Minggu, 23 Juli 2017

Jangan Datang ke Petrokimia Agrifood Expo 2017!

Haii sobat kece!

Selamat pagi dan berhari minggu.  Udah merencanakan kegiatan hari ini mau kemana?
Nah kalau belum, buat kamu yang berdomisili sekitar Gresik, atau Surabaya, mending kita jalan-jalan ajak keluarga ke Kebun Percobaan Petrokimia Gresik yuk.  Ada acara keren yang berlangsung hari ini.  Tinggal hari ini saja.

Sejak 21 Juli kemarin, perusahaan pupuk ternama di Indonesia ini menyelenggarakan sebuah even Petrokimia Agrifood Expo 2017.  Di event ini kamu bisa jalan-jalan menikmati kebun, memberi makan sapi, dan rusa, petik buah plus memborong seluruh aneka produk pertanian, ikan dan daging serta olahannya. semuanya kualitas terbaik.

Acara yang berlangsung selama 3 hari ini dan akan ditutup hari ini, merupakan satu cara melewati liburan yang seru bersama keluarga.  Kalau saya sih sudah kemarin bersama rombongan teman-teman.  Kami sempat diajak berkeliling kebun sama mas ganteng Bram dan bertanya-tanya tentang banyak hal berkaitan penghuni kebun percobaan.  Banyak banget manfaat yang kami dapat di kebun ini.

Biar kamu tambah mupeng..baca ulasan saya yuk.

Sabtu 22 Juli kemarin saya bersama team dari Malang berkesempatan menghadiri undangan mengikuti Food Journey yang diselenggarakan oleh PT. Petrokimia Gresik.  Berempat kami berangkat jam 05.20 WIB dari Malang menggunakan bis umum jurusan Malang Surabaya menuju spot penjemputan di Arena DBL.  Kami bertemu dengan banyak influencer yang juga mendapat undangan VIP dari mas Emir Ramadhani.

Perjalanan menuju Petrokimia kami lanjutkan menggunakan bis AC milik Petro yang nyaman dan empuk kursinya dengan hiburan karaoke dari mas Emir.. eh bukan. dari kaset wkwkwk. Sesampainya di tujuan, sepertinya kami ketinggalan acara nih.  Kebun sudah dipenuhi oleh pengunjung yang datang dari berbagai sudut kota Gresik.  Wah..wah.. bisa kehabisan kami kalau telat.
Manager Humas Petrokimia 

Kami disambut team dari Petrokimia Gresik termasuk seorang Pria berbaju merah yang tidak lain Manager Humas Petrokimia Mas Muhammad Ihwan.  Orangnya cukup humble, walau tidak terlalu banyak bicara sih saat itu. Mas Ihwan memberikan sepatah dua kata sebagai sambutan dan pengenalan pada para peserta.  Eh ternyata, saya kenal dengan mas berbaju merah ini loh.  Dia tidak lain adik tingkat saya di Universitas Brawijaya Malang.

Nah usai berkenalan kami yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok pun menyebar menuju spot-spot yang suddah ditentukan.  Saya kebagian di group 2 berssama mba Avy Chujijah.  Kami dipandu mas Bram berkeliling kebun ke lebih dari 3 spot.
Adapun spot-spot yang kami kunjungi sebagai berikut:

Spot 1 : Sawah

Bersama mas Ihwan Manager Humas Petrokimia



Di lokasi ini kami melihat aneka tanaman padi jenis Ciherang yang sedang dikembangkan oleh Petro dengan perlakuan pemberian dosis pupuk Petroganik 500 kg, Phonska 300 Kg dan Urea  200 Kg.  kami juga diberi kesempatan untuk praktek tanam di sini, sayangnya kami udah terlanjur macak cantik dan ganteng, jadi biar diwakilkan panitia aja deh nyebur sawahnya wkwkwk. (bandel).
Setelah lihat padi kami juga lihat tanaman kakao yang ditanam di bawah pohon lamtoro.  Ternyata tanaman lamtoro ini digunakan sebagai tanaman penahan angin dan pelindung.  Selain itu juga mencegah hama (salah satu bentuk penanganan hama terpadu).  Istilahnya tumpangsari.

Spot 2 : Nengok Sapi

Setelah berpanas di sawah, kami diajak menuju kandang sapi.  Awalnya kami berpikir pasti bau yaa.. namanya juga kandang.  Tapi, ngga seburuk yang kami takutkan.  Kandang sapinya bersih dan tidak terlalu bau.  Rupanya ada treatmen yang diberikan yaitu pemberian probiotik yang mampu mencegah bau menyengat pada kotoran sapi.  Di spot ini ada 2 jenis sapi yang dikembangkan yaitu Limousine yang bertubuh panjang dan Semintal yang semolohay.  Semua terlihat besar, gagah dan bersih sapinya.  Cakep loh. Nah Sapi- sapi ini adalah jenis sapi pedaging.  Kotorannya ditampung dalam bak-bak yang dibuat di tanah untuk kemudian diolah menjadi pupuk. 
Sapi pedaging jenis limousine yang cakep ya..

Kamu juga boleh memberi makan sapi loh.  Anak-anak pasti senang dengan kegiatan ini

Spot 3 : Penangkaran Rusa

Bukan hanya kebun raya bogor aja yang punya rusa.  Petrokimia gresik juga punya 2 jenis rusa pemberian bu Megawati.  Ada jenis rusa Timor dan rusa Bawean.  Rusa Timor memiliki postur tubuh lebih besar dari rusa Bawean.  Kedua rusa ini ternyata suka sekali makan mangga yang jatuh dari pohon loh. 
Ngasi makan rusa yukk

Penangkaran rusa ini merupakan salahsatu spot yang disukai oleh pengunjung anak-anak.  Ada seorang anak kecil yang begitu menikmati aktivitas memberi makan rusa saat itu.

Spot 4 : Kebun Buah Percobaan

Di spot ini ada berbagai komoditi yang bisa dipetik.  Ada melon, bayam, kembang kol, bayam merah, caisim, sawi daging, dan aneka sayuran lainnya.  Kebetulan saya dan team kebagian metik melon bersama-sama.  Melonnya manis banget dan besar-besar.




Labu yang besar ya.

Dalam perjalanan menuju kebun buah percobaan, saya terpaku pada sebuah tanaman yang tak asing.  Namanya Alkisa.  Buahnya berwarna kuning dengan daging buah berwarna kuning, kesat.  Buah berbiji tunggal ini punya rasa yang khas dan punya kisah tersendiri dalam masa kecil saya.  Tanaman ini termasuk salahsatu tanaman langka loh.

Buah Alkisa

Spot 5 : Hydroponik Selada

Disini kita diajarkan secara singkat cara untuk menanam sayuran secara hydroponik menggunakan bahan-bahan rockwoll dan nutrisi tanaman.  Kita bisa praktek juga disini. Seru kan?

Spot 6 : Screenhouse

Ini adalah salah satu spot yang menarik.  Penggunaan screenhouse ini, selain untuk mencegah serangan hama juga untuk melindungi tanaman dari panas dan curah hujan yang berlebih.  Tanaman-tanaman di screenhouse ini ada yang mendapatkan air dengan sistem irigasi kabut ada juga yang mendapat perlakuan irigasi tetes.  Semuanya tumbuh subuh dan segar.  Ada tomat, cheer, labu, selada, melon dll.
Salada dengan sistem Irigasi kabut

Spot 7 : Tabulampot

Nah..buat kamu yang memiliki lahan sempit dan suka pindah rumah kaya siput, sistem tanam tabulampot ini sangat cocok kamu terapkan.  Medianya adalah tanah dan pot besar dari drum bekas. Sebelumnya tanaman yang akan dibuat tabulampot harus dipotong dulu akarnya.  Tujuannya adalah untuk menumbuhkan lebih banyak akar serabut.  Perlakuan lainnya adalah dengan pemangkasan untuk mengatur jumlah daun dan percabangan agar tidak terlalu lebar.

Wah banyak banget ilmu yang didapat.  Seru dan menyenangkan.  Kami dijamu dengan makan siang ala bancakan di bawak tanaman labu cha.  Menunya nasi urap dengan ayam, udang, otak-otak bandeng, telur, tahu tempe, dan pepes daging.  Setelah itu kami juga berkesempatan belanja di bazaar yang diselenggarakan di petrokimia.  Ada banyak produk pertanian berkualitas dipamerkan dan boleh diborong.  Terdapat banyak stand makanan nan lezat juga disana.  Ayoo mumpung masih ada kesempatan, ajak keluarga anda di minggu pagi ini ke Petrokimia Agrofood Expo 2017 dan nikmati semua keseruannya.  All free masuk.
Menu Makan Siang Bancakan Nasi Urap

Jadi Jangan datang ke Petrokimia Agrifood Expo 2017 bila tidak suka bahagia, sebab bahagia itu sederhana.  Sesederhana petani yang tersenyum melihat panennya.  Semoga acara ini semakin sering diselenggarakan.

10 komentar:

  1. Pengalaman yang menyenangkan bersama rekan-rekan influencer...
    wuih ada makan siang Sego Bancakannya, muantab nikmaaaat...

    Thanks for Sharing mbak...

    BalasHapus
  2. acaranya pasti meriah dan mengesankan nehh.. tapi awas, bumil jangan terlalu banyak aktivitas di luar rumah yaa.. :D

    BalasHapus
  3. Tempat penangkaran rusanya seru ya. SO cute, anak-anak boleh kasih makan Rusa

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mba..dan rusanya suka makan mangga

      Hapus
  4. Aku penggemar seladaaaaaa. Mupeeng banget lihat selada segitu banyaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapiii ini seladanya pahitt huhuhu

      Hapus
  5. saya mau ke screenhouse, udah lama pengen masuk kesana. pengen belajar caranya untuk dibuat di halaman rumah gimana yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya tuh mas. kalau punya halaman luas bagus juga buat screen house gitu. bisa tanam berbagai sayur

      Hapus

Total Absen

Pengikut