Kamis, 31 Maret 2016

ERNAWATI LILYS, JADI IRT BUKAN MIMPI BURUK


Saat seorang wanita menikah, maka di pundaknya dia menyandang tugas yang boleh dikatakan tidak mudah namun diganjar surga bila dia mampu menjalaninya, apakah itu? Ya,...tugas itu adalah menjadi "IBU" dan menjadi "RATU" di rumahnya.  Belum lagi saat wanita itu juga memiliki aktivitas lain baik di luar rumah maupun di dalam rumah.  Tidak bisa dibayangkan betapa luar biasanya seorang wanita, mungkinkah ada wanita sekuat itu?  Jawabannya banyak!  Namun mungkin yang berprestasi di tengah segudang aktivitasnya sebagai ibu dan istri bisa dihitung jari. Salah satunya adalah wanita bernama Ernawati Lilys, seorang wanita yang menasbihkan dirinya sebagai momwriter, mompreneur dan blogger.

Kasak - kusuk cantik tentang dirinya yang dihembuskan para blogger membuat saya tertarik ingin mengenalnya lebih jauh. Lewat sebuah group Blogger Perempuan saya berhasil menghubungi wanita yang ramah dan inspiratif ini. Wanita dengan dua anak balita yang salah satunya sedang aktif-aktifnya bergerak dan bertanya ini itu, sementara satunya lagi masih sangat kecil.  Wow..bisa dibayangkan repotnya ya?  Mungkin kalau aku ada di posisinya tubuh ini takkan kuat menjalaninya, kapan bisa punya Me Time?

Ah, ternyata tidak!  Wanita yang pernah menjalani hidup sebagai mahasiswa, karyawan dan istri pada saat bersamaan ini ternyata tetap dapat menikmati Me Time di sela-sela kesibukannya.  Wuih ..jadi penasaran ingin mengorek lebih jauh lagi.  Tau ngga, kalau wanita yang memiliki nama pena lisojungchan memiliki portofolio dalam dunia tulis menulis yang cukup mencengangkan.  Selain menulis di blog, mba Erna demikian aku memanggilnya juga menulis ratusan artikel di beberapa media online dan media cetak. wanita ini juga telah menerbitkan banyak buku, di antaranya Kuliah VS Kuli-ah.  Buku ini terinspirasi dari kejadian yang dia lalui saat menjadi seorang mahasiswa yang bekerja di sela -sela waktunya, tentang suka dukanya menjalani kuliah sambil kerja.  Sebagian besar tulisannya dia dapatkan melalui hasil pengamatannya yang jeli terhadap keseharianya dan berita - berita yang sedang menjadi trendingtopic.
Selain itu, mba Erna juga beberapa kali mengulas tentang resep-resep kuliner yang lezat, salah satunya adalah resep Onigiri yang dimuat dalam majalan Potret Edisi Januari 2015, Resep Bakso Tempe di IlmuNutrisi, Resep Donut Kentang serta resep -resep lainya.  Ikut penasaran juga? kepo-in aja blognya di www.ernawatililys.com. Baca juga.

Bunda dari Fatih ini merupakan alumni dari satra Jepang, hmm bisa dibayangkan ya kemampuannya menterjemah.  Kerennya lagi, emak blogger ini pernah menjuarai Lomba Cerita Mini FLP Saudi Arabia.  Ih... bikin makin takjub.  Saat beberapa wanita galau dengan kejenuhannya sebagai IRT, mba Erna ini justru membuktikan bahwa jadi IRT bukan mimpi buruk!  banyak hal yang bisa kita lakukan untuk eksistensi diri, yang penting enjoy. Jadi siapa bilang jadi IRT itu membosankan?  Kayanya tergantung cara pandang kita dan cara kita melaluinya, betul ngga? Contohnya mba Erna ini.

Sebagai penulis freelance, ibu dua anak ini juga begitu perhatian pada dunia anak, salah satu bentuk kepeduliannya adalah dengan terbitnya buku solo pertamanya yang berjudul Cerita Seru dan fakta Unik Tentang Burung.  Buku ini lahir dilatarbelakangi kebiasaannya membacakan cerita untuk buah hatinya.  Anak-anak bisa memetik hikmah dari cerita yang tertulis di buku ini.  Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan lembar untuk mewarnai sehingga sangat cocok buat anda yang punya anak balita.  Keren abiss deh bukunya.



Oh iya, ada hal menarik dari mba Erna ini yang membuat saya salut, yaitu prinsipnya untuk tidak pacaran!  Mba Erna sejak gadis memiliki orientasi membangun keluarga sakinah  bukan untuk pacaran sesaat, bahkan ceritanya waktu itu dia pernah diminta seorang seniornya untuk menjadi pacarnya, tapi karena prinsipnya itu maka dia menolaknya,  tapi siapa yang mengira penolakannya membuat sang senior bersedih dan menangis.  Akhirnya dia pun mengajak seniornya untuk menikahinya dan apa jawabannya??  sang seniorpun menolak sambil mundur teratur. wkwkwk... Tapi memang bener kata mba Erna, bahwa lelaki yang baik adalah lelaki yang berani meminta restu pada ayah kita untuk menikah.  Wuihh keren ya prinsipnya, meski banyak lelaki yang menyukainya dan mengajaknya pacaran dia bisa memegang teguh prinsipnya,..ih saya mah apa atuh dibanding mba Erna.  Jadi cocok kiranya kalau dia pegang prinsip Jomblo Sampai halal.

Wanita yang sangat hobi menulis menghabiskan waktu luangnya dengan menulis.  Kesibukannya sebagai IRT tak pernah membuatnya berhenti menulis dan merajut impiannya. Apa ya tipsnya?  Kata mba Erna tips utamanya adalah pandai membagi waktu.  Nah tips ini bener-bener teruji saat dia menjalani kehamilan anak pertamanya,  saat dia masih menjalani kehidupan sebagai karyawati sebuah perusahaan elektronik, menjadi istri, sekaligus menjadi mahasiswa.  Beliau harus bangun pagi-pagi untuk berangkat ke kantor, lalu pulang ke rumah untuk membersihkan badan dan memasak buat suami tercinta, lalu cap cus ke kampus.  Bahkan tidak jarang mba Erna terpaksa harus makan di kampus karena berlomba dengan waktu, dan sepulang dari kampus sebagaimana seorang istri dia melakukan tugas rumahtangga, baru deh istirahat.  Semua rutinitas dia jalani dengan senang, itu sebabnya dia merasa tak pernah jenuh dengan aktivitasnya.  Setiap kali mulai timbul tanda kejenuhan, mba Erna langsung menuangkan waktunya untuk menulis.  Keren kan tipsnya?

Bagaimana Saat Sudah Memiliki Anak?
Apa mungkin menulis di antara kesibukan sebagai ibu dengan dua anak yang masih kecil dan sedang aktif-aktifnya?  Bisa!  Mba Erna acap melibatkan anaknya saat menulis, selain untuk mengenalkan dunianya pada sang anak, mba Erna juga tidak ingin aktivitas menulisnya membuatnya mengabaikan anak-anaknya.  Jadi saat anaknya sedang rewel, dia akan tinggalkan aktivitas menulisnya dan mulai bermain bersama anak -anak sampai mereka tertidur, barulah dia bisa menulis setelah anak-anaknya tidur.  Ow..ow..ow... T.O.P B.G.T bangettt deh ibu ini.

Jadi, kalau kita terapin tips nya mba Erna dan menikmati aktivitas IRT dengan enjoy maka kehidupan IRT bukan mimpi buruk, justru sebaliknya penuh tantangan dan mengesankan

Nah buat yang baca tulisan ini dan makin penasaran dengan sosoknya, kunjungi aja blognya, IG, dan twitternya di bawah ini:

IG dan twitter @ernawatililys
FB :ERnawati Lilys


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Absen

Pengikut