Senin, 28 Maret 2016

CUCIWIS YANG BIKIN CERIWIS


Cuciwis?
Apa sih itu, namanya aneh banget!" ucap selingkuh kemarin.  Yah, memang kemarin aku membuatkan sayur cuciwis teri untuk makan pagi kami.  Entah kenapa hari itu aku kangen banget dengan sayur ini.  Selain nikmat dan crunchy, cara mengolahnya mudah dan cepat, so cocok banget buat aku yang sedang males ribet beberapa hari ini.

Eh..tapi siapa mengira, ternyata si cuciwis ini bikin kedua jagoanku jadi ceriwis. Ada saja komplain dia dengan si mungil nan lezat ini.
So far  sih rasanya lezatt bangett dan sehat loh, apalagi dipadu dengan teri medan asin dan cabai hijau, oooowh....mantap.  Tapi justru saking renyahnya, dan nuansa pedasnya itu, membuat dua lelaki kecilku komplain, walaupun akhirnya tetap dimakan juga hihihi. Kalau suamiku senang banget dimasakin sayur ini.  Sebagai pendampingnya, aku membuatkan Omelet Daging Asap.

Eh..eh..Aku lupa mengenalkan tentang si cuciwis ini ya? Cuciwis ini mungkin lebih dikenal dengan kol mini, nama ilmiahnya  Brasica oleraceae.  Merupakan sayuran daun yang mempunyai kandungan serat cukup tinggi dan citarasa yang crunchy. Masyarakat Eropa  mengenalnya dengan nama Brussel sprout.
Nah ini penampakkan dari cuciwis (gambar pinjam di sini

Sayuran ini sangat mudah mengolahnya, cukup di tumis, atau cah sudah dapat dinikmati dengan lezat.  Hanya memang si cuciwis ini mudah sekali bikin orang ceriwis, kalau bukan karena renyahnya pasti karena lezatnya sehingga satu porsi tidak cukup untuk orang dua.

Nah kemarin saya mengolahnya  menjadi oseng cuciwis teri pedas. Nikmat loh..
Bahan-bahannya mudah di dapatkan:
3 bungkus cuciwis
50 gara teri medan goreng
2 siung bawang putih
4 buah cabai hijau
Garam dan merica sesuai selera
1 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Cuci bersih  semua sayuran dan bumbu
2. Panaskan wajan  dan tuangkan minyak goreng.
3. Tumis bawang putih dan cabai hingga harum
4. Tuangkan cuciwis ke dalam wajan lalu aduk aduk
5. Tambahkan  50 ml air
6.Lalu taburkan teri medan goreng. Aduk terus hingga cuciwis sedikit layu.
7. Angkat dan sajikan

Cuciwis teri cabai hijau siap anda santap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Absen

Pengikut