Kamis, 06 Oktober 2016

Santap Santai Aneka Menu Bale Udang Restoran

Bali merupakan salah satu primadona wisata hingga saat ini.  Wisatawan domestik pun mancanegara terus membanjiri pulau yang dikenal sebagai pulaunya para Dewa.  Semua tak terlepas dari pesona alamnya dan kebersihan pantai -pantai yang terhampar mengelilingi pulau berbentuk ubur-ubur ini.


Bagi para wisatawan, Bali merupakan surganya kerajinan ukir, pahat dan lukis, namun pulau ini juga merupakan surganya kuliner tak ubahnya Kota Bandung.  Bila dahulu banyak wisatawan muslim yang ragu berkuliner di pulau ini, kini tidak lagi.  Berbagai kedai dan restoran halal sudah banyak tersedia, pun bagi anda yang kurang cocok dengan masakan Bali.
Salah satu tempat  yang menyajikan menu-menu halal dan cocok dengan lidah wisatawan adalah Bale Udang.  Restoran yang berada di bawah manajemen Avila Hospitality ini tidak hanya menyajikan menu- menu yang menonjolkan kekayaan lokal, namun juga suasana yang nyaman dan cozy.



Rumah makan yang didesain seperti kedai apung ini memiliki view yang bisa bikin teduh mata. Ratusan ikan yang berenang di kolam yang terletak di bawah bale bale ini menjadi sebuah hiburan sendiri bagi keluarga. Sambil menunggu pesanan datang, pengunjung bisa melakukan aktivitas memberi makan ikan ataupun bermain di playground (khusus anak-anak lohhh, Bapaknya ngga boleh ikutan). Jadi anak-anak tak merasa bosan pun rewel saat di ajak makan.


Total bale yang ada sekitar 25 yang terdiri dari 17 bale apung, dan 3 bale besar yang diperuntukkan untuk meeting, Wedding dan dolanan. Semuanya tampak sederhana dan nyaman.


Restoran ini seperti namanya Bale Udang, menyajikan aneka menu olahan udang yang dapat disajikan dalam satu paket dengan nama "Urang Ageng". Menu ini terdiri dari 7 jenis olahan udang, yaitu Udang Saus Padang, Udang Bakar Madu, Udang Bakar Lekker, Udang Bakar Kecap, Udang Crispy, Udang Goreng Tepung dan Udang Suna Cekuh. Semuanya ini sangat lezat, bumbunya begitu terasa.



Namun selain itu Resto ini menyajikan aneka menu yang mengusung konsep lokal, salah satunya adalah Urap Gondo.  Urap ini hanya saya dapati di Bali.  Bentuknya seperti kangkung tapi teksturnya lebih lembut dan sedikit pahit.  Penyajian urap ini pun sangat khas, tak seperti urap pada umumnya.  Urap Gondo buatan Bale udang menggunakan kelapa yang di parut memanjang kasar, sehingga padu padan antara manis dan gurihnya kelapa mengikat sempurna si "daun gondo". 





Aneka menu utama tersebut disajikan bersama beberapa macam sambal.  Salah satu yang menjadi favorit saya adalah sambal goreng.  Sambal ini terbuat dari bawang putih, bawang merah dan cabai yang di goreng dan diberi perasan jeruk. Nikmat sekali, sementara untuk sambal mangganya menurut saya kurang manis dan kurang pedas.


Menu istimewa lainnya dari tempat makan ini adalah Tape Gulung.  Menu yang termasuk dalam kategori dessert ini juga tak kalah nikmat. Tape yang sudah dihaluskan di bungkus dalam kulit lumpia kemudian digoreng, lalu diberi siraman gula aren.

Puas bersantap, biasanya kami tak segera beranjak pergi, sebagian masih asik bercengkrama, dan sebagian yang lain menunaikan kewajiban sholat dzuhur di sebuah mushala yang tersedia di dekat dapur.  Musholanya cukup layak, dan ini juga yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk menikmati santap siang di restoran ini. So, tidak salah kiranya bila saya menjadikan tempat ini sebagai salah satu referensi untuk para tamu dan klien suami yang ingin bersantap santai.  Bahkan resto ini telah meraih kemenangan pada event Bali Tourism Award 2015- 2016
.
Restoran ini juga bisa dibooking untuk acara wedding maupun meeting.  Booking bisa dilakukan melalui

Jln. Nakula No. 88, Sunset Road, Kuta 80361, Bali – Indonesia
Open daily : 11.00 – 22.00 WITA
Call. +62 361 894 7119 or +62 361 370 0660
rsv. rsv.kuta@baleudang.com
sales. sm.kuta@baleudang.com


Tidak ada komentar:

Total Absen

Pengikut