Minggu, 10 Maret 2013

LAGI-LAGI BRONCHOPNEUMONIA

          Oh Tuhan...hatiku betul betul teriris saat ini.  Di hadapanku terbujur lemah seorang bayi mungil berusia 3 bulan dalam nafas tersengal, disana-sini selang melilit tubuhnya dan alat bantu pernaafasan tak henti dipompakan.  Malang benar nasib bayi perempuan nan cantik itu.  Bayi yang datang bersama ambulan dan kedua orangtua terkasih yang tak henti menatapnya dengan cemas dan linangan air mata.

Peristiwa itu terbayang lagi di mataku...saat Favianku terbaring lemah dengan kondisi yang sama dan harus menjadi penghuni ICU di sebuah rumahsakit di Surabaya.  Bisa kurasakan kesedihan sang ibu yang terpaksa tak bisa mendampinginya dari dekat.

              Hari ini sebenarnya aku hanya bermaksud untuk memeriksakan luka bekas gigitan tikus Sialan itu.  Suasana UGD tampak ramai dengan para penunggu dan pasien yang menunggu antrian.  Perhatianku tiba-tiba terpecah , waktu kulihat sebuah ambulan datang bersama seorang bayi yang masih sangat mungil untuk ukurannya.  Kupandangi bayi kecil itu hingga masuk ke UGD.  Sementara sang Nenek tampak begitu khawatir.

             Kucoba tuk membuka percakapan dengannya, bertanya tentang apa yang dialami si bayi kecil.  Sang nenek menuturkan bahwa cucunya hanya menderita batuk 2 hari ini dan tiba-tiba sesak dan membiru.  Sampai situ aku sudah bisa menebak apa yang diderita sang bayi mungil tersebut "Bronchopnemonia".  Dugaan yang akhirnya dikuatkan oleh pernyataan dokter yang menanganinya.

          Tindakan demi tindakan dilakukan demi menyelamatkan sang bayi, mulai bantuan oksigen, rongent dan infus terpasang semua.   Tak ada tangis terdengar dari sang bayi mungil itu ataukah dia memang tak kuasa menangis karna sesak yang menderanya?

          Ku coba tuk memberi kekuatan pada sang ibu serta doa  tulus yang kupanjatkan dalam hati demi kesembuhan bayi malang itu.  Saat seperti ini, bisa kurasakan betul rapuhnya sang ibu dari ekspresi wajahnya yang tak henti menangis karna cemas dan takut.  Kupikir  ini saatnya aku membantunya dengan doa, semangat dan berbagi trik tuk mencegah penyakit yang satu ini.

        Teman, tahukah kalian apa itu bronchopneumonia? bagaimana cirinya? dan cara perawatannya.  Aku hanya ingin berbagi pengalaman disini berdasar apa yang kualami dan informasi yang kuperoleh dari dokter yang menagani putraku dahulu.
Bronchopneumonia adalah penyakit radang pada saluran bronchus yang banyak merenggut nyawa bayi dan balita.  Gejala awalnya ditandai dengan batuk dan flu yang muncul tiba-tiba.  Umumnya pada bayi dan balita yang belum mampu untuk mengeluarkan lendir/riak maka akan terjadi penimbunan dahak/riak pada bronchus yang akhirnya menyebabkan bayi sulit bernafas, demam tinggi dan pada tahap parah menyebabkan gagal nafas dan kematian.

         Jadi jangan remehkan batuk dan pilek yang terjadi pada bayi, terlebih bila bayi anda mengidap alergi.  Segera berikan pertolongan pertama dengan cara:
 1. menghangatkannya di bawah sinar matahari pagi
2.  Menjauhkan dari boneka, karpet maupun selimut berbulu dan debu
 3. Jauhkan dari hewan peliharaan yang berbulu
 4.  Berikan pengobatan sesegera mungkin untuk mencegah kondisinya memburuk
 5. Berikan suplemen peningkat imun tubuh
 6.  Pijatlah bayi anda secara teratur untuk memperlancar peredaran darahnya
 7.  Lakukan Nebulizer di bawah pengawasan dokter

        Jadi buat teman-teman yang saat ini memiliki bayi dan balita, INGAT!! jangan sepelekan batuk pilek yang menyerang buah hati anda karna penyakit ini merupakan penyakit yang banyak merenggut nyawa bayi dan belita.  Melakukan tindakan antisipatif lebih baik daripada mengobatinya, karena penyakit ini menyerang sangat cepat, dalam hitungan 2-3 hari bila kondisi imun buah hati anda jelek penyakit ini dapat menyebabkan gagal nafas dan kematian

WASPADALAH!!

Tidak ada komentar:

Total Absen

Pengikut