Sabtu, 05 November 2016

Tips Menghindari Mual dan Muntah Saat Perjalanan





Ada beberapa orang yang rentanmabukperjalanan (baikdarat, laut, maupun udara) yang mengakibatkan mual dan perasaan ingin muntah ketika sedang dalam perjalanan menuju tempat destinasi.  Biasanya, mabuk perjalanan ini terjadi apabila perjalanan yang ditempuh memakan waktu yang relatif lama. Tidak perlu panik, mabuk perjalanan bukanlah sesuatu yang membahayakan dan kamu tidak perlu menyiapkan banyak hal sebelum berangkat bepergian menuju destinasi yang hendak dituju.Selama persiapan berangkat dan ketika sedang dalam perjalanan, cobalah lakukan hal-hal berikut ini untuk menghindari rasa mual dan muntah di perjalanan:

Memilih Tempat Duduk yang Stabil
Jika kamu menempuh perjalanan darat, kamu perlu duduk di jok depan agar dapat melihat jalan ke depan dan tidak fokus pada gerakan dan goyangan mobil.  Hal ini sangat membantumu karena kamu bisa focus pada jalanan dan dapat memerhatikan jalan di samping supir atau apabila kamu dapat        menyetir mobil, pilihlah untuk memegang stir dan menyupir.Pengendali stir mobil akan jarang terkena mabuk perjalanan karena otaknya terfokus pada jalanan yang sedang dilalui.
Jika kamu sedang dalam perjalanan di atas kapal, kamu bias memilih kabin tengah bagian bawah untuk menghindari guncangan akibat gelombang ombak.  Apabila kamu menempuh perjalanan udara, kamu bias memilih tempatduduk di sekitar sayap  karena bagian tersebut adalah bagian yang paling tenang dari gerakan dan guncangan pesawat.

Memperhatikan Makanandan Minuman
Kamu harus memastikan makanan dan minuman yang kamu bawa selama perjalanan dapat menghindarkan kamu dari rasa mual.Cobalah untuk tidak mengonsumsi makanan berat, makanan pedas, atau makanan berlemak.Hindari juga minuman yang berasa asam, hal ini hanya akan menambah rasa mualmu. 

Obat Anti Mabuk Perjalanan
Satu jam sebelum perjalanan, cobalah untuk mengonsumsi obat anti-mabuk perjalanan karena obat tersebut perlu waktu untuk terserap kedalam aliran darah. Obat ini sedikit banyak memberikan efek kantuk setelah dikonsumsi.

Jangan Membaca dan Menatap Layar Ponsel
Hindari membaca dan menatap layar ponsel untuk membalas pesan-pesan masuk terlalu  lama,hal ini akan membuatmu merasamual dan timbul rasa ingin muntah Karena gerakan mata yang berpindah-pindah pada satu titik ke titik lainnyaakan mengganggu respon tubuh lainnya terhadap gerakan dan guncangan kendaraan.  Sebaiknya dengarkan music dan bersantai daripada membaca dan bermain ponsel sepanjang perjalanan.

Menjauhi Orang yang Mabuk Perjalanan
Mabuk perjalanan yang dialami oleh orang lain akan mengakibatkan kamu juga turut mabuk perjalanan karena hal ini dapat menular. Sugestimu akan tetap mabuk jika kamu berada di dekat orang yang juga mabuk perjalanan. Tetap fokuskan pandanganmu pada pemandangan dan panorama di depan mata mudan bersikap rileks agar saraf-sarafmu tidak tegang yang pada ujungnya hanya akan membuatmu kembali mual dan muntah karena mabuk perjalanan.

Tidak ada komentar:

Total Absen

Pengikut