Sabtu, 17 Januari 2015

GERD, PENYAKIT MODERN YANG KINI SEDANG POPULER

Jumat pagi, suamiku tiba tiba mengeluh sakit pada dadanya, nafasnya sesak.  Tampak sekali dia menahan sakit yang teramat mengganggunya. Tak biasanya dia seperti ini.  Dia termasuk sosok yang sering abai pada kesehatannya. Tentu saja hal ini membuatku khawatir.  Sekilas gejalanya seperti terkena serangan jantung.  Aku pun memaksanya untuk memeriksakan diri ke dokter.  Kuminta anak buahnya untuk mengantarkan ke rumah sakit terdekat karena au tak bisa menyetir kendaraan apapun.
sesampainya di ruang praktek dokter, pemeriksaan dilakukan dengan sesekali dokter melontarkan pertanyaan berkaitan dengan keluhan yang dirasa.

Taukah anda?  Dokter mendiagnosis  suami saya terkena penyakit modern yang dikenal dengan istilah "Gerd"

Gerd sendiri merupakan kependekan dari Gastroesofageal Reflux Disease.  Penyakit ini merupakan penyakit pencernaan yang sifatnya kronis, biasanya terjadi saat asam lambung atau bahkan isi lambung naik ke esofagus sehingga menyebabkan mual, muntah, rasa sakit dan panas di dada, hingga sesak. Gerd disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya obesitas, kehamilan, sesak nafas, gangguan jaringan ikat, merokok , Hernia hiatus, terlambatnya pengosongan lambung dan terlalu cepat saat makan.
Jika reflux ini terjadi terus menerus, maka esofagus dapat mengalami iritasi sehingga terjadilah apa disebut dengan ESOFAGISTIS atau peradangan pada lapisan esofagus.  Peradangan ini dapat memicu terjadinya kerusakan pada lapisan esofagus sehingga menyebabkan, pendarahan, penyempitan esofagus dan kondisi Pra kanker.

Kemudian, apa yang harus dilakukan bila Gerd menyerang?
Bila terjadi serangan gerd, penderita bisa meminum obat-obat penetralisir asam  lambung seperti Antasida, H2 Reseptor Blocker, Penguat Sfingter, dan inhibitor pompa proton.  Selain itu penderita juga harus mau mengubah gaya hidup bila ingin sembuh dari penyakit berbahaya ini.

Bagaimana Gejala Penyakit Gerd?
Penderita Gerd umumnya akan menunjukkan gejala:
1. sakit saat menelan
2. Rasa panas di dada
3. sesak
4. Nyeri dada
5. Batuk kering
6. Perasaan tidak nyaman di tenggorokan
7. Mual  muntah
8. Terasa ada benjolan di tenggorokan
9.  asam lambung tinggi

Gaya Hidup Seperti Apa yang harus dipelihara?

Untuk mencegah terjadinya gerd, maka lakukanlah pola seperti berikut:
1. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering
2. Hindari penggunaan pakaian ketat
3.Menjaga Berat badan agar ideal
4. Hindari berbaring setelah makan. Istirahatlah sejenak hingga makanan turun ke lambung dengan sempurna.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang penyakit Gerd ini, harapan saya semakin banyak dari kita yang aware tentang pentingnya menjaga kesehatan dan memperbaiki gaya hidup agar tidak terserang penyakit ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Absen

Pengikut