Sabtu, 26 Maret 2016

IKAN PARI ASAP MASAK SAMBAL LU'AT



Ada yang pernah makan sambal Lu'at?  Ya, bener banget..ini sambal khas NTT.  Rasanya sangat unik di lidahku, ada kecut, pedes, dan asin yang sangat dominan.  Mungkin aku tidak terbiasa saja dengan citarasa seperti ini.

Nah loh...kok dibeli kalau ngga suka? Hehehe, ...sebenernya rasa penasaran lah yang mendorongku untuk membelinya di sebuah pusat oleh-oleh di NTT.

Nah karena sudah dibeli, jangan sampai mubazir yaa...Allah tidak suka hambanya mbuang buang makanan.  Akhirnya aku punya ide untuk mengolahnya bersama ikan asap kegemaran suamiku.  Jadilah  akhirnya menu baru yang sangat mudah memasaknya..ikan pari asap masak sambal lu'at.
Bahannya apa aja sih?
5 potong ikan pari asap
3 sdm sambal lu'at
1 genggam kucai
100 ml air
1 sdm gula
2 sdm minyak untuk menumis

Hahaha...aku ngga pernah ketinggalan nambahin gula dalam tiap masakanku..soalnya suka manis, sama seperti aku yang manies...cie..cie muji diri sendiri wkwkkw.
Baiklah kita lanjutkan memasak ya...
Cara membuat:
1.panaskan wajan dengan minyak, lalu tumis sambal lu'at sebentar, masukkan ikan asap
2. Aduk-aduk hingga bumbu meresap
3. Tambahkan air, masak hingga mendidih
4. Masukkan daun kucai dan gula.  Masak jingga air berkurang dan ikan matang.

Mudah bukan??
SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Absen

Pengikut