Selasa, 03 Mei 2022

Faiz, Model Cilik Penyandang Downsyndrome

Faiz Model Cilik Downsyndrome


"Camera Action!"
Sebuah senyum terlukis di wajah mungil itu. Senyum yang mampu membuat siapapun gemas. Gaya natural yang diperlihatkan oleh sosok kecil yang memiliki wajah khas. Mata bulat dengan alis hitam bak semut beriring. Orang mengenalnya dengan panggilan Faiz, seorang model cilik penyandang Downsyndrome. Sebuah kelainan genetik yang hingga kini belum diketahui penyebabnya. 
Menurut literatur, Downsyndrome adalah kelainan genetik yang muncul akibat pembelahan sel yang tidak sempurna. Seperti diketahui tubuh manusia idealnya terdiri dari 46 kromosom, namun pada anak dengan downsyndrome terjadi pembelahan yang tidak sempurna, sehingga kromosom 21 yang harusnya ada 2, jadi  kelebihan 1 menjadi 3, membuat jumlah kromosom total menjadi 47.
Menurut data WHO setiap tahun sekitar 3000 sampai 5000 anak terlahir Downsyndrome. Sungguh sebuah angka yang cukup fantastis. Angka kejadian yang cukup tinggi ini tentu membuat kita sebagai orangtua untuk aware dan mencari tahu bagaimana pendampingannya. Bekal pengetahuan yang dimiliki orangtua dengan anak downsyndrome, akan memudahkan orangtua dalam membersamai tumbuhkembangnya sehingga potensi bakatnya bisa dimunculkan dan kualitas hidupnya menjadi lebih baik.

5 Hal Yang Wajib Diketahui Orangtua dengan Anak Downsyndrome

Tak satu orangtua pun pernah meminta untuk diamanahkan anak dengan downsyndrome, seperti halnya tak satu anakpun ingin dilahirkan Downsyndrome.  Namun ketika takdir memilih kita untuk menjadi manusia pilihan, sambutlah dengan suka cita dan rasa syukur. 
Kehadiran Faiz Sofyan Nur Rahman di dunia ini adalah sebuah anugrah, terlepas dari segala kekurangan yang dimilikinya, sebab segala yang diciptakan Allah tentu unik dan membawa manfaat. Faiz terlahir dengan berbagai cacat bawaan dan downsyndrome, tapi Allah juga membekalinya dengan berbagai kelebihan dan potensi yang perlu digali dan dimunculkan oleh kami sebagai orangtuanya.
Denial pasti pernah kami alami saat pertama kali dokter menyampaikan kalau Faiz terlahir dengan berbagai cacat bawaan . Tapi merugilah kami jika kami larut dalam duka berkepanjangan, sementara di depan kami terbentang harapan yang baik untuk masa depannya.  Setelah berbulan bulan tenggelam dalam kesedihan, kami memutuskan untuk bangkit dan mencari tahu langkah apa yang harus kami lakukan untuk mendampinginya, agar dia bisa tumbuh sehat dan berprestasi.
Ada 5 hal yang wajib diketahui oleh orangtua dengan anak downsyndrome, antara lain:
  1. Apa dan bagaimana anak downsyndrome
  2. Bagaimana meningkatkan kualitas hidupnya
  3. Terapi apa yang harus diberikan pada anak downsyndrome
  4. Bagaimana menumbuhkan semangat dan rasa percaya dirinya?
  5. Apa yang harus dilakukan orangtua untuk memunculkan bakat dan potensi dirinya agar kelak bisa hidup mandiri
Baiklah sebelum saya bercerita lebih jauh tentang model cilik Downsyndrome, saya akan sedikit berbagi informasi dan menjelaskan 5 poin di atas.

Apa dan Bagaimana Anak Downsyndrome

Ciri dan Karakteristik Fisik Anak Downsyndrome

Anak downsyndrome dikenal dengan kembar sedunia karena tipikal wajahnya yang mirip satu dengan lainnya.umumnya terlahir dengan berbagai kelainan penyerta seperti tonus otot yang lemah, kelainan fungsi organ, IQ yang rendah, gangguan perilaku, dan imun tubuh yang kurang baik. Catatan ini menjadi titik tolak kita dalam merencanakan terapi apa saja yang harus kita lakukan .
Emosi anak downsyndrome yang mudah meledak perlu mendapat terapi agar anak ini bisa bergaul dengan siapapun sehingga dia bisa menjalani kehidupan yang normal. Hal ini tidaklah sulit sebenarnya, mengingat anak downsyndrome ini dikenal sebagai duplikator ulung. Dia mudah menirukan apa yang dia lihat dan dia dengar. Sehingga penting sekali bagi keluarganya untuk memberikan panutan dan contoh yang baik di depannya. 

Bagaimana Meningkatkan Kualitas Hidupnya

Banyaknya problem kesehatan yang dimiliki anak Downsyndrome, menjadi alarm buat para orangtua untuk memperhatikan kebutuhan perawatan kesehatan, antara lain cek kesehatan jantung dan organ lainnya. Koreksi apa yang perlu dikoreksi. Cek tiroidnya apakah normal, hipotiroid atau justru hypertiroid.

Kelainan fungsi tiroid pada downsyndrome


Jika ada gangguan jantung, lekas lakukan pemeriksaan echo jantung. Ikuti saran para medis terapi apa yang dibutuhkan. Apakah diperlukan tindakan invasif atau hanya perlu terapi obat. Kesehatan jantung akan sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup ADS (Anak Dengan Downsyndrome).
Cek juga apakah dia memiliki resiko kanker, gangguan autoimun atau gangguan kesehatan lainnya.  Deteksi sejak dini akan memudahkan proses pengobatannya.

Terapi Apa Yang Harus Diberikan Pada Anak Downsyndrome?

Poin 1 akan menjadi penentu macam-macam terapi yang akan kita berikan pada ADS. Namun  ada beberapa terapi dasar yang harus dilalui mengingat kondisi fisiknya, antara lain  fisioterapi untuk menguatkan otot- ototnya, terapi wicara untuk mengatasi gangguan bicara yang umumnya dialami anak ADS, terapi sensory integrasi, terapi Snozelen, terapi prilaku, terapi okupasi, dsb. 
Pemberian terapi ini umumnya dilakukan secara bertahap sesuai tahap tumbuhkembangnya.

Terapi snozelen

Bagaimana Menumbuhkan Semangat Dan Rasa Percaya dirinya

Menumbuhkan semangat dan rasa percaya diri pada anak adalah hal yang wajib dilakukan oleh orangtua manapun, terlebih orangtua dengan ADS seperti saya. Tips yang sudah saya lakukan pada Faiz adalah mengajaknya berkenalan dengan dunia luar, teman teman sebayanya dan dunia kerja saya sebagai seorang influencer. 


Faiz termasuk anak yang fast learning. Dia mudah sekali menguasai apa yang kita ajarkan padanya. Photografy, memasak, bermain bola dan modelling. Jangan larang dia untuk berbicara agar dia tidak takut mengungkapkan pendapatnya. Berikan dia kesempatan untuk tampil di depan orang banyak. Ajarkan apa yang boleh dan tidak boleh dia lakukan

Apa yang harus dilakukan orangtua untuk memunculkan bakat dan potensi dirinya agar kelak bisa hidup mandiri

Faiz adalah ADS yang sangat menyukai perhatian. Dia tertarik pada kamera dan sosial media. Wajahnya yang fotogenik dan kemampuan acting yang dimilikinya membuat kami berpikir untuk mencarikan sekolah modelling. Keputusan ini dilatarbelakangi oleh lemahnya otot kakinya. Saat itu kami berpikir, mungkin jika dia sering berjalan di atas catwalk dia akan termotivasi untuk lebih sering berjalan. Simple alasannya. Ternyata seiring berjalannya waktu latihan berjalan di atas catwalk ini juga menumbuhkan rasa percaya dirinya. Beberapa kali menjuarai berbagai lomba foto dan fashion, membuat Faiz tau apa arti sebuah penghargaan. 



Sampai suatu hari berbagai tawaran dari beberapa brand hadir, salah satunya dari sebuah brand baju beskap dan Koko anak di daerah Klaten Jawa Tengah. Lelaki kecil adalah sebuah brand yang dibangun oleh Safrina Ardlianti , wanita yang bermimpi ingin mengangkat baju tradisional, kain khas Indonesia serta berbagai produk pakaian buatan UMKM Lokal dengan kualitas bertaraf internasional.

Mengenal Safrina Ardlianti Lebih Dekat

Safrina Ardlianti atau lebih dikenal dengan nama Ririn dan akun medsos Iluvia Dama, telah membangun usaha ini kurang lebih 8 tahun yang lalu di Klaten Jawa Tengah. Berbagai koleksinya bisa kamu lihat di akun Instagram Lelaki Kecil. Berbagai koleksi baju beskap dan Koko Anak yang berkualitas di tawarkan disana. Kualitasnya yang bagus dan nyaman dipakai, membuat produk lelaki kecil dipercaya oleh berapa artis nasional untuk custom anak anaknya, di antaranya adalah artis Ashanty. 
Brand lelaki kecil didirikan pada tahun 2014 dan sudah menjangkau pasar lokal, hingga Singapore dan Hongkong . Hingga hari ini omzet dari Lelaki kecil mencapai 30 - 60 juta tiap tahunnya. Tak heran jika produk ini dipercaya oleh para publik figur mengingat kualitas bahannya yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi di kulit, nyaman dengan desain yang unik salah satunya adalah Koko Lurik. 



Sungguh sebuah penghargaan terbaik yang Faiz terima saat Lelaki Kecil menjadikan Faiz sebagai salah satu model Cilik di konten IG nya. 

Faiz Model Cilik Penyandang Downsyndrome



Keterbatasan fisik dan otak tak menjadi penghalang bagi Faiz untuk meraih prestasi. Meski banyak orang yang awalnya tidak yakin bahwa ADS kecil berusia 4 tahun ini mampu meraih prestasi, tak sedikit yang mendukungnya dan yakin kalau Faiz mampu menembus keterbatasan.
Dukungan semangat, motivasi dan doa yang diberikan oleh masyarakat menjadi booster penting bagi Faiz hingga bisa sampai di titik ini. Titik yang tidak mudah diraih . 
Di balik berbagai foto yang menggemaskan ada keringat para team sorak dan photografer yang luar biasa

Beskap Anak Lelaki Kecil

Prestasi Yang Sudah Dicapai

1. Juara 3 Lomba Top Model Label poster
2. Juara 1 Lomba Foto Kolase Komunitas Pejuang Jantung
3. Juara 2 Lomba Foto Worlds Malang
4. Juara 3 Lomba Foto Swanayaka Malang
5. Juara 1 Modelling (Penyelenggara Label Poster)
6. Model Beskap dan Koko Lurik Lelaki Kecil
7. Model Hataraya Food

18 komentar:

  1. faiz anak hebat ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo incess makasi. Incess Lyntang juga hebat

      Hapus
  2. Kerennya, Faiz

    Tetap semangat berkarya karena kamu anak hebat

    BalasHapus
  3. Masya Allah Faiz kecil kecil udah banyak prestasinya, tetap semangat ya bund

    BalasHapus
  4. Masya Allah 😍😍😍 Faiz.
    Sukses selalu ya

    BalasHapus
  5. Keren Faizzz tetep bisa tampil kece badai, salut ama orang tuanya yang bisa mengarahkan dan juga bisa menemukan bakatnya

    BalasHapus
  6. Faiz, cakep bener siihh Ya Allah 😍😍😍
    Pengetahuan baru nih mampir di artikel ini, meski belum punya anak tapi saya juga pernah bertemu di sekolah tempat saya mengajar dulu.
    Yaapun, prestasinya gak kaleng2 dong diumur segini.

    BalasHapus
  7. Semangat terus ya, Faiz ❤️❤️

    BalasHapus
  8. Emaknya yang juara ini karena benar benar motivasinya tiada henti
    Selamat merayakan keberhasilan mendidik Faiz ya Bun

    BalasHapus
  9. Wahh keren banget Faiz bisa jadi inspirasi untuk anak-anak diluar sana, keterbatasan bukan menjadi penghalang untuk tetap bisa berprestasi. Lanjutkan terus dan jangan pernah berhenti untuk melakukan dan mencoba hal baru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. semoga harapan kita semua terwujud. Mohon doanya untuk Faiz dan Faiz lainnya

      Hapus
  10. Kerennya, Faiz. Sehat2 yaaa sayangπŸ’š

    BalasHapus
  11. Wah ternyata gak semua downsyndrome itu terbelakang ya. Ada yang berprestasi juga. Tergantung bagaimana orang tua mendidik dan mengarahkannya. Peran orang tua penting nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba..betul banget. Peran orangtua amat berpengaruh terhadap kesuksesan anak DS

      Hapus

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

ASUS OLED WRITING Competition

atau

Intellifluence

Intellifluence Trusted Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Part of BloggerHub

Total Absen


Pengikut