Kamis, 13 Juli 2017

6 Langkah Tepat Cegah Anyang-Anyangan Saat Hamil

Source FP Prive-uricran

Minggu ini kehamilanku menginjak bulan ke-3. Ini adalah kehamilan ke-4 yang kualami.  Kehamilan di usia ini memang bisa dikatakan beresiko dan nekat.  Mengingat beberapa kehamilan sebelumnya yang berujung di meja operasi, seharusnya aku tidak boleh hamil lagi.  Tapi bukankah soal hidup mati itu adalah hak prerogatif Allah?

Kehamilan kali ini aku benar-benar harus belajar dari yang sudah-sudah.  Jika kehamilan pertama dahulu aku sering mengeluhkan tentang anyang-anyangan, kali ini aku sudah menyiapkan 6 langkah tepat cegah anyang-anyangan saat hamil. Eh, tapi sebelum aku sharing tentang cara mencegah anyang-anyangan, aku mau cerita dulu tentang pengalaman hamil pertamaku.

Setelah menjalani pernikahan selama 5 bulan, dokter mengatakan bahwa aku hamil 2 bulan.  Tentu senang dong.  Aku sudah membayangkan serunya menjalani masa-masa kehamilan tersebut. Kehamilan pertama ini bisa dikatakan sangat mulus awalnya.  Aku tidak merasakan morning sick ataupun gangguan kehamilan seperti yang pernah aku baca dari mbah google.  Tubuhku segar dan sehat.  Janin pun tumbuh dengan baik, meski aku kurang minum air putih, sampai suatu ketika saat usia kandungan menginjak bulan ke -5, aku merasa tidak nyaman.  Setiap mau buang air kecil rasanya perih.  Bukan itu saja, air seni pun tidak tuntas keluarnya.  Sedikit-sedikit ingin buang air kecil.  Duh...ngga nyaman banget.  Celana jadi mudah basah dan bolak balik ganti.  Ibadah juga terganggu karena sering batal wudhu.  Kata dokter...aku menderita anyang-anyangan.

Apa Sih Anyang-anyangan?

Anyang-anyangan adalah suatu gejala penyakit Infeksi Saluran Kemih yang membuat penderitanya selalu ingin buang air kecil dalam rentang waktu yang berdekatan namun volumenya sedikit.  Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, kurang asupan air putih, sering menggunakan toilet umum, kateterisasi, kehamilan, cara bersuci yang salah, dan sebagainya. Gangguan ini bisa menyerang pria maupun wanita, namun wanita memiliki resiko lebih besar dibanding pria.  

Pada wanita hamil umumnya anyang-anyangan terjadi karena rahim yang berada di depan saluran kemih membesar seiring pertumbuhan janin.  Hal ini membuat frekuensi buang air kecil menjadi meningkat.


Apa Dampak Anyang-Anyangan Pada Ibu dan Janin?

Namanya juga infeksi, tentu akan memberikan dampak pada tubuh, jadi tidak boleh disepelekan. Adapun beberapa dampak yang timbul  saat  aku hamil dan terkena anyang-anyangan adalah sebagai berikut:
  1. Rasa panas seperti terbakar setiap akan buang air kecil
  2. Frekuensi buang air kecil meningkat
  3. Urine berwarna keruh dan berbau tidak sedap
  4. Demam
Bahkan ni, menurut yang aku baca di sebuah situs American Pregnancy, gejala ISK ini bila tidak ditangani serius dapat menginfeksi ginjal sehingga akan menyebabkan kelahiran prematur maupun keguguran.  Serem kan? Padahal infeksi umumnya harus ditangani dengan penggunaan antibiotik.  Sementara wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi sembarang obat-obatan.  Jadi sebelum terkena penyakit ini ada baiknya kita melakukan langkah-langkah pencegahan.

Kali ini saya ingin share 6 langkah tepat cegah anyang-anyangan yang saya lakukan di kehamilan ke-4 ini, yaitu:
  1. Rutin mengkonsumsi air putih minimal 2 Liter sehari
  2. Menjaga kebersihan area kewanitaan.  Salah satunya adalah dengan mengganti celana dalam secara berkala dengan celana berbahan katun, membasuh area kewanitaan dari depan ke belakang dan selalu menyediakan alas toilet saat menggunakan  toilet umum
  3. Hindari menahan buang air kecil
  4. Rutin melakukan senam ringan
  5. Memperbaiki posisi tidur
  6. Rutin mengkonsumsi prive uricran yang mengandung ekstrak cranberry

Apa itu prive-uricran dengan ekstrak cranberry?

Prive uricran adalah suplemen tepat untuk mencegah anyang-anyangan.  Terbuat dari ekstrak cranberry yang memiliki kandungan Molekul non-dialyzable yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab ISK.  Cranberry ini adalah sejenis berry hutan yang hanya tumbuh di Kanada dan Amerika bagian utara.

source uricran.co.id 

Source FP Prive-uricran

Menurut hasil penelitian Prof. Itzhack Ofek, seorang peneliti dari Tel Aviv University Sackler Faculty of Medicine ekstrak cranberry memiliki kandungan vitamin, serat dan anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan ISK.  Selain itu buah ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu menurunkan peradangan pada gusi dan mampu menurunkan resiko terserang penyakit kardiovaskuler (http://uricran.co.id/2017/07/10/selain-mencegah-isk-danatau-isk-berulang-ini-manfaat-lain-dari-cranberry/).

Cranberry juga mengandung vitamin A, E, C, anti oksidan anthocyanins, ellargic acid, resveratrol, quercetin, dan selenium. Buah ini juga sangat nikmat dijadikan jus ataupun olahan makanan lainnya.  Keunggulan dan khasiat buah ini rupanya ditangkap oleh sebuah perusahan farmasi yang cukup ternama untuk diproduksi secara besar demi mencegah beberapa penyakit tersebut.


Combiphar sebagai sebuah perusahaan farmasi mengemas ekstrak cranberry dalam bentuk serbuk dan kapsul yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.  Inilah alasan mengapa saya menggunakan prive-uricran selain itu rasanya juga segar dan tidak membuat mual saat mengkonsumsinya.  Tentu siapapun akan memilih produk yang alami saat hamil demi mencegah dan mengobati gangguan kesehatan.


Source FP prive-uricran


2 komentar:

  1. yang sering anyang-anyangan tinggal sedia uricran saja.. nice info mbak sri..

    BalasHapus
  2. Buah yang terkandung itu manfaatnya banyak sekali ya...

    BalasHapus

Total Absen

Pengikut