, apalagi dicampur air dingin..hmm seger.



Kalau kata Duo F putra saya," Bunda minum anggur merah" karena warnanya merah.  Suami saya juga suka dan untuk mendapatkan produk ini saya lebih suka pesan disini.
A

Jadi dari tulisan di atas bisa disimpulkan bahwa bila kita mengalamai anyang-anyangan, langsung saja atasi dengan Prive Uri-cran yang sudah terbukti bisa mengatasi susah buang air kecil dengan mudah dan praktis.

 

13 komentar:

  1. Wah serem juga kalau kena ya mbak. Tfs mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba..mencegah lebih baik dari mengobati. makasi udah mampir

      Hapus
  2. Jadi bisa pilih yg kapsul ato yg sachet ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba.. kalau mau praktis pilih kapsul..

      Hapus
  3. Nice info Mbak. Buah cranberries memang susah nemunya ya kalo di indo. Terbantu banget ada uricran

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh rasanya enak.. kaya berkarbonasi loh

      Hapus
  4. wahh sepertinya ini solusi yang bagus bila terserang anyang-anyangan... nice info mbak sri.. nanti saya sampaikan ke mbak bojo info ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip.. bisa buat antibodi juga om Assaifi

      Hapus
  5. Saya juga pernah kena ISK yg awalnya anyang anyangan mbak ... Syerem semoga kita semua sehat selalu. Termasuk mbak sri yg lagi hamil. Sehat selalu ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mba.. kita ini wanita rentan banget kena ISK

      Hapus
  6. Bisa untuk pencegahan juga ya, ngeri kalo kena ISK. Gak kebayang sakitnya. Tfs infonya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba. Selain itu bisa juga buat menghilangkan dahaga di panas yang terik

      Hapus
  7. Info yang bermanfaat mbak bagi yang pernah anyang-anyangan shg nantinya ngak "menderita" lagi :)

    BalasHapus

Total Absen

Pengikut