Senin, 20 Juni 2016

Chef Kitchen, Dari Mata Turun Ke Hati

Berpose Bersama Owner Cafe Degan


“Kalau kita nikah nanti, aku ngga mau ke dapur Mas! Jangan Paksa aku untuk masak!” ucap seorang gadis pada kekasihnya.  Sang pria menjawabnya dengan sebuah senyuman,”Tenang aja Dik, kan warung banyak yang buka, mau yang mewah tinggal ke restoran”
Itu adalah secuil percakapan antara Delia dan Reza sebelum pernikahan itu terjadi.  Melihat karir mereka yang sedang di atas angin, mungkin bukanlah masalah bila setiap hari mereka menikmati hidangan racikan Chef bintang lima.  Namun hidup ini bagaikan sebuah roda kehidupan, tak selamanya kita berlimpah materi, ada saat di mana Allah menguji kita, dan mengambil apa yang kita miliki selama ini, jabatan, kekayaan atau bahkan orang yang kita sayangi.  Kenaikan harga bahan pokok yang melambung semakin membuat hidup kita terasa sesak dengan himpitan ekonomi, bila tidak berhitung, bagaimana biduk kita bisa bertahan dari hempasan badai?
Keengganan Delia untuk memasak disebabkan beberapa faktor, di antaranya:
-          Menyita waktu
-          Enggan kotor
-          Repot
-          Lelah
-          Didikan orang tua

Sebagai orantua kita tak selamanya bisa mendampingi anak-anak kita, ada saat kita harus melepasnya dan mempersiapkannya menjadi ibu seperti kita.  Bila kita mendidiknya sebagai seorang Putri tanpa melatihnya untuk menjadi seorang Ratu dapur, suatu saat dia akan mengalami kesulitan ketika harus mendapat seorang mertua yang menuntut menantunya bisa memasak.  Bukan itu saja, kian hari perkembangan dunia makanan kian memprihatinka.  Kenaikan bahan baku untuk memproduksi makanan membuat sebagian oknum mensiasatinya dengan licik tanpa mempedulikan nasib pelanggannya.  Akhirnya tumbanglah satu persatu jiwa tak berdosa akibat beberapa oknum nakal ini.  Tentu tak satupun dari kita berharap akan mengalami peristiwa nahas tersebut.  Oleh karena itu, bekali putri kita dengan ketrampilan memasak, sebab di zaman secanggih ini memasak bukan lagi hal yang sulit, Semua kecanggihan teknologi siap menunjang aktivitas memasak anda menjadi lebih mudah .
Beruntung kemarin saya berkesempatan menghadiri sebuah acara keren bersama sohib saya Debby Lukito, yang diselenggarakan oleh Femina magazine bekerjasama dengan Panasonic Cooking dan Cafe Degan. Acara yang diberi judul Chef Kitchen ini menghadirkan seorang pemateri yang keren beken.  Siapakah dia?
Beliau adalah Chef Degan Saptoadji salah satu juri Masterchef Indonesia.  Pria yang humble dan humoris ini adalah owner dari Cafe Degan yang berlokasi di Jl. Petitenget Krobokan, Seminyak- Bali.  Lelaki berusia 47 tahun ini telah malang melintang di dunia kuliner selama 31 tahun dengan sejumlah prestasi yang membanggakan.  Sambutan yang ramah dari tuan rumah pada para peserta, sungguh membuat kami betah berlama-lama duduk di Cafe yang cozy abis ini.


Acara dimulai pada pukul 15.30 WITA, dan dihadiri kurang lebih 30 peserta dan undangan.  Di awali dengan bincang ringan bersama Chef Degan, kami menyimak setiap materi yang diberikan.  Ada 3 resep yang kami praktekan, yaitu : Indonesian Roasted Chicken, Spiced Shrimp Rice dan Apple Salad.  Semuanya adalah menu yang lezat dan nikmat.  Awalnya saya merasa ragu, bagaimana kita bisa menyiapkan ketiga menu ini hanya dalam waktu 1 jam?
Nah, disinilah saya dan peserta lainnya dibuat terkagum-kagum dengan kecanggihan teknologi di bidang alat masak yang dimiliki oleh product-product panasonic.  Memasak menjadi mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Untuk memanggang ayam hingga dicapai tingkat kematangan ideal kita hanya butuh waktu kurang dari 1 jam dengan menggunakan Microwave convection milik Panasonic Cooking ini.  Alat ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:
Microwave Convection

-          Inverter
-          Flat Table (non- Turntable)
-          Capacity 27 L
-          Auto Menu
-          Auto Reheat
-          Child Safety Lock
Alat ini tidak hanya berfungsi untuk memanaskan makanan, melainkan juga berfungsi untuk grill,convection bake,dan browning function.  Keren kan? Sambil menunggu ayam matang kita bisa mengerjakan pekerjaan yang lain tanpa khawatir hangus, karena fungsi otomatisnya.
Masakan ke dua adalah  Spiced Shrimp Rice.  Untuk menu ini kami menggunakan Rice Cooker seri SR-ZS185TSR yang juga sama canggihnya dengan si Microwave.  Ini merupakan seri terbaru yang dikeluarkan panasonic.  Seri ini memiliki 13 fungsi dalam satu, di antaranya sebagai alat penanak nasi, magic com, memasak sushi, membuat bubur, masak nasi goreng, membuat cake dan mengukus.  Dilengkapi dengan  alat pengatur waktu dan jam, berbagai pilihan menu memasak, tempat nasi anti lengket, tutup yang mudah dicuci dan dilepas.  Cara memakainya juga tidak sulit, cukup mengikuti buku panduan saja.
Untuk menghaluskan bumbu dan merajang bahan salad digunakan Food Processor keluaran terbaru dari Panasonic Cooking, namanya Mixer Grinder yang baru dilaunching pada minggu ini.  Penampilannya kereen Booo..!  Fungsinya juga sangat memudahkan aktivitas menyiapkan bumbu-bumbu.  Ngga perlu capai-capai ngulek dan bikin tangan pegel.  Tinggal masukan seluruh bumbu, kasi sedikit air lalu proses. Bumbu nasi goreng pun siap hanya dalam hitungan detik.  Jadi, siapa bilang masak itu ribet? Masih keukeh alergi ke dapur? Yuk kita coba buat Spiced Shrimp Rice sebagai langkah awal!
Panasonic Food Processor

 
BAHAN
2 sdm mentega tawar
100 gr jagung pipil
100 gr wortell
100 gr kacang polong
5 cm jahe, iris tipis
4 lembar daun jeruk
300 gr udang
200 gr beras
1 sdt garam
½ merica  bubuk
200 ml air
Bumbu:
15 cabai merah
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
Cara membuat:
1.      Masukan cabai, bawang merah, bawang putih  ke dalam Panasonic Food Processor
2.      Panaskan mentega dalam Panasonic Rice Cooker lalu tumis bumbu hingga harum dan tambahkan daun jeruk, sereh dan jahe
3.      Masukkan beras ke dalam rice cooker lalu bumbui dengan rata.  Beri garam dan merica, tambahkan air lalu masak hingga hampir matang
4.      Masukkan wortel, kacang polong dan jagung manis lalu masak lagi sebentar.  Bila sudah hampir masak, masukkan udang lalu tutup sebentar.  Angkat dan sajikan
Rasanya ... maknyusss. Gimana, mudahkan memasak?
This is it, Spiced Shrimp Rice

Selain masak bareng, di acara Chef Kitchen, peserta juga ditantang untuk adu kreativitas platting dan lomba posting Instagram.  Team yang menang mendapatkan hadiah Voucher, sedangkan untuk lomba posting hadiahnya...WOW! keren beken abis yaitu Food Processor terbaru yang harganya di atas 5 juta rupiah, sedangkan juara 2 mendapatkan blender dan voucher belanja senilai 500 rb. Kereen...

The Best Plating Team


Me and Debby Lukito


Team 2 dan Masakannya


Spiced Shrimp Rice


Indonesian Roasted Chicken


Serah Terima Cindera Mata dari
Mba Novi (Femina Magazine)Untuk Panasonic



Acara yang dipandu mas Coky dan dihadiri oleh perwakilan Femina (Mba Novi), perwakilan Panasonic Cooking (mba Dea) ini berlangsung seru, penuh keakraban dan menarik. Banyak manfaat yang peserta dapatkan terlebih lagi saya berkesempatan memperoleh sebuah blender Panasonic dan voucher Belanja, Sementara hadiah utama diraih oleh Sashy, seorang seleb Food Blogger Bali yang belum lama ini juga memenangkan kompetisi adu resep Panasonic.
Even ini betul-betul istimewa, dan Panasonic Cooking make dream comes True, Dari Mata Turun Ke Hati.  Menyaksikan even dan demo product ini membuat kami ingin terus memasak dan memiliki aneka produk keren ini. Bertabur manfaat, bertabur bonus.
Acara ditutup dengan makan malam , menikmati aneka sajian menu ala Cafe Degan yang Laziz bin yummy.  Disajikan dengan plating yang simple namun unik aneka menu Cafe ini sungguh menggoda lidah. Bebek Suir Sambal Matah dan Daging Masak Cabai Hijaunya juara bangetttt..., bikin kami ingin balik lagi mencicipinya.  Terima kasih Femina Magazine, Panasonic Cooking dan Chef Degan untuk acara yang berbobot ini. Sukses untuk Kalian semua



Menu Ala Cafe Degan

Bebek Suir Sambal Matah


Daging Masak Cabai Hijau Ala Cafe Degan


Takjil ala Cafe Degan



Tidak ada komentar:

Total Absen

Pengikut