Minggu, 02 September 2012

WISATA ASYIK, MURAH, DAN EDUKATIF


          Weekend!  Hari yang ditunggu telah tiba.  Saat dimana suami dan anak-anakku dapat berjumpa dan bercanda ria.  Yah, week end selalu menjadi hari yang sangat membahagiakan bagi kami.  Intensitas pertemuan ayah dan anak yang hanya seminggu sekali selalu kami lewati dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.  Salah satunya adalah berwisata.
 
Siapa yang tak suka berwisata?   Hampir setiap keluarga menyukai kegiatan penuh keceriaan ini, begitu pula dengan kami.  Namun dalam memilih tempat wisata ada beberapa hal yang kami jadikan pertimbangan.  Mengapa demikian, tidak lain karena kami hampir melakukannya tiap minggu.  Tanpa perhitungan dan perencanaan yang baik, kegiatan yang menjadi rutinitas keluarga kami ini akan menghabiskan banyak biaya.  Bisa-bisa uang gaji satu bulan habis dalam sekejap. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami dalam menentukan tujuan wisata, yaitu:
1.      Mengandung unsur edukatif
Faktor ini merupakan pertimbangan utama kami dalam memilih tempat wisata, agar setiap perjalanan yang dilakukan tidak hanya menguras kantong namun ada manfaat dan ilmu yang diperoleh anak-anak. 

2.      Murah dan menarik
Pendapatan yang kami miliki harus kami kelola dengan baik, sehingga antara pemasukan dan pengeluaran tidak berat sebelah.  Bagi kami berwisata itu tidak harus mahal, yang terpenting adalah manfaatnya.  Banyak tempat wisata yang murah dan menarik yang sering kami kunjungi.  Anak-anak pun tetap dapat menikmatinya. 
Mengunjungi tempat wisata yang murah dan menarik tidak akan membuat kantong terkuras anak-anak pun tidak akan merasa bosan.  Salah satu tempat tujuan wisata yang murah dan menarik terdekat dengan lokasi kami adalah Taman Flora.

3.      Lokasi mudah dijangkau
Faktor lokasi kami jadikan salah satu pertimbangan dengan alasan waktu.  Libur yang dimiliki cukup singkat, hingga kami juga harus tetap menjaga stamina kami agar dapat beraktivitas esok harinya.  Bila lokasinya sulit dijangkau dan memakan waktu lama, maka waktu yang tersedia untuk bermain di lokasi wisata sangat sempit dan terbatas.
Mau tahu tempat wisata apa saja yang memenuhi syarat  di atas?  Mari kita simak!
1.      Taman Flora
Lokasinya terletak di pusat kota Surabaya.  Taman ini memiliki banyak fasilitas penunjang pendidikan, ada arena outbound, berbagai jenis flora, koleksi rusa, perpustakaan keliling, ruang pertunjukan, arena bermain dan toilet.  Taman yang dikelola oleh Pemerintah Kota Surabaya ini dapat anda kunjungi secara gratis.  Lokasinya yang nyaman sangat cocok bagi siapa saja untuk berwisata atau hanya sekedar mencari inspirasi


Ruang hijau yang terletak di Surabaya ini padat pengunjung di hari sabtu dan minggu.  Anda dapat membawa keluarga untuk berkemah di tempat ini.
1.      Pusat Pelatihan Lingkungan Hidup , Seloliman
PPLH Seloliman terletak di kaki Gunung Penanggungan, dengan pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk dan aliran air yang jernih juga dingin.  Tempat ini dilengkapi dengan perpustakaan, mushola, Restauran yang menyajikan menu yang sehat dan serba organik, taman yang indah, ruang pertemuan, Bungalow, dan hamparan ladang sayuran organik.  Tempat ini sangat cocok untuk berlibur, tentunya bagi mereka yang menyukai suasana pedesaan.


 
Tempat ini dapat anda kunjungi gratis, atau anda bisa juga menikmati paket pendidikan dan outbond yang tersedia. Tempat ini menyelenggarakan berbagai pelatihan lingkungan hidup dengan berbagai paket dan harga.  Ada Managemen Sampah, Pelatihan Ekosistem Hutan Tropis, Pelatihan Energi Alternatif dan Teknologi Tepat Lingkungan, Tanaman Obat dan Pengobatan Tradisional, Pencemaran Lingkungan, Ekonomi Lingkungan dan masih banyak lagi.  Biasanya lembaga ini bekerjasama dengan lembaga pemerintah dalam menyelenggarakan pelatihan tepat guna ini.  Tak jarang pelajar mulai tingkat TK hingga Perguruan Tinggi berkunjung untuk mengikuti pelatihan, begitu juga dengan instansi pemerintah dan swasta yang sedang melakukan pengkaderan, banyak yang memanfaatkannya.


1.      Petilasan Jolotundo
Lokasi yang terletak tak jauh dari PPLH Seloliman ini konon merupakan pemandian Raja Airlangga yang dibangun pada tahun 977 Masehi.  Didalamnya terdapat sumber mata air yang konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan memiliki kandungan kualitas air yang sangat baik.
Anda dapat juga menyaksikan berbagai ikan dalam ukuran yang cukup besar yang menurut kepercayaan jumlahnya tidak pernah berkurang dari tahun ke tahun.  Lokasi yang didalamnya terdapat candi-candi peninggalan kerajaan Airlangga ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.
Hanya dengan tiket masuk Rp.6000,- anda dapat menikmati wisata purbakala.  Nilai yang sangat murah bila dibandingkan dengan ilmu yang kita dapatkan.

 
1.      Pemandian Air Panas
2.      Batu Secret Zoo








1.      Pantai Kenjeran















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Absen

Pengikut