Senin, 08 Februari 2016

MUSEUM TRANSPORTASI, WISATA EDUKASI MASAKINI

Siapa yang tak pernah mendengar keindahan kota batu dengan wisata edukasinya yang terkenal? Hampir se antero negeri tahu betapa bagusnya konsep wisata yang di kembangkan di kota apel ini.  Tidak hanya panoramanya yang indah, konsep wisata edukasi yang dikembangkan kota ini telah menyedot banyak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjunginya.  Setelah sukses dengan wisata Agrokusuma, kota  ini mulai mengembangkan wahana semacam dunia fantasi yang dikemas dalam bentuk wisata edukasi Jawa Timur Park 1.  Di lengkapi dengan diorama dan miniatur rumah adat, aneka wahana ketangkasan dan sebagainya.  Sambutannya luar biasa, meski mematok harga tinggi, dalam sekejap tempat ini menjadi tempat jujugan wisata.  Sukses dengan Jawa Timur Park 1, kota ini mulai membangun Jatim Park 2 atau Batu secret zoo yang berisi aneka satwa dan wahana ketangkasan.
Kota ini terus meningkatkan daya tarik wisatanya, berbagai fasilitas yang banyak disukai anak -anak terus ditambah.  Ada waterboom, museum satwa, different park dan tidak ketinggalan museum transportasi dan taman reptil yang kini sedang menjadi perbincangan hangat.  Semuanya mengusung konsep edukasi kekinian.
Museum transportasi adalah sebuah tempat wisata yang dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya termasuk saya. Wahana edukasi seperti ini sangat saya sukai, sebab pengunjung tidak hanya berwisata, namun juga belajar tentang sejarah transportasi dunia.  Aneka alat transportasi dari yang paling jadul sampai pesawat terbang dan kendaraan si "Batman" pun dipajang di museum ini.
Bukan itu saja, menariknya lagi, museum ini dilengkapi dengan miniatur tempat tempat terkenal di mancanegara yang tentu saja langsung menjadi incaran para selir mania.  Bahkan ada pengunjung yang menyebut tempat ini sebagai "tempat narsis"  sebab setiap sudutnya membuat wisatawan ingin mengabadikannya.
Anda bisa menjelajah dunia hanya dengan berwisata ke tempat ini. Anda tahu pasar Apung yang terkenal di Kalimantan? Tak perlu ke Kalimantan bila anda merasa terlalu jauh, datanglah ke museum ini, anda bisa menyaksikan pasar apung yang menarik di sini.  Bahkan anda juga bisa ikut menikmati perjalanan dengan perahu di kota miniatur ini.  Perahu kecil ini akan membawa anda berkeliling ke daerah daerah yang ada di Indonesia, menikmati aneka kuliner nusantara, menyaksikan pertunjukkan topeng, atau sekedar melihat pemandangan saja sambil berbelanja.








Berapa Tarif Tiket Masuknya?
Bila anda ingin mengunjungi wahana ini, siapkanlah kocek yang cukup banyak, sebab tiket masuk sebagian besar wahana edukasi di kota batu ini cukup tinggi namun sangat sepadan dengan yang kita dapatkan (keseruan dan celoteh riang anak), asalkan anda mengunjunginya bukan pada masa liburan sekolah atau libur nasional.




Untuk anak dengan tinggi badan di atas 80 cm dikenakan tarif dewasa sebesar Rp. 80.000,00 di hari libur.  Sedangkan di hari biasa tiket lebih murah lagi.
Hanya dengan membayar tarif itu anda bisa mengajak putra-putri anda belajar mengenal alat-alat transportasi sambil berwisata.


Namun sebaiknya anda tidak berkunjung ke kota ini di hari libur nasional bila anda ingin mendapatkan liburan yang menyenangkan.
Loh..loh, kenapa mau liburan kok dilarang? Namanya liburan biasanya kan di hari libur , kalau hari kerja bukan liburan namanya tapi bolos! (Celoteh seorang teman padaku)

 Lautan manusia di ruangan yang tidak seberapa luas

Ha..ha..ha, anda benar sekali, liburan memang sejatinya di hari libur, kenapa saya tidak menyarankan, tak lain karena alasan sebagai berikut:
1. Pada hari libur nasional kota wisata batu selalu menjadi destinasi wisata para wisatawan baik domestik maupun mancabegara, semua tumplek boleh di kota kecil ini.  Meski banyak wahana yang tersedia sepertinya belum bisa menampung banjir wisatawan setiap masa liburan.  Tidak hanya wisatawan dari daerah malang sekitarnya, bahkan wisatawan dari padang seperti mba Lia ini pun terhipnotis untuk mengunjungi tempat ini lagi.
Bisa anda bayangkan bagaimana kondisi di dalam wahana yang tidak seberapa luas ini bila dipenuhi lautan manusia? Mungkin tidak tampak seperti tempat wisata, namun lebih mirip seperti mangkok cendol. Penuh sesak, bahkan untuk berjalan saja susah.
2. Tidak bisa berselfie dengan leluasa
Nah, bagi mereka yang hobi berselfi tentu kondisi "mangkok cendol" ini terasa sangat tidak nyaman, sebab anda akan kesulitan mendapatkan momen moment selfi yang bagus yang bisa menjadi hits di instagram.
3. Bahaya kelaparan (hahaha..lebay ya).  Kondisi banjir wisatawan tanpa dilengkapi SDM YANG MUMPUNI, menyebabkan segala macam pelayanan menjadi tidak maksimal. Hanya untuk segelas kilo hangat atau jus sekalipun anda harus menunggu hampir 2 jam lamanya dalam antrian panjang. (Mana tahannn, kaya narapidana antri ransum penjara)
4. Kemacetan yang menjijikkan.
Siap-siaplah anda terbiasa dengan aroma kanvas rem bila anda ngotot berwisata di musim libur nasional, bahkan warga malang dan batu pun  bisa bete dengan kondisi jalan kota mereka di musim liburan.  Walau polisi sudah diterjunkan untuk mengatur lalu lintas namun kemacetan yang menjijikkan tak mampu terelakkan. Perjalanan Malang-Batu dan sebaliknya yang biasanya bisa ditempuh hanya dengan waktu 20 menit saja, pada musim liburan bisa memakan waktu 4-6 jam itupun sudah menggunakan konsep pengalihan arus.  Kondisi jalan yang naik turun dan curam membuat pengemudi harus lihai mengendalikan rem kendaraannya sehingga tak ayal lagi banyak mesin -mesin yang terbakar dan kanvas rem yang haus.
5. Tidak bisa menikmati wisata kuliner.
Nah, bila kita terjebak macet, bagaimana kita bisa menikmati wisata kuliner di kota Malang yang tersehor kecepatannya? Padahal wisata kuliner merupakan pelengkap wisata yang sangat rugi bila kita lewati.
5. Sulit mencari penginapan.
Nah ini yang konyol, bagi wisatawan dari kota yang jauh dan luar pulau, tentu membutuhkan tempat bermalam saat wisata ke kota ini.  Waktu sehari takkan cukup untuk melahap keindahan kota Apel dan kota bunga ini.  Bayangkan bagaimana keruhnya setelah seharian mengelilingi tempat wisata, kemudian terjebak kemacetan panjang lalu areanya tak dapat tempat bermalam.  Sungguh ..sejuta rasanya.

Lalu bagaimana dong caranya biar bisa berlibur asik du saat liburan?

Tips Liburan Asik dan Cantik
1. Rencanakan dari awal keberangkatan anda mulai tanggal, budget yang harus disiapkan, daftar destinasi wisata dan hotel.
2. Pesan hotel jauh hari dan pilihlah hotel di sekitar tempat wisata sehingga anda tidak perlu berkendara tuk menuju lokasi.
3. Persiapkan fisik dan stamina team anda, sebab wisata edukasi yang tersedia cukup menyita waktu dan energi.
4. Isilah perut anda dengan makanan dan minuman yang bergizi sebelum menuju lokasi.
5. Siapkan perlengkapan tempur anda seperti kamera,dompet,payung (bila berwisata di musim hujan) maupun "tongsis"
6. Siapkan bekal di perjalanan bila anda ternyata menginap di lokasi yang jauh dari wahana, agar anda dan team tidak terkena magh akibat terjebak macet
7. Berangkatnya dua jam lebih awal dari jadwal buka loket, agar anda tidak harus antri terlalu lama (lekas masuk lekas keluar)
8.  Selamat berwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Absen

Pengikut