Rabu, 08 Juni 2016

Aplikasi My JNE, Menjadikan Bisnisku Semakin Lancar

Teknologi telah membuat semua sektor berbenah diri, tidak hanya para pengusaha yang bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi, namun anak dan ibu rumahtanggapun kini sangat familiar dengan istilah komunikasi online. Kemajuan teknologi membuat semua orang berlomba untuk belajar menguasai aspek teknologi untuk berbisnis. Sejak perkembangan dunia internet sebagai salah satu media dalam komunikasi, tak lama market bisnis pun mulai menjajakinya.  Kini untuk berbisnis kita tidak lagi harus tatap muka, cukup memanfaatkan jasa toko online, kita sudah bisa berjualan.

Sebagai seorang mompreneur yang bergerak di usaha lauk kering yang marketnya tersebar, tentu saja saya sangat membutuhkan jasa ekspedisi untuk menyampaikan produk ke tangan para pelanggan. Banyaknya layanan ekspedisi dengan berbagai penawaran membuat saya harus pandai memilah ekspedisi apa yang sesuai dengan harapan.  Saya mempercayakan semua pengiriman barang saya pada JNE sebuah perusahan jasa pengiriman milik PT.  Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir. Alasannya adalah sejauh ini JNE masih menjadi pilihan dengan layanan terbaik termasuk dalam hal melayani komplain.  Apalagi dengan gebrakan baru yang dilakukannya saat ini yaitu dengan meluncurkan aplikasi My JNE yang merupakan bentuk kepedulian JNE terhadap pelanggan.
Setiap tahunnya tidak kurang dari 12 juta shipment dilayani oleh JNE dan ini bukanlah angka yang kecil, namun besar angka tersebut bukan berarti selalu mulus dalam prosesnya.  Kesalahan atau error shipment juga bisa terjadi meski hanya 0,4 - 0,5 % saja. Dalam sebuah bincang ringan dengan Bapak Eri Palgunadi minggu lalu yang merupakan Vice President of Marketing JNE, Beliau menjelaskan bahwa sejauh ini pengguna layanan JNE sebagian besar (70%) dari e-commerce dan 30 % lainnya berasal dari korporate. Inilah yang jadi salahsatu pertimbangan yang membuat JNE terus meningkatan layanan jasa untuk para pelaku e-commerce salah satunya adalah dengan melakukan perbaikan seperti:
  1. Melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia agar lebih mumpuni dan tanggap dalam layanan
  2. Memperbaiki sistem IT 
  3. Memperbesar kapasitas dan daya tampung gudang
Langkah dan terobosan dengan meluncurkan sebuah aplikasi berbasis online yang bisa diakses lewat android itu, menurut kacamata saya merupakan sebuah langkah cerdas, yang tentu akan direspon positif oleh para pebisnis online seperti saya.  Bila sebelumnya saya harus menempuh jarak berkilo-kilo meter untuk mengirim paket produk (Cabang JNE) kini dengan adanya Aplikasi My JNE semua menjadi lebih mudah, cepat dan terpercaya. Keberadaan aplikasi ini memudahkan saya dalam mengecek keberadaan paket, mengetahui ongkos kirim.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi My JNE?
Aplikasi My JNE merupakan aplikasi berbasis android yang bisa kita unduh melalui gadget kita dengan mudah, hanya dengan mengklik link ini

Atau anda bisa juga mengikuti langkah-langkah yang tertera di foto berikut :
1. Klik" Play Store" pada android anda
2. Ketikkan kata kunci "My JNE" kemudian klik gambar kaca pembesar

3. Setelah masuk pada tampilan aplikasi, anda akan menjumpai tulisan pasang/instal.  Nah, anda bisa klik perintah instal lalu ikuti petunjuknya
                Sumber Dokumen Pribadi

Sumber Dokumen Pribadi

Kini android anda sudah dilengkapi dengan aplikasi My JNE.  Aplikasi ini sendiri terdiri dari 4 fitur, yaitu:


  1. My Shipment
  2. My Tarrif
  3. My Location
  4. My COD
Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Tersebut?


Sebelum anda bisa memanfaatkan fitur-fitur itu, anda diwajibkan untuk mendaftarkan nomer telepon anda terlebih dahulu dan pasword yang akan anda gunakan.


Kemudian pihak JNE akan mengirimkan link melalui  email anda yang merupakan bukti bahwa anda sudah terdaftar sebagai pengguna aplikasi My JNE.




Pada tahapan ini anda sudah bisa mengakses aplikasi ini, dan mempelajarinya. Lewat apa yang saya lihat, baca, dan terapkan, saya dapat menjelaskan beberapa hal berikut:

Fitur My Shipment
Fitur ini berguna untuk mengecek status kiriman kita pribadi maupun barang kiriman orang lain untuk kita.  Caranya sangat mudah, masukkan nomer resi pada kolom Search  Air Waybill.  Nanti akan muncul informasi tentang lokasi barang pada layar.


Sumber Dokumen Pribadi

My Tariff 
Fitur ini bisa digunakan untuk melakukan cek tariff atau ongkos kirim dan membuat order. Anda tinggal memasukkan nama kota asal pengiriman dan kota tujuan lalu klik tulisan "check Tariff" dan layar akan memunculkan beberapa nominal tariff sesuai layanan yang dipilih.

JNE Nearby
Ini adalah fitur yang memberi informasi tentang lokasi JNE terdekat dari tempat anda berada. Untuk bisa menggunakan fitur ini perangkat anda harus terhubung dengan fitur GPS, dengan begitu perangkat akan berusaha mencari lokasi JNE terdekat tanpa harus membayar apapun.

Sumber Dokumen Pribadi

My COD Wallet
Fitur ini seperti dompet digital, merupakan kependekan dari Cash On Digital.  Bagi para pemilik toko online, keberadaan fitur ini sangat membantu dalam kemudahan transaksi pembayaran. My COD ini seperti rekening bersama yang dikelola oleh JNE, oleh karena itu anda harus memberikan data-data pendukung seperti nomer telpon, KTP, tanggal lahir dan beberapa rekening Bank.

Gampang kan? My JNE memang menjadikan bisnisku semakin lancar.  Kini transaksi online saya semakin mudah, kiriman tak perlu lagi nunggu lama apalagi berjalan menuju cabang utama yang jaraknya sangat jauh dari rumah saya.
Namun sebagai aplikasi yang baru diluncurkan tentulah masih ada saja kekurangan di sana-sini dan menurut saya itu adalah sesuatu yang bisa dimaklumi.  Oleh karenanya sebagai pengguna kita memiliki tanggung jawab moral dengan memberikan saran dan masukan demi peningkatan layanan, tentu saran dan masukan harus kita sampaikan pada tempat dan orang yang tepat.
Sukses untuk JNE

Tidak ada komentar:

Total Absen

Pengikut