Jumat, 19 Agustus 2016

PESONA GUNUNG PAPANDAYAN GARUT




Sun Rise Di Papandayan (foto milik Agung Fajar)


            Berbicara tentang gunung selalu membuat hati ini berdesir.  Betapa tidak, jiwaku seolah terpanggil untuk menikmati pesonanya. Menikmati Keindahan ciptaan Allah yang tiada tara.  Entah mengapa aku suka sekali dengan, gunung, hutan dan pantai.  Membauinya membuat penatku seolah menguap begitu saja.  Namun, sejak menjadi seorang ibu aku sedikit membatasi hobby petualanganku yang satu ini.  Hal ini kulakukan dengan beberapa pertimbangan salah satunya adalah anak-anak yang masih terlalu kecil.
            Kini semua sudah beranjak besar, kami sudah bisa melakukan petualangan bersama.  Menyusuri setiap sudut negeri ini dan menapaki lembah demi lembah. Ada beberapa destinasi yang kami susun untuk dikunjungi salah satunya adalah Gunung Papandayan Garut.  Pesona Gunung Papandayan Garut seolah menghipnotis kami dan menarik kami untuk berkunjung. Gunung yang memiliki ketinggian 2.600 meter dari permukaan laut ini terletak di kota Garut Jawa Barat. Di atasnya ada sebuah padang Eudelweis yang bernama Tegal Alun.  Konon gunung ini memiliki jalur pendakian yang cukup pendek, namun meski demikian calon pendaki tetap harus mempersiapkan rencana pendakian dengan baik. Untuk itu kami harus mengumpulkan berbagai informasi terkait, jalur pendakian, medan yang ditempuh, sumber air dan berbagai hal yang boleh dilakukan maupun tidak.
            Bagi wisatawan yang berasal dari luar Jakarta dan Bandung, anda bisa menggunakan moda transportasi darat seperti kereta menuju Bandung, bisa juga menggunakan transportasi udara seperti pesawat untuk menghemat waktu perjalanan.  Sesampainya di Bandung perjalanan bisa anda lanjutkan dengan transportasi umum menuju Terminal Guntur Garut. Kami biasa menggunakan jasa Traveloka untuk memesan tiket pesawat dan hotel saat berkunjung ke suatu kota yang cukup jauh.
            Sesampainya di Terminal Guntur, perjalanan bisa dilanjutkan dengan minibus ke arah pertigaan Pasar Cisurupan, dari sini biasanya para pendaki menggunakan kendaraan pick up untuk menuju titik awal pendakian.  Dari titik pendakian inilah petualangan di mulai.  Namun sebaiknya anda memastikan perbekalan anda cukup bergizi  untuk memberikan cukup kalori dan nutrisi. Melalui informasi yang kami dapatkan, kebutuhan air selama pendakian bisa didapatkan di beberapa pos pendakian seperti Pos Persimpangan Pondok Salada-Houberhout , Pondok Salada, dan Pos Pundak Kawah.
            Berbekal informasi ini para calon pendaki bisa menyiapkan rencana perjalanan dengan matang sehingga pendakian dapat dilalui dengan minim resiko. Ada yang tertarik seperti saya? Yuk, kunjungi sekarang juga kota Dodol ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Absen

Pengikut